sign up SIGN UP

Glowing dan Bebas Jerawat, 3 Jenis Diet Ini Juga Bagus untuk Kesehatan Kulit, Cobain Biar Mulus!

Aqida Widya Kusmutiarani | Beautynesia
Sabtu, 04 Jun 2022 12:30 WIB
Glowing dan Bebas Jerawat, 3 Jenis Diet Ini Juga Bagus untuk Kesehatan Kulit, Cobain Biar Mulus!
caption
Jakarta -

Diet merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun, tahukah kamu kalau ternyata ada beberapa metode diet yang juga berpengaruh untuk kesehatan kulit, lho.

Dilansir dari WebMD, hal ini dikarenakan saat diet, kita cenderung mengurangi makanan-makanan tertentu, seperti junk food, makanan dan minuman manis, dairy product dan lainnya. Berkurangnya asupan makanan nggak sehat tersebut, ternyata tanpa disadari membuat kulit juga terlihat lebih sehat, bebas jerawat, dan glowing bila diimbangi dengan penggunaan produk  skincare secara rutin. 

Lantas, apa saja metode diet yang bagus untuk kesehatan kulit? Dilansir dari Health Line, berikut ulasan selengkapnya. 

Diet Whole30

Metode diet yang bagus untuk kesehatan kulit
kesehatan kulit/Foto: freepik.com/Benzoix

Pernah dengar diet Whole30? Diet Whole30 adalah diet yang dilakukan dengan cara mengurangi segala jenis makanan olahan, gula, alkohol, biji-bijian, kacang-kacangan, junk food, produk susu, penyedap rasa (MSG), dan camilan selama 30 hari. Diet ini juga mengharuskan kamu untuk mengonsumsi daging, seafood, dan telur dalam jumlah seimbang, serta memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan. 

Berkurangnya makanan olahan dan gula ini akan membuat kulit kelihatan lebih bersih dan bebas jerawat karena ketika kamu mengonsumsi makanan tinggi gula, maka kadar insulin dalam tubuh akan meningkat. Inilah yang akan memicu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sebum di permukaan kulit yang apabila menyumbat pori-pori akan menyebabkan jerawat. 

Nggak hanya makanan olahan dan gula saja, tapi berkurangnya konsumsi alkohol dan produk susu juga akan membuat kulit bebas jerawat. Sebab, alkohol dan produk susu ternyata menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. 

Diet Vegetarian

Diet vegetarian untuk kulit yang bebas jerawat
diet vegetarian/Foto: freepik.com/Yanalya

Diet yang bagus untuk kesehatan kulit berikutnya adalah diet vegetarian. Sesuai dengan namanya, saat menjalani diet ini artinya kamu nggak mengonsumsi daging merah, unggas, daily product, dan makanan yang mengandung unsur hewani lainnya. 

Selain itu, menurut American Heart Association, sebagian besar diet vegetarian juga lebih rendah lemak jenuh dan kolesterol sehingga dapat menurunkan produksi sebum pada kulit. Berkurangnya produk sebum ini tentu akan membuat jerawat berkurang.

Namun, untuk mendapatkan manfaat dari diet vegetarian bagi kesehatan kulit, kamu juga harus mengurangi konsumsi gula karena diet vegetarian nggak membatasi jumlah gula yang dikonsumsi. Jadi, kamu harus mengatur sendiri asupan gula harian supaya nggak berlebih.

Diet Paleo

Diet paleo untuk kulit yang kenyal
metode diet/Foto: freepik.com/Rawpixel

Diet yang satu ini mungkin sudah cukup sering kamu dengar. Seperti namanya, diet paleo adalah metode diet yang mengadopsi kebiasaan makan nenek moyang yang hanya mengonsumsi makanan alami. 

Saat menjalani metode diet paleo ini, kamu harus menghindari makanan yang sudah melewati proses pengolahan, seperti makanan instan, produk olahan biji-bijian, gula dan garam. Selain itu, kamu juga disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan padat nutrisi tinggi, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, telur dan ikan yang kaya omega-3, serta minyak zaitun. 

Alhasil, nggak hanya berat badan yang turun saja, tapi kamu juga mendapatkan kulit yang bersih, halus dan kenyal.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id