sign up SIGN UP

Nggak Selalu Buruk, Ini 5 Waktu yang Tepat untuk Kamu Boleh Bersikap Egois!

Retno Anggraini | Beautynesia
Selasa, 09 Aug 2022 23:00 WIB
Nggak Selalu Buruk, Ini 5 Waktu yang Tepat untuk Kamu Boleh Bersikap Egois!
caption

Kata egois seringkali menimbulkan konotasi negatif dan biasanya orang-orang menghindari sikap ini. Tapi sebenarnya, egois tidak selalu bersifat negatif, lho, Beauties. Ada kalanya kamu butuh untuk memprioritaskan diri sendiri dibandingkan orang atau hal lain.

Jika kamu terus-menerus memberikan waktu dan energi untuk orang atau hal lain, kamu dapat membahayakan kesehatan fisik, mental, dan emosional kamu sendiri. Tapi, bersikap egois tidak bisa dilakukan sembarangan, lho! Melansir Very Well Mind, berikut 5 waktu yang tepat di mana kamu boleh bersikap egois.

Belum Memiliki Waktu Untuk Sendiri dalam Beberapa Saat

Waktu yang tepat untuk bersikap egois
Belum melakukan me time/Foto: Freepik.com/pressfoto

Waktu sendirian memainkan peran penting dalam kesehatan mental. Hal ini memungkinkan kamu untuk lebih dalam mengeksplorasi diri sendiri, menumbuhkan kreativitas, dan membantu kamu mengisi energi ketika kamu menghabiskan waktu bersama orang lain.

Jika kamu merasa sudah lama tidak meluangkan waktu untuk diri kamu sendiri, cobalah untuk luangkan waktu satu hari di akhir pekan hanya untuk fokus pada diri kamu. Lakukanlah hal ini secara teratur untuk mengingatkan kamu bahwa me time juga sangat penting dalam kehidupan.

Saat Merasa Bosan Secara Sosial

Waktu yang tepat untuk bersikap egois
Lelah dengan kegiatan sosial/Foto: Freepik.com/tonodiaz

Menikmati ragam acara dan berkumpul dengan teman atau keluarga merupakan hal yang menyenangkan. Tapi, terlalu sering terlibat dalam kegiatan sosial faktanya dapat membuat kamu merasa lelah. Terkadang, kamu mungkin akan menyetujui sebuah ajakan meskipun sebenarnya kamu ingin menolak.

Di saat ada pergulatan batin seperti ini, tidak apa-apa untuk bersikap egois. Ketika seorang teman mengajakmu untuk berkumpul dan kamu sedang tidak ingin ikut, tidak apa-apa untuk menolak ajakan mereka. Tolaklah dengan halus agar tidak menimbulkan kesalahpahaman.

Ketika Kamu Sedang Berlibur

Waktu yang tepat untuk bersikap egois
Saat berlibur/Foto: Freepik.com/jcomp

Beauties, apa kamu masih sering memikirkan pekerjaan padahal posisi kamu sedang liburan? Inilah waktu yang tepat untuk kamu bersikap egois. Ketika kamu telah memutuskan untuk berlibur dalam waktu yang panjang atau singkat, singkirkan sejenak urusan pekerjaan kamu.

Gunakanlah waktu liburan untuk untuk mengisi energi kamu yang terkuras setelah menjalani kesibukan. Sebuah penelitian tahun 2018 mengungkapkan bahwa liburan singkat pun dapat menurunkan stres. Peserta dalam penelitian ini mengatakan bahwa setelah berlibur selama tiga hari, mereka merasa lebih baik secara fisik, kualitas tidur jauh lebih baik, dan suasana hati juga jauh lebih baik.

Saat Merayakan Pencapaian

Waktu yang tepat untuk bersikap egois
Saat merayakan hal penting/Foto: Freepik.com

Waktu yang tepat di mana kamu boleh bersikap egois selanjutnya adalah saat kamu merayakan pencapaian besar. Banyak orang yang beranggapan ketika seseorang merayakan pencapaian, mereka akan dianggap sebagai orang narsistik. Padahal tidak seperti itu. Menurut penelitian, ketika kamu merayakan sebuah pencapaian, tanpa sadar kamu akan memberikan aura positif pada orang lain.

Saat Menghadapi Tantangan Hidup

Waktu yang tepat untuk bersikap egois
Menghadapi tantangan hidup/Foto: Freepik.com/snowing

Saat-saat yang menantang akan terjadi pada kehidupan kamu dan inilah waktu yang tepat untuk bersikap egois. Ketika kamu menghadapi tantangan dalam hidup, ini akan membuat kamu lebih sering menghabiskan waktu untuk sendiri dan introspeksi diri. Lakukan apa yang kamu butuhkan untuk mengatasi emosi yang membingungkan, seperti kesedihan, perselisihan, atau frustrasi.

Terkadang, keegoisan dapat membantu kamu menyesuaikan diri sehingga kamu tidak hanya menyadari apa yang kamu butuhkan, tapi juga dapat memenuhinya dengan cara yang sehat. Jadi, sesekali bersikap egois itu tidak apa-apa, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id