Beauties, tentu kamu sepakat bahwa perasaan tidak percaya diri pada situasi tertentu bisa saja melanda. Biasanya hal ini berkaitan dengan situasi-situasi yang mengharuskan kamu untuk bisa memberikan kesan yang lebih baik dan profesional.
Misalnya saja saat kamu diberi tugas untuk menyampaikan pendapat dalam rapat ataupun saat kamu harus bertemu klien baru dan melakukan negosiasi tertentu untuk sebuah proyek. Tentunya masih banyak contoh lainnya yang bisa menggambarkan situasi tersebut.
Untuk itulah, kamu perlu trik mudah supaya lebih percaya diri di situasi penting. Dirangkum dari berbagai sumber berikut adalah 6 trik yang bisa dicoba.
Berbicara Santai Secara Perlahan
Ilustrasi berbicara santai/ Foto: Freepik.com |
Trik pertama yang bisa Beauties coba terapkan adalah berbicara santai secara perlahan. Pada situasi tertentu, menurunnya kepercayaan diri bisa ditandai dengan munculnya nervous atau deg-degan. Oleh karenanya mengatur setiap suara yang dikeluarkan kemungkinan dapat membantu.
Sebuah artikel yang dibuat oleh Kathleen H. Staley, Ph.D di Counseling.uiowa.edu menjelaskan bahwa salah satu cara mengatasi kecemasan berbicara adalah dengan mengatur suara dengan tepat.
Hal ini bisa dilakukan dengan berbicara jelas, membuka mulut dan jangan bergumam, melakukannya secara perlahan, menurunkan suara dan berbicara dari diafragma, memproyeksikan suara dan menggunakan energi ketika berbicara.
Berpakaian Bersih dan Rapi
Ilustrasi berpakaian rapi/ Foto: Freepik.com |
Selanjutnya adalah berpakaian bersih dan rapi. Terkadang tanpa disadari, segala sesuatu yang tampak secara visual dapat memengaruhi penilaian orang yang memandang ataupun rasa percaya diri yang dihadirkan lewat diri sendiri.
Sebagaimana dikutip dari Skillportal.zo yang membahas tentang seberapa penting penampilan di tempat kerja, dijelaskan bahwa penting untuk tidak mengabaikan penampilan termasuk di antaranya pakaian.
Pastikan bahwa pakaian yang dipakai tidak kusut dan kotor, tidak terlalu ketat ataupun longgar. Demikian halnya dengan item lain yang dipakai sebagai bagian dari penampilan.
Duduk di Deretan Paling Depan
Ilustrasi meeting di kantor/ Foto: Freepik.com |
Pernahkah kamu masuk ke dalam suatu ruangan pertemuan dan kemudian memilih untuk menghindari duduk paling depan, Beauties? jika ya, maka mulai dari sekarang hal tersebut bisa kamu pertimbangkan ulang. Mengutip dari Lifehacker, dikatakan bahwa ketika berada di kelas, kuliah, rapat acara serupa cobalah duduk di barisan depan.
Hal ini ternyata juga ditunjukkan oleh pendiri Spindows, Clay Hebert. Ini dianggap dapat 'meningkatkan pengalaman' secara dramatis. Lebih lanjut dijelaskan pula bahwa duduk di belakang berpotensi untuk terdistraksi oleh speaker dan pandangan menatap bagian kepala setiap orang yang ada di depan.
Dengan demikian cobalah duduk di barisan depan untuk menghindari beberapa gangguan dan agar bisa lebih fokus.
Buat Kontak Mata dengan Lawan Bicara
Ilustrasi kontak mata/ Foto: Freepik.com |
Setiap gesture yang ditunjukkan dalam pembicaraan tentunya akan turut memengaruhi. Tidak terkecuali untuk kontak mata. Salah satu trik agar percaya diri di situasi penting adalah mengatur kontak mata ini. Cobalah membuat kontak mata dengan lawan bicara.
Dikutip dari Brandastic, kontak mata adalah jenis bahasa tubuh yang sangat penting selama komunikasi dan percakapan.
Menjaga kontak mata dengan orang yang diajak bicara menunjukkan bahwa kamu sedang aktif mendengarkan dan memperhatikan. Kontak mata juga bisa memberikan kesan menghormati, memahami, ikatan, mengungkapkan pikiran dan perasaan serta kepercayaan diri.
Latihan Dulu Berbicara Sebelum Acara Dimulai
Ilustrasi memperesentasikan/ Foto: Freepik.com |
Mungkin Beauties sudah tidak asing lagi dengan pepatah terkenal yang berbunyi "practice makes perfect" yang berarti “latihan membuat menjadi sempurna”. Ternyata hal yang sama juga bisa diterapkan sebagai trik agar lebih percaya diri pada situasi penting.
Dikutip dari Inc, dijelaskan bahwa Dr. Jill Bolte Taylor, seorang ilmuwan yang memberikan salah satu ceramah TED terbaik mempraktikkan seluruh ceramahnya 200 kali. Selain itu dijelaskan pula bahwa dengan asumsi penyampaian presentasi bisnis atau penjualan standar yang berlangsung selama 20-45 menit maka setidaknya kamu harus berusaha untuk melatih setiap slide dari awal hingga akhir 10 kali.
Perluas Wawasan Agar Bisa Nyambung dengan Berbagai Topik
Ilustrasi menguasai materi/ Foto: Freepik.com |
Trik yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi. Memperluas wawasan tentulah sangat penting untuk bisa menguasai apa yang ingin disampaikan. Oleh karenanya, jika sewaktu-waktu diberi kesempatan untuk mengutarakan ide, maka hal tersebut bisa bersumber dan dikembangkan dari wawasan yang sudah diketahui sebelumnya.
Selain itu, juga bikin kamu lebih luwes mengobrol bahkan dengan orang asing, selama dengan topik yang sudah sama-sama diketahui. Dengan begitu kamu bisa berapa lebih percaya diri dalam situasi yang dihadapi.
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!