sign up SIGN UP

Intip 5 Kebiasaan Mandi Orang Jepang yang Bikin Kulit Jadi Sehat, Ada yang Kamu Lakukan?

Ni Made Dwi Agustina | Beautynesia
Kamis, 23 Jun 2022 16:00 WIB
Intip 5 Kebiasaan Mandi Orang Jepang yang Bikin Kulit Jadi Sehat, Ada yang Kamu Lakukan?
Kebiasaan mandi orang Jepang yang jarang orang lain ketahui/ foto: Freepik.com/ lifeforstock
Jakarta -

Setiap masyarakat di belahan dunia memiliki gaya hidup yang berbeda. Gaya hidup ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kebiasaan turun-temurun, culture negara setempat, iklim, dan sebagainya. Salah satunya gaya hidup unik masyarakat di Jepang yaitu kebiasaan mandi. Orang Jepang memiliki beberapa kebiasaan unik saat mandi, mulai dari persiapan hingga jadwal mandi.

Mengutip dari laman Bright Side, terdapat beberapa kebiasaan mandi orang Jepang dan alasan mereka melakukan hal tersebut. Beauties, penasaran apa saja kebiasaan mandi orang Jepang? Yuk, cek informasi selengkapnya berikut ini!

Rangkaian Mandi yang Panjang

Rangkaian mandi orang Jepang
Rangkaian mandi orang Jepang/ foto: Freepik.com/ teksomolika

Kebiasaan mandi orang Jepang umumnya terdiri dari beberapa rangkaian. Pertama, mereka masuk ke kamar mandi untuk membersihkan semua debu dan keringat yang menempel di tubuh. Setelah itu, baru dilanjutkan dengan berendam di sebuah bak mandi dalam waktu yang lama.

Saat berendam, orang Jepang senang menambahkan teh hijau dan beberapa rempah lainnya, yang bertujuan memberikan rileksasi, membersihkan kulit dan sensasi menyegarkan pikiran.

Lebih lanjut, suhu air yang digunakan untuk berendam juga perlu diperhatikan. Suhu air untuk mandi yang digunakan orang Jepang tidak lebih dari 40 derajat celsius. Hal ini dikarenakan, suhu air yang terlalu panas akan membuat kulit mereka kehilangan kelembapan alami dan pori-pori terbuka.

Mengikuti Kebiasaan Mandi Orang Dulu

Kebiasaan mandi orang Jepang
Kebiasaan mandi orang Jepang/ foto: Freepik.com/ lifeforstock

Orang Jepang masih mengikuti kebiasaan mandi orang dulu yaitu dengan memasak air panas terlebih dahulu sebelum mandi. Sebab, pada abad ke-19, rumah-rumah Jepang umumnya tidak ada alat pemanas air, sehingga air perlu dimasak secara manual dan cukup memakan waktu.

Oleh karena itu, orang Jepang lebih memilih mandi saat malam hari, karena malam hari adalah waktu yang panjang untuk mereka bisa melakukan persiapan mandi.

Sering Mengunjungi Pemandian Umum

Pemandian air panas umum sangat populer di Jepang. Bahkan, banyak wisatawan yang senang berkunjung ke pemandian tersebut. Pemandian air panas umum tidak hanya dilakukan untuk mandi saja, melainkan banyak digunakan untuk sekadar bersantai dan menghabiskan waktu atau semacam hiburan.

Jarang Mandi Pagi

Gaya hidup orang Jepang
Gaya hidup orang Jepang/ foto: Freepik.com/ Racool_studio

Orang Jepang jarang memiliki waktu untuk mandi di pagi hari. Hal ini dikarenakan, orang Jepang terkenal workaholic atau senang bekerja, sehingga mereka tidak memiliki cukup waktu untuk mandi.

Gaya hidup orang Jepang saat bekerja adalah mereka terbiasa datang ke kantor tepat waktu. Jadi, mereka lebih memilih untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk bekerja. Orang Jepang cenderung lebih memilih mandi saat pulang kerja.

Jadwal Mandi Disesuaikan Iklim

Jadwal mandi orang Jepang
Jadwal mandi orang Jepang/ foto: Freepik.com/ lifeforstock

Jadwal mandi orang Jepang juga tidak menentu. Jadwal mandi orang Jepang disesuaikan dengan iklim. Saat musim panas tiba, tingkat kelembapan di Jepang cenderung tinggi. Pada saat itulah mereka bisa saja mandi di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Sedangkan saat musim dingin, orang Jepang akan mandi di malam hari dengan berendam menggunakan air panas untuk menghangatkan diri dan rileksasi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id