sign up SIGN UP

Retinol dan Retinoid, Dua Hal yang Berbeda Atau Sama Saja?

Siti Mukaromah | Beautynesia
Jumat, 23 Jul 2021 22:30 WIB
Retinol dan Retinoid, Dua Hal yang Berbeda Atau Sama Saja?
caption

Kedua bahan aktif ini memang sudah tidak asing di telinga para pencinta skincare, Beauties. Hal yang menjadi sorotan dari retinol dan retinoid adalah manfaatnya yang terkenal sebagai anti aging. Namun tetap saja banyak orang yang menganggap keduanya sama.

Definisi Retinoid

Retinol, retinoid, bahan aktif
Pengertian Retinoid/pexel.com/karolina grabowska

Retinoid merupakan nama yang disematkan untuk setiap turunan dari Vitamin A, baik itu asam retinoat, retinol, maupun retinyl palmitat. Hal ini juga dipertegas oleh Shari Marchbein, M.D., seorang dokter kulit di New York City, seperti dikutip dari Glamour.com.

“Retinoid adalah istilah umum untuk setiap produk topikal yang mengandung turunan vitamin A,” katanya.

Mengutip dari laman PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia), retinoid yang sering terdapat di rangkaian produk perawatan kulit dan pengobatan, dibagi dalam 2 tipe utama:

  • Retinyl palmitate, Retinaldehyde, Retinol: Dijual bebas
  • Asam retinoat, Adapalene, Etretinate dan Tazarotene: jenis retinoid yang hanya bisa didapatkan dengan resep dokter.

Definisi Retinol

Retinol, retinoid, bahan aktif
Pengertian retinol/pexel.com/pavel danilyuk

Sedangkan retinol, merupakan salah satu dari beberapa jenis retinoid dan retinol bisa dibilang lebih lembut dibandingkan asam retinoat, lho Beauties. Hal ini dikarenakan retinol membutuhkan beberapa waktu untuk berkonversi menjadi asam retinoat.

Dengan begitu, hal ini akan memengarui efek pemakaian penggunanya. Jika kamu dapat melihat efek yang dihasilkan oleh asam retinoat sekitar empat sampai enam minggu untuk mendapatkan hasil yang signifikan, maka retinol membutuhkan waktu yang lebih lama, yakni sekitar 12 minggu.

Persamaan Retinol dan Retinoid

Retinol, retinoid, bahan aktif
Persamaan Retinol dan Retinoid/pexel.com/Ron Lach

Meski secara definisi keduanya berbeda, namun keduanya juga memiliki beberapa kesamaan Beauties, Mulai dari efek sampingnya seperti, bisa mengiritasi, membuat kulit kering hingga kemerahan, hingga manfaat mereka yang secara keseluruhan sama seperti, anti penuaan, mengatasi kerutan dan garis halus pada wajah juga mengatasi jerawat.

Kedua bahan aktif turunan Vitamin A ini memiliki kekuatan masing-masing, perihal mana yang harus kamu gunakan, sesuaikan kembali dengan kondisi dan kebutuhan kulitmu. Karena setiap orang memiliki tingkat toleransi yang berbeda-beda terhadap bahan aktif. Jadi, jangan sampai salah pilih!


Our Sister Site

mommyasia.id