STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Ketahui Penyebab dan Arti Letak Jerawat di Wajahmu Lewat Metode Face Mapping, Simak Yuk!

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Jumat, 11 Nov 2022 05:00 WIB
Ketahui Penyebab dan Arti Letak Jerawat di Wajahmu Lewat Metode Face Mapping, Simak Yuk!

Face mapping atau pemetaan wajah merupakan praktik kuno yang berakar pada ajaran Ayurveda dan pengobatan Tiongkok. Metode ini menunjukkan bahwa jerawat yang muncul di area-area tertentu pada wajah mampu mengindikasikan ketidakseimbangan di dalam tubuh, karena semua bagian organ dalam saling berhubungan.

Dengan kata lain, setiap jerawat di bagian wajah tertentu memiliki arti tersendiri.

Meski pun praktik pemetaan wajah ini belum didukung oleh bukti ilmiah secara dermatologis, tetapi mengidentifikasi akar penyebab jerawat dapat membantu mengobatinya. Misalnya, jerawat di bagian dagu memang memiliki penyebab tertentu.

Arti Letak Jerawat pada Wajah Menurut Face Mapping

Dilansir via Byrdie dan Insider, berikut panduan untuk mengetahui apa yang mungkin menyebabkan jerawat pada bagian wajah tertentu. Simak!

1. Dahi

face mapping jerawat pada wajah
Jerawat di area dahi/Foto: Freepik/deucefleur

Menurut dokter kulit kosmetik di Union Square Laser Dermatology, Y. Claire Chang, MD, jerawat di garis rambut dan dahi adalah hal umum yang dapat dipicu oleh poni, rambut berminyak, topi, atau produk rambut komedogenik yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan berjerawat.

Oleh karena itu, penting untuk mencuci rambut secara teratur dan menghindari produk rambut dan wajah yang komedogenik.

2. Sekitar Alis

Menurut pengobatan Tiongkok, area di sekitar alis terkait dengan organ empedu dan hati. Daniel Hsu, DAOM, Lac, dokter spesialisasi akupunktur dan pengobatan Tiongkok di New York mengatakan, jerawat yang berada di antara alis mungkin berarti kamu minum alkohol atau merokok terlalu banyak, atau terlalu banyak makan makanan berkalori tinggi.

Ia juga menyarankan kurangilah makan makanan olahan, junk food, dan makanan berlemak. Selain itu, rutinlah berolahraga dan tidur lebih banyak.

3. Hidung

Hidung, dalam pemetaan wajah, terhubung ke paru-paru dan jantung. Untuk memerangi jerawat di area ini, dr. Hsu merekomendasikan untuk mengurangi makanan pedas, daging, dan garam, lalu menggantinya dengan buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan yang kaya lemak baik omega-3 dan omega-6.

Dokter kulit Rachel Nazarian, MD, menyebutkan bahwa khususnya area dahi, hidung, dan pipi tengah, atau disebut T-zone, cenderung memiliki konsentrasi kelenjar minyak yang lebih tinggi, sehingga membuatnya lebih rentan terhadap jerawat. Obat-obatan yang mengandung salicylic acid mau pun retinoid adalah jenis perawatan ideal bagi problem ini.

4. Pipi

face mapping jerawat pada wajah
Jerawat di pipi/Foto: Freepik/sweet_tomato

Secara eksternal, jerawat di pipi dapat dipicu oleh sarung bantal, seprai, layar ponsel, dan masker yang kotor.

Sedangkan menurut pengobatan Tiongkok, pipi kiri lebih terhubung ke organ hati. Jika kamu berjerawat di sisi kiri wajah, dr. Hsu merekomendasikan untuk makan makanan yang bisa mendinginkan tubuh, seperti buah melon, semangka, blewah, mentimun, atau timun suri.

Berbeda dengan lawan sisinya, pipi sebelah kanan berhubungan dengan paru-paru. Kamu bisa melakukan latihan aerobik untuk memperkuat paru-parumu. Pipi kanan juga merespon lebih kuat terhadap gula daripada bagian lain dari wajah. Jadi, kurangilah konsumsi makanan tinggi gula kalau jerawat banyak muncul di pipi kananmu.

5. Area Mulut

Jerawat di sekitar area mulut mungkin bisa menandakan bahwa kamu telah menjalani pola makan yang buruk, sehingga berpengaruh pada saluran pencernaan seperti usus dan hati. Sebaiknya, kurangilah makan makanan pedas dan gorengan, dan lebih banyak konsumsi serat, buah-buahan, dan sayuran.

6. Dagu

face mapping jerawat pada wajah
Jerawat di dagu/Foto: Freepik/freepik

Onyeka Obioha, MD, FAAD, dokter kulit medis dan kosmetik di Los Angeles, menyatakan bahwa jerawat di bagian bawah wajah, termasuk rahang dan dagu, menunjukkan kondisi stres dan jerawat hormonal. Jerawat hormonal dapat muncul sepanjang hidup seseorang, dalam arti tak hanya selama masa pubertas saja. Jerawat hormonal juga muncul selama periode menstruasi dan menopause karena kadar androgen yang lebih tinggi.

Sementara itu untuk faktor eskternal, jerawat di sekitar area dagu dan rahang dapat disebabkan oleh iritasi kulit, peradangan di sekitar folikel rambut, atau in-growth hair karena mencukur.

_____________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE