sign up SIGN UP

LIFE

Makanan dan Minuman Khas Korea yang Dikenal Bisa Jadi Obat

Intan Dwi | Selasa, 17 Nov 2020 19:45 WIB
Makanan dan Minuman Khas Korea yang Dikenal Bisa Jadi Obat
caption

Saat sakit biasanya orang-orang akan mengonsumsi obat untuk meredakan sakitnya. Tapi saat ini banyak makanan yang bisa dikonsumsi bahkan jadi obat saat sakit. Korea Selatan salah satu negara yang memiliki ragam kuliner dengan rasa yang lezat dan menyegarkan.

Beberapa makanan khas Korea juga dikatakan bisa menjadi obat saat sakit karena menghangatkan dan bahan-bahannya yang kaya akan nutrisi. Berikut ini makanan dan minuman khas Korea yang bisa disantap saat sakit.

Kongnamul (Sup Tauge Korea)

Makanan sup kaldu yang berisi tauge dan ikan asin yang ditambahkan aneka bumbu ini memiliki rasa yang ringan, sehat, dan menyegarkan.
Kongnamul/pinterest.com

Kongnamul atau sup tauge merupakan makanan khas Korea yang murah dan mudah dibuat. Makanan sup kaldu yang berisi tauge dan ikan asin yang ditambahkan aneka bumbu ini memiliki rasa yang ringan, sehat, dan menyegarkan. Karena itu kongnamul biasa disantap untuk mengatasi mabuk, makanan ini juga kaya akan vitamin C dan rendah kalori. Jika ditambahkan sedikit paprika merah (kochukaru) itu juga bisa meredakan flu dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tauge mengandung asparagin tinggi yang dianggap membantu mengurangi asetaldehida yang biasanya terbentuk di dalam tubuh setelah minum alkohol.

Jook (Bubur Beras)

Meskipun memiliki rasa yang sedikit hambar, jook biasa disantap untuk menenangkan perut yang sakit dan saat tidak enak badan.
Jook/pinterest.com

Meskipun memiliki rasa yang sedikit hambar, jook biasa disantap untuk menenangkan perut yang sakit dan saat tidak enak badan. Bubur beras khas Korea ini biasa dinikmati sebagai sarapan pagi yang bisa menjadi penenang bagi mereka yang sedang sakit. Orang Korea biasanya menambahkan shrimp joat (bumbu Korea) atau kimchi saat menyantapnya untuk menambah rasa.

Selain itu, mereka juga biasa menambahkan ginseng karena ginseng adalah obat tradisional Korea yang dapat meningkatkan energi dan sistem kekebalan tubuh.

Galbitang (Sup Iga Sapi)

Galbitang dibuat menggunakan daging yang direbus dengan suhu yang rendah dan dimasak sampai empuk sampai dagingnya lepas dari tulang.
Galbitang/pinterest.com

Selain kongnamul, sup Korea yang terbuat dari iga sapi juga merupakan hidangan sempurna untuk dikonsumsi saat menderita flu atau alergi yang membuat hidung tersumbat. Galbitang dibuat menggunakan daging yang direbus dengan suhu yang rendah dan dimasak sampai empuk sampai dagingnya lepas dari tulang. Biasanya makanan ini ditambahkan cabai pedas yang membantu kamu untuk bernapas lagi saat hidung tersumbat.

Makanan khas Korea ini juga cocok disantap untuk mereka yang sedang merasa enggak enak badan, karena makanan ini hangat dan kaya akan nutrisi.

Samgyetang (Sup Ayam Gingseng)

Samgyetang atau sup ayam dengan ginseng merupakan sup ayam utuh yang berisi beras, ginseng, jujube, kacang ginko dan bawang putih.
Samgyetang/pinterest.com

Sup memang dikenal sebagai makanan yang  bagus dikonsumsi untuk orang yang lagi enggak enak badan. Samgyetang atau sup ayam dengan ginseng merupakan sup ayam utuh yang berisi beras, ginseng, jujube, kacang ginko dan bawang putih. Makanan tradisional Korea ini kaya akan gizi sehingga mampu meredakan demam, menambah energi dan menambah nafsu makan saat sakit.

Karena ginseng merupakan rempah-rempah pengobatan yang bisa menghangatkan tubuh, maka kamu akan berkeringat dan detoksifikasi setelah menyantap semangkuk sup panas saat demam.

Ogok-bap (Gabungan Beberapa Jenis Nasi dan Biji-Bijian)

Saat sakit beberapa orang Korea biasanya menginginkan makanan yang lebih ringan dan mereka akan menyantap semangkuk ogok-bap.
Ogok-Bap/koreabridge.net

Saat sakit beberapa orang Korea biasanya menginginkan makanan yang lebih ringan dan mereka akan menyantap semangkuk ogok-bap. Karena makanan yang menyajikan beberapa jenis nasi dan biji-bijian itu dapat menenangkan tubuh yang sedang sakit. Makanan ini menggabungkan beberapa jenis nasi, biji-bijian serta kacang hitam dan kacang merah.

Kombinasi karbohidrat sederhana dan kompleks ini memiliki kandungan protein yang akan memberikan kalian energi, mengatasi kelelahan dan mengobati flu. Ogok-bap juga bisa mengurangi kemungkinan terkena darah tinggi dan masalah kardiovaskular lainnya, jadi makanan ini akan membantu menjaga kesehatan kamu.

Yujacha (Yuja Tea)

Yujacha merupakan minuman manis khas Korea yang memiliki rasa enak dan asam karena kaya akan vitamin C.
Yujacha/pinterest.com

Minuman manis khas Korea ini memiliki rasa yang enak dan asam karena kaya akan vitamin C. Dimana minuman ini populer sebagai obat flu Korea yang mudah dibuat di rumah. Yujacha adalah minuman yang terbuat dari jelly buah yuja yang diawetkan dalam madu kemudian diseduh dengan air panas dan diberikan perasan jeruk.

Secangkir yujacha panas akan membuat kamu merasa lebih baik saat menderita sakit kepala, flu bahkan mabuk.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id