sign up SIGN UP

Khas Banget, 5 Kebiasaan Makan Orang Korea yang Sering Muncul di Drakor! Pernah Kamu Coba Nggak?

Aqida Widya Kusmutiarani | Beautynesia
Rabu, 22 Jun 2022 11:30 WIB
Khas Banget, 5 Kebiasaan Makan Orang Korea yang Sering Muncul di Drakor! Pernah Kamu Coba Nggak?
Lima kebiasaan makan orang Korea yang sering muncul di drama Korea (Kebiasaan makan di Korea/Foto: asianwiki.com)
Jakarta -

Ngomongin soal Korea, rasanya  akan ada habis-habisnya. Ada saja hal-hal menarik dari Negeri Ginseng untuk dibahas. Salah satunya adalah kebiasaan makan orang Korea. 

Sebagai pecinta drakor, tentu kamu sering melihat beberapa adegan yang menunjukkan kebiasaan orang Korea. Mulai dari makan apapun pakai kimchi, makan mie pakai tutup panci, dan masih banyak lagi kebiasaan unik orang Korea saat makan. 

Mau tahu lebih lanjut soal kebiasaan makan orang Korea? Dilansir dari Detik Food, berikut ulasannya.

Apapun Makannya, Tetap Harus Ada Kimchi

Kebiasaan makan di Korea
kebiasaan makan orang Korea/Foto: scmp.com

Kalau Indonesia punya sambal, Korea punya kimchi yang wajib ada di meja makan. Kimchi sendiri merupakan makanan tradisional Korea yang terbuat dari sawi putih, lobak, timun, atau lainnya, lalu dicampur dengan berbagai bumbu dan difermentasikan. 

Kebiasaan makan pakai kimchi ini sering ditunjukkan dalam beberapa adegan di drama Korea, seperti What's Wrong With Secretary Kim. Dalam drama tersebut, Kim Mi So dan Lee Young Joon sedang makan ramen, lalu Mi So menambahkan kimchi ke dalam ramyeon agar rasanya lebih enak. 

Membungkus Makanan dengan Daun Selada dan Perila

Cara makan Korean BBQ
drama Korea/Foto: yummy.ph

Saat menikmati Korean BBQ, orang Korea biasanya senang membungkus makanan dengan daun selada dan perilla. Kebiasaan makan ini disebut dengan ssam

Selain daun selada dan perila, biasanya orang Korea juga menambahkan irisan bawang putih, samjang, kimchi, dan bahan lainnya. Kebiasaan makan ini juga sering ditunjukan dalam adegan drama Korea. 

Contohnya, adegan dalam drama Let's Eat 2. Saat itu, Koo Dae Young menunjukkan tata cara makan Korean BBQ yang benar. Ia meletakkan daging panggang di atas daun selada dan perilla, lalu menambahkan bawang putih dan gochujang, kemudian ia bungkus dan dilahap. 

Menyeruput Kuah Langsung dari Mangkuknya

Orang Korea suka menyeruput kuah dari mangkuk langsung
kebiasaan makan orang Korea/Foto: hancinema.net

Saat makan makanan berkuah, orang Korea paling suka menyeruput kuah langsung dari mangkuknya. Konon, cara ini membuat makanan terasa lebih nikmat dibandingkan menggunakan sendok. 

Kebiasaan makan seperti ini juga cukup sering ditampilkan dalam drama Korea, seperti yang ditunjukkan oleh Koo Dae Young dalam drama Let's Eat 2. Saat itu, ia sedang menikmati kuah sup langsung dari mangkuknya. 

Makan Ramyeon Langsung dari Pancinya

Makan Ramyeon langsung dari panci
kebiasaan makan ramyeon/Foto: food.detik.com

Biasanya, orang Indonesia langsung memindahkan mie yang sudah matang ke mangkuk. Hal ini berbeda dengan orang Korea yang lebih suka menyantap langsung ramyeon yang sudah matang di panci dan menjadikan tutup panci sebagai wadahnya. 

Kebiasaan makan ini pun sering muncul di drama Korea. Salah satunya adegan Yoona SNSD saat sedang makan Ramyeon di drama The K2.

Memberi Lauk Lebih Banyak untuk Orang Tersayang

Memberi lauk lebih banyak pada orang tersayang
drama Korea Crash Landing On You/Foto: food.detik.com

Kebiasaan makan orang Korea yang sering ditunjukkan dalam drama selanjutnya adalah memberi lauk yang lebih banyak untuk orang tersayang. Biasanya, lauk yang diberikan berupa daging, ikan, telur  dan lainnya, lalu meletakkannya di atas mangkuk atau sendok orang tersebut.

Sebagai contoh, saat Kapten Ri memberikan daging panggang yang banyak pada Yoon Se Ri di drama Crash Landing On You

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id