sign up SIGN UP

Yuk, Kenali Fungsi Bagian Otak Kiri dan Kanan Berikut Ini!

Allyoo Ri | Selasa, 11 May 2021 15:30 WIB
Yuk, Kenali Fungsi Bagian Otak Kiri dan Kanan Berikut Ini!
caption
Jakarta -

Otak memiliki berat sekitar 2 kg, dengan di dalamnya terdapat 100 miliar sel saraf dan 100 triliun sambungan sel saraf. Otak merupakan pusat komando tubuh yang secara garis besar otak membagi tugasnya menjadi dua bagian, yaitu otak kanan dan otak kiri.

otak
Bagian otak/Photo by unsplash.com/@averey

Dalam membantu keseharianmu, kedua bagian otak tersebut bersinergi untuk dapat kamu optimalkan fungsinya.  Keduanya pun memiliki fungsi khusus yang berbeda loh Ladies. Jadi, tiap bagian otak memiliki fungsi khususnya tersendiri yang berbeda dengan bagian otak yang lainnya. Ini termasuk otak bagian kiri dan kanan yang memiliki fungsi kecerdasan yang berbeda antara satu sama lain. Bedanya fungsi ini, jika kamu telusuri dapat membantumu lebih baik dalam menggunakannya. Jadi, yuk cari tahu di sini!

Otak Kanan

Tengkorak
Replika tengkorak/Photo by unsplash.com/@jessedo81

Bagian otak yang terletak di sebelah kanan ini paling baik digunakan untuk mengerjakan tugas yang berkaitan dengan kreativitas atau sesuatu yang ekspresif. Dilansir dari SehatQ, kemampuan yang sangat erat kaitannya dengan otak kanan di antaranya adalah, musik, warna kemampuan mengenali wajah orang lain, mengekspresikan emosi, membaca emosi orang lain, intuisi, imajinasi, serta kreativitas.

Seseorang yang otak kanannya lebih dominan, akan lebih suka untuk memvisualisasikan atau menggambarkan sesuatu menjadi sebuah gambar. Ia lebih sulit untuk memikirkannya dalam bentuk kata-kata. Tak hanya itu, orang yang otak kanannya lebih dominan pun, dapat melihat sesuatu dari sudut pandang yang lebih luas, ditambah cara berpikirnya yang lebih bebas.

Otak Kiri

otak
Bagian otak/Photo by unsplash.com/@averey

Sekarang, kita akan membahas seseorang yang dominan oleh otak kiri yang memiliki fungsi mengerjakan tugas-tugas yang bersifat logis. Dilansir dari SehatQ, otak kiri dinilai lebih mumpuni untuk mengerjakan sesuatu terkait dengan, bahasa, logika, pemikiran kritis, angka-angka, serta analisis.

Jika seseorang lebih dominan otak kirinya, ia dipercaya lebih detail lalu cenderung bekerja didasarkan pada data dan fakta yang ada. Mereka pun lebih suka berpikir dalam kata-kata, alih-alih melalui visualisasi atau gambaran.

Meski memiliki fungsi dan kemampuan bekerja yang berbeda, kedua bagian otak akan sama-sama menyokong  kehidupan kita setiap harinya. Jadi, makan makanan bergizi serta menjaga pola hidup sehat sangat penting untuk menjaga tiap bagian otak bekerja dengan optimal ya, Ladies.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id