sign up SIGN UP

Hampa dan Sedih karena Drama Favorit Tamat? Mungkin Kamu Mengalami Post Series Depression Syndrome!

Salsabila Pratiwi | Beautynesia
Senin, 20 Jun 2022 23:30 WIB
Hampa dan Sedih karena Drama Favorit Tamat? Mungkin Kamu Mengalami Post Series Depression Syndrome!
caption

Beauties, drama atau series apa, nih, yang sedang kamu ikuti? Apakah kamu mulai merasakan keterikatan dengan cerita dan tidak siap jika drama atau series yang ditonton akan segera berakhir? Atau kamu mungkin pernah merasakan sedih dan hampa ketika drama tersebut sudah berakhir?

Kamu tidak sendiri, kok! Banyak orang yang mengalami kondisi tersebut, yang biasa dikenal dengan istilah sindrom Post Series Depression (PSD). Kok bisa, ya? Ini dia penjelasan mengapa seseorang bisa terkena sindrom ini dan bagaimana cara mengatasinya, yuk simak!

Apa Itu Sindrom Post Series Depression?

Kamu Sering Galau karena Series Favorit Habis? Mungkin Kamu Mengalami Post Series Depression Syndrome
Istilah PSD/Foto: pexels.com/Ron Lach

Dilansir dari Optimist Mind, Post Series Depression (PSD) adalah sindrom yang memunculkan perasaan sedih ketika sebuah serial atau film berakhir. Post Series Depression (PSD) belum diklasifikasikan sebagai gangguan atau sindrom medis karena hanya perasaan yang hanya terjadi pada suatu waktu dan  dapat hilang dengan sendirinya tanpa harus bergantung pada perawatan medis. 

Post Series Depression (PSD) muncul selama menonton serial atau membaca novel yang panjang. Selama menonton atau membaca, tubuh akan terus memancarkan pesan-pesan kebahagiaan. Namun ketika serial atau novel tersebut berakhir, pesan yang disampaikan oleh otak dapat berkurang dan membuat seseorang merasa kesepian. 

Tanda dan Penyebab Sindrom Post Series Depression

Kamu Sering Galau karena Series Favorit Habis? Mungkin Kamu Mengalami Post Series Depression Syndrome
Alasan Dibalik Kondisi PSD/Foto: pexels.com/Vlada Karpovich

Ketika kamu terlibat dalam sebuah cerita yang hebat, baik itu dari film, buku, serial, kamu akan terbawa ke dalam fantasi, romansa, drama, dan aksi. Selama rentang waktu tersebut, kamu cenderung mengembangkan hubungan dengan karakter yang dikenal dan akhirnya menjadi bagian dari perkembangan emosional mereka. 

Oleh karena itu, ketika film berakhir, sulit untuk berpisah dengan karakter. Kadang-kadang, emosi yang dialami saat berpisah dari film bisa serupa dengan yang dialami saat kamu kehilangan orang yang dicintai. Salah satu alasan utama mengapa hal itu terjadi karena kamu merasa begitu tertarik pada film dan karakter yang representasinya sangatlah ideal dari cara kamu ingin menjalani hidup.

Lebih lanjut, psikolog Jeanette Raymond menambahkan bahwa salah satu alasan kamu merasa sangat sedih setelah sebuah film berakhir atau seorang karakter meninggal adalah karena kamu merasa bahwa sebagian dari diri kamu juga ikut berakhir dengan berakhirnya film tersebut. Lebih lanjut ia menyatakan bahwa kondisi ini dapat membuat orang-orang tersebut mengalami depresi. 

Perasaan-perasaan yang mungkin terjadi pada kondisi PSD diantaranya:

  • Keadaan merasa tertekan.
  • Ketidakmampuan untuk menonton atau membaca cerita lain.
  • Perlu menonton ulang film untuk merasakan kembali emosi dan situasi.
  • Membuat atau menjadi bagian dari fiksi yang terkait dengan film.

Bagaimana Mencegah Sindrom Post Series Depression?

Kamu Sering Galau karena Series Favorit Habis? Mungkin Kamu Mengalami Post Series Depression Syndrome
Cara Mengatasi PSD/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Untuk mencegah perasaan sedih dan sepi setelah drama, series, film, dan novel berakhir, kamu dapat melakukan cara berikut:

  • Jika tidak ingin merasa sedih saat drama atau novel berakhir, usahakan untuk tidak menonton atau membaca novel sampai selesai sekaligus. Sehingga tidak merasa terlalu terikat dengan apa yang dilihat atau dibaca.
  • Temukan aktivitas lain untuk berhenti memikirkan akhir serial atau film. Pergi keluar untuk bertemu teman, habiskan waktu dengan orang lain seperti biasa.
  • Mencari serial baru atau novel baru untuk dibaca. Jika masih merasa terikat dengan cerita, kamu bisa kembali membaca atau menonton serial ini lagi.
  • Temukan teman dengan tipe yang sama untuk membicarakan serial yang ditonton. Jika kamu berbagi apa yang kamu pikir dan rasakan dengan orang lain, ini dapat membantu meringankan perasaan sedih dan kesepian.

Tetapi jika kamu sudah mencoba semua metode di atas dan masih belum merasa lebih baik, jangan ragu untuk bertemu dan bercerita dengan tenaga profesional, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id