sign up SIGN UP

Sering Dijadikan Infused Water, Kenali 5 Efek Samping Terlalu Sering Konsumsi Buah Lemon

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Senin, 13 Jun 2022 06:15 WIB
Sering Dijadikan Infused Water, Kenali 5 Efek Samping Terlalu Sering Konsumsi Buah Lemon
caption

Beauties, lemon memang memiliki beragam manfaat yang baik bagi tubuh. Tak jarang, buah dengan cita rasa asam ini dijadikan sebagai campuran infused water.

Namun ternyata, di balik kaya manfaatnya lemon, ada juga efek samping yang berbahaya bagi tubuh apabila dikonsumsi secara terus-menerus lho! Lalu apa saja sih efek samping dari buah lemon?

Dilansir dari detikFood, ini dia 5 efek samping terlalu sering mengonsumsi lemon yang harus kamu tahu. Yuk simak informasinya!

1. Menyebabkan Masalah Perut

Menyebabkan Masalah Perut
Menyebabkan Masalah Perut/Foto: Freepik.com/Benzoix

Efek samping terlalu sering makan lemon yang pertama yaitu dapat menyebabkan masalah perut. Sebab, lemon cukup asam.

Mencampur madu dengan air lemon membuat pencernaan lebih mudah, tapi terlalu banyak mengonsumsi lemon dapat mengiritasi lambung. Diantaranya membuat pencernaan tersumbat hingga menyebabkan sakit perut.

2. Menyebabkan Dehidrasi

Menyebabkan Dehidrasi
Menyebabkan Dehidrasi/Foto: Freepik.com/Cookie_studio

Dehidrasi merupakan salah satu bahaya terlalu sering mengonsumsi lemon. Jika kamu minum terlalu banyak air lemon, dapat memperbesar kandung kemih yang memungkinkan kamu untuk buang air kecil bolak-balik di kamar mandi.

Setelah banyak zat beracun ini dihilangkan, tubuh tentu perlu dehidrasi. Minumlah banyak air lemon dan pastikan kamu memiliki cukup air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

3. Menyebabkan Kulit Kering

Menyebabkan Kulit Kering
Menyebabkan Kulit Kering/Foto: Freepik.com/Karlyukav

Kandungan vitamin C lemon cukup memberikan banyak nutrisi untuk kulit. Lemon berukuran sedang mengandung 83 mg vitamin C.

Namun, jika kamu makan terlalu banyak, kulit kamu akan menjadi kering dan bersisik. Untuk menghindari efek samping ini, imbangi kulit kamu dengan mengonsumsi banyak air.

4. Dapat Merusak Rambut

Dapat Merusak Rambut
Dapat Merusak Rambut/Foto: Freepik.com/Benzoix

Lemon dianggap sebagai buah yang dapat mengatasi masalah rambut seperti ketombe dan kerusakan kulit kepala. Menggunakan jus lemon langsung ke rambut akan mengeringkan dan menyebabkan tumbuhnya uban.

Namun, jika kamu mengoleskan lemon langsung ke rambut kamu, maka rambut akan mengering dan memicu munculnya uban. Kandungan asam lemon ini ternyata dapat merusak rambut.

5. Mengikis Lapisan Email Gigi

Mengikis Lapisan Email Gigi
Mengikis Lapisan Email Gigi/Foto: Freepik.com/Stockking

Dikutip dari detikFood, air lemon memiliki keasaman dan sifat yang dapat menyerang email gigi secara perlahan. Oleh karena itu, jangan mengonsumsi terlalu banyak air lemon. Dokter gigi merekomendasikan berkumur setelah minum lemon atau air mineral atau kamu dapat juga menyikat gigi setelah minum air lemon.

Nah Beauties, itu dia 5 efek samping yang mengintai apabila terlalu sering mengonsumsi lemon yang harus kamu ketahui. Memang segala yang berlebihan tidak baik, bukan? Maka dari itu, konsumsi lemon secukupnya saja ya. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id