sign up SIGN UP

5 Tips Sukses Belajar Ala Pelajar Jepang yang Bisa Bantu Kamu Lebih Produktif!

Ni Made Dwi Agustina | Beautynesia
Rabu, 22 Jun 2022 08:45 WIB
5 Tips Sukses Belajar Ala Pelajar Jepang yang Bisa Bantu Kamu Lebih Produktif!
Tips sukses belajar ala pelajar Jepang/ foto: Freepik.com/ jcomp
Jakarta -

Ada banyak cara belajar yang dilakukan seseorang agar lebih efektif dan produktif. Cara belajar pun bisa berbeda-beda, tergantung kenyamanan masing-masing. Belajar menjadi sesuatu yang penting untuk membangun masa depan yang lebih baik lagi. Hal ini seperti yang dilakukan oleh para pelajar di Jepang.

Pada dasarnya, orang Jepang dikenal dengan semangat kerja yang tinggi. Kondisi ini pun tidak kalah dengan semangat belajar dari para pelajar Jepang. Mengutip dari laman Hack Spirit, pelajar Jepang memiliki kebiasaan belajar yang membuat mereka selalu produktif. Berikut adalah tips belajar ala pelajar Jepang yang bisa kamu ikuti!

Rutinitas Pagi

Rutinitas pagi pelajar Jepang
Rutinitas pagi pelajar Jepang/ foto: Freepik.com/ tirachardz

Rutinitas di pagi hari bisa menentukan produktivitas seseorang. Rutinitas pagi bisa diawali dengan hal yang sederhana, salah satunya adalah sarapan. Sarapan dapat membantu mengurangi stres sebelum memulai kegiatan yang padat, termasuk belajar. Selain itu, gizi yang cukup di pagi hari mampu meningkatkan konsentrasi belajar.

Oleh karena itu, rutinitas sederhana ini bisa membuat seseorang menjadi lebih produktif. Selain sarapan, rutinitas pagi yang baik bisa dilakukan dengan berolahraga atau journaling. Aktivitas tersebut juga dianggap mampu memberikan energi untuk menjalani hari.

Kebiasaan Sebelum Tidur

Kebiasaan malam pelajar Jepang
Kebiasaan malam pelajar Jepang/ foto: Freepik.com/ lifeforstock

Padatnya aktivitas seharian dapat memicu rasa lelah, baik secara fisik dan mental. Untuk itu, agar bisa produktif dan bersemangat belajar keesokan harinya, kebiasaan sebelum tidur menentukan kesiapan untuk menjalani hari selanjutnya. Menurut penelitian, mandi air hangat sebelum tidur mampu meningkatkan kualitas tidur, sehingga tubuh terasa rileks.

Hal ini bisa membantu mengembalikan energi selama seharian dan bangun di pagi hari dengan perasaan lebih baik. Konsenterasi belajar juga bisa didapatkan dengan kebiasaan sebelum tidur yang berkualitas.

Baca Ulang Catatan

Cara belajar pelajar Jepang
Cara belajar pelajar Jepang/ foto: Freepik.com/ jcomp

Mencatat bagian-bagian penting dari pelajaran merupakan salah satu tips belajar yang efektif. Manfaat mencatat pelajaran yaitu memudahkan untuk mengingat. Akan tetapi, agar mencatat menjadi lebih efektif, sebaiknya rajin pula untuk membaca ulang catatan tersebut.

Luangkan beberapa menit untuk membaca atau meninjau kembali catatan. Selain memudahkan untuk mengingat, cara ini juga bisa membuat seseorang lebih memahami topik pembelajaran.

Tetapkan Standar

Standar pelajar Jepang
Standar pelajar Jepang/ foto: Freepik.com/ tirachardz

Ciri khas dari orang Jepang adalah etos kerja yang tinggi. Orang Jepang memiliki standar yang tinggi untuk mencapai hasil maksimal. Serupa dengan para pelajar yang ada di Jepang, mereka menetapkan standar tinggi dalam belajar. Pelajar Jepang memiliki semangat yang tinggi untuk mengikuti pembelajaran di kelas.

Mereka juga rela menghabiskan waktu untuk belajar mata pelajaran yang disukai. Jika mereka gagal dalam sebuah tes, mereka tidak akan menyerah untuk memperbaikinya. Sedangkan jika mereka berhasil, mereka tidak ingin berpuas diri dan tetap belajar.

Membuat Jadwal Belajar

Jadwal belajar pelajar Jepang
Jadwal belajar pelajar Jepang/ foto: Freepik.com/ benzoix

Salah satu kebiasaan belajar orang Jepang yaitu membuat jadwal belajar. Menurut survei bahwa 91% pelajar Jepang mengaku rutin membuat jadwal belajar untuk membantu mencapai tujuan akademik.

Jadwal belajar yang rutin dibuat setiap hari dapat membuat seseorang menjadi konsisten untuk belajar. Kebiasaan ini baik diterapkan sejak dini guna melatih sikap disiplin dan tanggungjawab.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id