sign up SIGN UP

Tetap Muda dengan Skincare, Jangan Skip 6 Langkah Perawatan Ini Sejak Awal

Gabriella Gebby | Beautynesia
Minggu, 26 Jun 2022 12:30 WIB
Tetap Muda dengan Skincare, Jangan Skip 6 Langkah Perawatan Ini Sejak Awal
caption
Jakarta -

Semakin bertambahnya usia, elastsitas juga semakin menurun. Tidak hanya kulit yang terlihat lebih kendur, masalah-masalah kulit seperti kering ekstrem, mudah muncul jerawat, serta kulit yang sangat sensitif akan rentan terjadi. Untuk mengatasi hal tersebut, banyak cara yang bisa dilakukan agar kulit tetap kencang dan sehat.

Selain pola makan sehat dan istirahat yang cukup, mengatasi kulit yang mulai mengalami penuaan dapat dilakukan dengan memperhatikan langkah-langkah dalam penggunaan skincare. Dilansir dari laman Health Line, 6 langkah berikut dapat membuat wajah lebih awet muda, lho. Yuk disimak!

1. Pembersih Wajah yang Lembut

Pembersih Wajah yang Lembut
Pembersih Wajah yang Lembut/Foto: pexels.com/Miriam Alonso

Langkah pertama dalam skincare routine yang tidak boleh dilewatkan adalah membersihkan wajah. Setelah beraktivitas seharian, tentunya sisa makeup, debu, dan kotoran masih menempel pada wajah. Usahakan untuk membersihkan wajah dengan double cleansing.

Untuk first cleanser, ada beberapa jenis produk yang bisa dicoba, mulai dari micellar water, cleansing oil, maupun cleansing balm. Perlu diingat bahwa first cleanser saja tidak cukup, setelah itu bersihkan wajah dengan face wash yang memiliki kandungan lembut dan sesuai kondisi wajah.

2. Selalu Gunakan Toner

Selalu Gunakan Toner
Selalu Gunakan Toner/Foto: pexels.com/Rodnae Production

Cukup banyak yang mempertanyakan kegunaan dari toner. Ternyata toner punya banyak manfaat seperti mengembalikan pH kulit, menjaga kulit tetap lembap, serta mempersiapkan kulit untuk skincare selanjutnya agar lebih cepat menyerap. Toner dapat digunakan dengan kapas maupun diaplikasikan menggunakan tangan.

3. Rutin Eksfoliasi

Rutin Eksfoliasi
Rutin Eksfoliasi/Foto: pexels.com/Sora Shimazaki

Seiring dengan bertambahnya usia, regenerasi kulit mati ke kulit yang baru akan melambat. Apabila dibiarkan maka kulit akan terlihat kusam dan lebih mudah mengalami beberapa masalah, salah satunya adalah lebih mudah berjerawat.

Hindari melakukan eksfoliasi dengan bahan yang kasar seperti gula, cobalah untuk beralih ke produk chemical exfoliation yang memiliki kandungan AHA BHA yang rendah.

3. Jangan Lupakan Anti-Aging Serum

Gunakan Anti-Aging Serum
Gunakan Anti-Aging Serum/Foto: pexels.com/Rodnae Productions

Serum memiliki konsentrasi dari bahan aktif yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan produk skincare lainnya. Kandungan yang efektif untuk merawat kulit agar tetap kencang di antaranya retinol, vitamin C, ceramide, maupun probiotic. Gunakan serum anti-aging secara teratur untuk hasil yang lebih maksimal.

5. Pelembap

Pelembap
Pelembap/Foto: pexels.com/Sora Shimazaki

Apapun jenis kulit, baik normal hingga berminyak butuh pelembap. Produk ini memiliki fungsi untuk menjaga kulit tetap terhidrasi sehingga kulit tidak mudah kendur. Sudah banyak pelembap yang dijual sesuai dengan jenis kulit, sehingga kamu tidak perlu bingung lagi.

6. Sunscreen Sebelum Beraktivitas

Sunscreen
Sunscreen/Foto: pexels.com/Sora Shimazaki

Paparan sinar matahari tanpa perlindungan pada kulit dapat menyebabkan kulit mudah mengalami penuaan hingga potensi kanker kulit. Itu sebabnya, sunscreen memiliki peran yang penting untuk melindungi kulit. Gunakan sunscreen sebelum keluar dari rumah, usahakan untuk reapply setiap 2-3 jam sekali.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id