STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

4 Tanda Sunscreen yang Dipakai Tidak Cocok di Kulit Kamu, Pernah Rasakan Salah Satunya?

Ivana Christy Tampubolon | Beautynesia
Minggu, 06 Nov 2022 10:30 WIB
4 Tanda Sunscreen yang Dipakai Tidak Cocok di Kulit Kamu, Pernah Rasakan Salah Satunya?

Memulai hari tanpa menggunakan sunscreen sekarang rasanya sudah seperti masakan tanpa garam. Berasa ada kurangnya gitu ya kan, Beauties.

Ke manapun emang wajib pakai sunscreen, mau beraktivitas di luar rumah atau di dalam rumah sekalipun. Makanya sunscreen jadi salah satu skincare yang paling banyak dicari rekomendasinya.

Nah, kamu perlu aware juga nih kalau sunscreen bisa jadi tidak cocok juga di wajah kamu. Biar jangan bingung, coba perhatikan keempat tanda ini kalau sunscreen yang kamu beli ternyata tidak cocok. Simak!

1. Rasa Gatal

iritasiilustrasi wajah gatal/Foto: freepik.com/katemangostar

Gatal usai pakai sunscreen dirasakan beauty vlogger Shallow Stuff saat ia sedang nge-review sunscreen yang ternyata tidak cocok di kulitnya. Rasa gatal di kulit wajah paling cepat bisa muncul beberapa menit setelah pemakaian atau setelah terpapar sinar matahari.

Beauties wajib perhatikan bahan sunscreen yang bikin gatal di kulit wajah, contohnya Oxybenzone. Bahan sunscreen yang satu bisa bikin kulit gatal-gatal dan alergi, terutama untuk kulit sensitif.

2. Kemerahan

Kulit kemerahan akibat iritasi.Kulit kemerahan/ foto: pexels/ craig adderley

Kalau kulit kamu memerah yang tidak wajar setelah menggunakan sunscreen, segera bilas ya Beauties. Bukannya melindungi, justru kemerahan di wajah jadi tanda kalau ada bahan aktif di sunscreen yang justru mengiritasi kulit wajah kamu.

Penyebabnya pun masih bahan aktif yang sama, yaitu Oxybenzone. Harus bisa peka ya Beauties untuk membedakan merah merona dengan merah karena kulit teriritasi sunscreen.

3. Bruntusan dan Jerawatan

Nggak Cocok Sama Sunscreen Juga Bisa Bikin Jerawatan/Foto : pexels.com/Anna Nekrashevich
Nggak Cocok Sama Sunscreen Juga Bisa Bikin Jerawatan/Foto : pexels.com/Anna Nekrashevich

Dikutip dari Female Daily, sunscreen bikin bruntusan dan jerawatan karena ada bahan carrier yang menyumbat pori-pori wajah. Carrier itu “kendaraan” yang membantu sunscreen menyerap ke kulit, formulanya bisa berupa minyak (oil-based) atau air (water-based).

Salah satu bahan itu adalah titanium dioksida. Bahan lain yang bisa bikin kulit jerawatan adalah kandungan tocopherol (vitamin E), alkohol, dan dimetichone. Coba cek bahan sunscreen kamu, ada bahan-bahan di atas nggak Beauties?

4. Kulit Tersengat

Perempuan memakai sunscreen sunscreen/ foto: Freepik/ freepik

Niat berlindung dari sengatan sinar matahari, sunscreen justru bisa jadi penyebab sengatan kulitmu. Apalagi di area sekitar mata yang kulitnya lebih tipis, sengatan akibat sunscreen bahkan bisa sampai terasa sakit.

Dikutip dari Be Beautiful, bahan seperti avobenzone dan octinoxate bisa jadi pemicu rasa tersengat di kulit kamu. Bisa jadi kulit kamu terlalu sensitif untuk dua bahan di atas dan memunculkan reaksi tersengat.

Setelah baca ini, Beauties harus lebih peduli lagi ya dengan bahan aktif yang ada di sunscreen kamu. Jangan sampai niat ingin melindungi kulit malah berubah jadi tidak sengaja melukai kulit kamu. Semoga membantu ya, Beauties!

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE