sign up SIGN UP

5 Manfaat Terong Belanda, Buah Kecil yang Ternyata Simpan Jutaan Kebaikan! Pernah Cobain?

Ivana Christy Tampubolon | Beautynesia
Kamis, 16 Jun 2022 08:00 WIB
5 Manfaat Terong Belanda, Buah Kecil yang Ternyata Simpan Jutaan Kebaikan! Pernah Cobain?
caption

Beauties, pernah mendengar terong belanda? Eits, jangan bayangin sayur terong yang biasa dibikin balado ya.

Terong belanda itu buah yang rasanya asam manis dan kaya manfaat. Sayangnya, buah yang bernama asli buah Tamarillo ini populer hanya di daerah tertentu.

Padahal, ibarat pepatah, buah terong belanda atau tamarillo itu kecil-kecil cabe rawit loh. Bentuknya memang kecil, tapi manfaat buah terong belanda itu besar loh, Beauties.

Apa saja manfaatnya? Dilansir dari Mommyasia, kita kenalan sama manfaat buah terong belanda yuk Beauties!

1. Kaya Vitamin dan Antioksidan

Kecil-Kecil Banyak Vitamin/Foto : cookpad.com/Susi Agung
Kecil-Kecil Banyak Vitamin/Foto : cookpad.com/Susi Agung

Dilansir dari detikFood, buah berwarna ungu kemerahan ini punya segudang kandungan vitamin seperti vitamin C, vitamin B1 dan B12, serta provitamin A. Terong belanda juga punya mineral potasium, fosfor dan magnesium yang bagus untuk kesehatan.

Tak hanya vitamin dan mineral, buah Tamarillo juga mengandung salah satu jenis antioksidan, yaitu antosianin yang merupakan turunan flavonoid.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Tamarillo Bantu Jaga Kesehatan Jantung/Foto : pexels.com/Engin Akyurt
Tamarillo Bantu Jaga Kesehatan Jantung/Foto : pexels.com/Engin Akyurt

Buah yang umumnya popular di Sumatera Utara dan Sulawesi ini juga berfungsi menjaga kesehatan jantung kamu. Terong belanda punya mineral Kalium yang berfungsi menyeimbangkan kadar Natrium pada jantung.

Untuk orang yang punya risiko kolesterol dan darah tinggi, kandungan serta membantu menyerap kelebihan kolesterol di tubuh. Kandungan potassium membantu menurunkan tekanan darah tinggi, jadinya denyut jantung bisa tetap normal.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Terong Belanda Bisa Jaga Kekebalan Tubuh/Foto : pexels.com/Lucas Pezeta
Terong Belanda Bisa Jaga Kekebalan Tubuh/Foto : pexels.com/Lucas Pezeta

Masih ingat dong ya, Beauties kalau tadi udah dibilang terong belanda itu punya kandungan vitamin B kompleks, dan C. Nah tiap jenis vitamin ini punya fungsi pada kekebalan tubuh kita.

Vitamin B kompleks untuk mengatur metabolisme tubuh, biar nutrisi dari makanan lebih optimal diserap tubuh. Vitamin C nya bekerja sama dengan kandungan antioksidan mampu meningkatkan imunitas tubuh. Jadinya Beauties nggak gampang sakit deh!

4. Mengatasi Penyakit Ringan

Terong Belanda Bisa Atasi Flu Dengan Cepat/Foto : pexels.com/Polina Tankilevitch
Terong Belanda Bisa Atasi Flu Dengan Cepat/Foto : pexels.com/Polina Tankilevitch

Beauties merasa nggak sih, kalau sampai hari ini cuaca sering tidak menentu? Kadang bisa panas hujan, sorenya bisa dingin banget karena hujan.

Kalau sudah begitu, tubuh juga jadi harus ikut beradaptasi. Malahan, penyakit ringan seperti flu, batuk, dan demam juga pasti ikut mengintai, ya kan Beauties?

Nah, vitamin C yang dimiliki buah tamarillo bisa bantu Beauties mengatasi flu, batuk, dan demam. Tak hanya flu, vitamin C juga bisa mengobati sakit tenggorokan dan sariawan.

5. Memelihara Kulit

Terong Belanda Bisa Rawat Kulit Juga/Foto : pexels.com/Ron Lach
Terong Belanda Bisa Rawat Kulit Juga/Foto : pexels.com/Ron Lach

Selain kesehatan tubuh, kesehatan kulit juga jadi poin penting yang harus diperhatikan. Good news, kandungan air, mineral, dan vitamin di terong belanda juga punya manfaat baik untuk kesehatan kulit.

Tingginya kandungan air dan serat dalam buah tamarillo bikin kulit kita terhindar dari kekeringan dan tetap lembab. Kandungan vitamin seperti vitamin A dan C menjadi nutrisi yang mencerahkan dan merawat kesehatan kulit.

Ternyata beneran kecil-kecil cabe rawit ya Beauties. Terong belanda memang kecil, tapi di balik bentuknya yang kecil justru ada manfaat yang besar. Beauties tertarik nyobain buah terong belanda?

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id