sign up SIGN UP

6 Alasan Mengapa Banyak Orang Suka Ikut Lomba Maraton, Ternyata Ini Manfaatnya!

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Kamis, 15 Sep 2022 06:45 WIB
6 Alasan Mengapa Banyak Orang Suka Ikut Lomba Maraton, Ternyata Ini Manfaatnya!
Alasan Orang Menyukai Lari Maraton dan Manfaatnya/Foto: Unsplash.com/Miguel A Amutio

Maraton adalah lari jarak jauh sepanjang 42,195 kilometer yang biasa dilakukan di jalan raya. Cabang olahraga atletik adaptasi dari legenda Yunani ini dapat ditempuh dengan terus berlari atau dengan kombinasi lari-jalan.

Mengikuti maraton memang sangat menguras tenaga, penuh usaha yang menyakitkan, serta butuh komitmen tinggi untuk bisa mencapai garis akhir. Namun, maraton juga memiliki banyak keuntungan, yang mungkin menjadi alasan mengapa begitu banyak orang di seluruh dunia, baik profesional hingga pelari pemula, antusias untuk mengikuti acara lomba lari jarak jauh setiap tahun.

Lalu, apa saja hal spesial dari maraton yang membuat orang-orang menyukai jenis olahraga ini? Simak yuk!

1. Prestasi Seumur hidup

alasan orang menyukai lari maraton dan manfaatnya
Mampu menyelesaikan maraton merupakan prestasi seumur hidup/Foto: Pexels.com/RUN 4 FFWPU

Semua masa sulit selama latihan maraton dan selama balapan bakal terbayar lunas setelah kamu melewati garis akhir. Penghargaan berupa medali, kaos, atau foto akhir yang bagus, merupakan sebuah kebanggaan dan pengakuan atas pencapaian seumur hidupmu.

2. Motivasi untuk Mengalahkan Diri Sendiri

Menjadi pelari jarak jauh tidak lah mudah. Para pelari sering dihantui kecemasan bahwa mereka tak akan mampu mencapai garis akhir, lantaran itu adalah hal yang sulit, agak menakutkan, dan mesti dilakukan dengan benar.

Ikut dalam sebuah ajang maraton akan mendorong dirimu untuk disiplin berlatih dan mempersiapkan stamina. Sampai akhirnya, kamu akan merasa puas usai menyelesaikan suatu tantangan yang sulit, yakni mencapai garis akhir.

Dengan begitu, maraton adalah “tantangan pribadi” yang memotivasi seseorang untuk berbuat lebih banyak, dan juga menjadi ajang pembuktian untuk mengalahkan diri sendiri.

3. Manfaat Kesehatan yang Melimpah

alasan orang menyukai lari maraton dan manfaatnya
Maraton punya banyak manfaat kesehatan/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu bisa mendapatkan banyak sekali manfaat dari lari jarak jauh seperti half marathon atau marathon.

Mengutip Verywell Fit, berlari secara teratur mampu meningkatkan kebugaran kardiovaskular, menjaga kadar tekanan darah dan kolesterol tetap stabil, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tentu saja, berlari juga bagus buat kekuatan dan daya tahan otot.

Lebih dari itu, maraton dinilai memiliki efek positif lainnya, mulai dari meningkatkan kinerja otak dan daya ingat, membantu menurunkan berat badan, hingga peralihan ke gaya hidup sehat dan aktif.

4. Memperbaiki Kesehatan Mental

Tak hanya berdampak bagi kesehatan fisik, latihan maraton turut membantu meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Dikutip dari Byrdie, Jonathan Cane, ahli fisiologi olahraga dan pelatih lari bersertifikat, menyebutkan bahwa berlari dapat membangun rasa kepercayaan diri dan membantu meringankan gejala depresi dan gangguan kecemasan.

Selain itu, olahraga kardio dapat meningkatkan suasana hati dengan cara merangsang otak melepaskan hormon endorfin yang menciptakan perasaan bahagia. Ini seperti dikutip via Wexner Medical Center dari Ohio State University.

5. Ajang Rekreasi dan Bertemu Orang Baru

alasan orang menyukai lari maraton dan manfaatnya
Maraton sebagai ajang rekreasi/Foto: Unsplash.com/Peter Boccia

Sensasi berlari di atas treadmill dan mengikuti sebuah maraton tentu sangatlah berbeda. Di balik pengalaman latihan maraton yang sangat intens, pasti ada banyak kesenangan yang bisa kamu dapatkan.

Acara maraton yang diselenggarakan di kota atau negara lain bisa menjadi alasan yang bagus untuk mengunjungi kota atau negara baru. Selain itu, di sana kamu bisa berkenalan dengan banyak orang baru yang memiliki motivasi yang sama.

6. Menginspirasi Orang Lain

Setelah kamu membuktikan bahwa maraton bukan lah suatu tantangan yang mustahil, keluarga dan teman-temanmu mungkin akan terinspirasi untuk melakukan hal yang sama.

Ditambah lagi, banyak lomba maraton digelar untuk tujuan amal. Dengan berpartisipasi dalam acara itu, kamu sekaligus bisa menginspirasi orang lain untuk suatu gerakan positif.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id