sign up SIGN UP

Welcome Wajah Sehat Mulus, Ini Deretan Makanan yang Ampuh Atasi Jerawat!

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Minggu, 11 Sep 2022 13:00 WIB
Welcome Wajah Sehat Mulus, Ini Deretan Makanan yang Ampuh Atasi Jerawat!
caption

Beauties, kita tentu akan mengonsumsi makanan setiap hari sebagai salah satu kebutuhan. Tak semua aman, ternyata sebagian makanan bisa memicu timbulnya jerawat di wajah kamu.

Sehingga kamu harus berhati-hati dalam memilih makanan untuk dikonsumsi. Pastinya kamu nggak mau kan wajah kamu jadi jerawatan?

Lalu apa sajakah makanan yang dapat membantu mengatasi jerawat? Dilansir dari detikFood, simak yuk!

1. Ubi Jalar dan Wortel

Wortel
Wortel/Foto: Freepik.com/Azerbaijan_Stockers

Ubi jalar dan wortel keduanya berwarna oranye segar dan memiliki rasa manis alami. Warna oranye dari kedua makanan ini disebabkan kandungan vitamin A-nya yang tinggi.

Vitamin A dibutuhkan oleh tubuh untuk mengontrol hormon yang dapat mencegah tumbuhnya jerawat. Asupan vitamin A yang cukup dapat membantu menjaga sel-sel pembentuk jerawat di kulit tetap terkendali lho!

2. Brokoli

Brokoli
Brokoli/Foto: Freepik.com/Racool_studio

Brokoli adalah sayuran dengan bentuk unik dan memiliki rasa yang lezat. Brokoli mengandung vitamin B yang membantu mencegah pertumbuhan dan perkembangan jerawat.

Mengonsumsi vitamin B tidak hanya memengaruhi jerawat, tetapi juga membantu menjaga kesehatan kulit dan melawan kondisi yang merusak sel-sel kulit kamu.

3. Jeruk

Jeruk
Jeruk/Foto: Freepik.com/Pch.vektor

Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin C dalam jeruk dikatakan dapat membantu melindungi lapisan kulit dari berbagai jenis kerusakan kulit dan mengurangi munculnya bekas luka.

Vitamin C pada jeruk mencegah tumbuhnya jerawat dan membantu memudarkan flek hitam bekas jerawat di wajah. Vitamin C pada jeruk memiliki sifat anti inflamasi dan juga mampu mengurangi kemerahan pada wajah.

4. Ikan

Ikan
Ikan/Foto: Freepik.com/Mrsiraphol

Ikan dikenal sebagai sumber protein yang sangat baik. Ikan mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama kesehatan kulit.

Salah satu jenis ikan yang mudah ditemukan dan direkomendasikan untuk atasi jerawat adalah ikan makarel dalam sekaleng sarden. Ikan tidak hanya kaya serat, tetapi juga mengandung seng yang membantu mencegah pertumbuhan jerawat.

5. Tiram

Tiram
Tiram/Foto: Freepik.com/Racool_Studio

Dikutip dari Eat This Not That, tiram mengandung mineral zinc tingkat tinggi. Seng mengurangi pembentukan sel-sel bebas yang merusak radikal dan melindungi sel-sel yang membuat kolagen, struktur pendukung kulit.

Studi menunjukkan bahwa, seng juga dapat mencegah jerawat. Seng melindungi kulit dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh sinar UV dan membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat.

Nah Beauties, itu dia deretan makanan yang membantu mengatasi jerawat di wajah kamu. Ada kah makanan favorit kamu?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id