sign up SIGN UP

Biar Hemat Sekaligus Jaga Lingkungan, Manfaatkan Sisa Makanan dengan 10 Cara Kreatif Ini, yuk!

Camellia Quinita Ramadhani | Beautynesia
Sabtu, 06 Aug 2022 17:00 WIB
Biar Hemat Sekaligus Jaga Lingkungan, Manfaatkan Sisa Makanan dengan 10 Cara Kreatif Ini, yuk!

Saat memasak, biasanya sering ada sisa bahan yang tak terpakai. Misalnya kulit buah, batang sayur, tulang ayam dan daging, dan masih banyak lagi. Pada umumnya, sisa bahan ini akan berakhir di tempat sampah. Tapi tahukah kamu, sisa-sisa bahan makanan ini sebenarnya masih bisa diolah lagi menjadi makanan tambahan dan barang bermanfaat lainnya?

Selain membantu mengurangi pencemaran lingkungan yang bisa merusak iklim, kamu juga bisa menghemat pengeluaran belanjamu lho, Beauties.

Mau tahu caranya? Simak caranya berikut ini, yuk!

Kulit Semangka Diolah Jadi Acar

Ilustrasi Kulit Semangka/Foto: Pixabay/ Steve Buissinne
Ilustrasi Kulit Semangka/Foto: Pixabay/ Steve Buissinne

Saat mendengar kata semangka, bayanganmu pasti tertuju pada daging buah kemerahan yang manis dan mengandung banyak air. Kebanyakan orang mengabaikan fungsi dari kulit pucat semangka yang tebal, keras dan hambar. Padahal, kamu bisa memanfaatkan kulit semangka sebagai acar lho, Beauties!

Kamu tinggal memotong bagian putih semangka seukuran acar, rendam dalam larutan air cuka, gula dan garam hingga teksturnya menjadi lebih empuk. Jika kamu mau, kamu bisa tambahkan irisan jahe atau kayu manis sebagai penambah aroma. Voila! Acar semangka sudah bisa disimpan di kulkas dan siap dinikmati kapanpun.

Buat Kaldu dari Air Rebusan Tulang

Ilustrasi Merebus Kaldu/Foto: Pixabay/ Rita-undmit
Ilustrasi Merebus Kaldu/Foto: Pixabay/ Rita-undmit

Daripada membeli blok kaldu yang mengandung pengawet, lebih baik kamu manfaatkan tulang ayam dan daging yang ada di kulkas. Sisa-sisa daging yang masih menempel pada tulang memberi cita rasa gurih khas yang tentunya lebih sehat dibanding kaldu kemasan.

Caranya sangat mudah, Beauties. Dilansir dari laman Healthline, kamu tinggal merebus tulang untuk mendapat semua sari kaldunya selama maksimal 24 jam. Setelah itu, kamu bisa simpan di dalam kulkas dan memakainya sebagai kuah sup atau sebagai tambahan masakan lain saat diperlukan.

Punya Roti Mendekati Tanggal Kedaluwarsa? Dibuat Crouton Saja! 

Ilustrasi Crouton/Foto: Pixabay/ Teeale
Ilustrasi Crouton/Foto: Pixabay/ Teeale

Punya banyak lembaran roti yang mendekati kedaluwarsa? Jangan panik, Beauties! Kamu tetap bisa menjaga keawetannya dengan menjadikannya crouton.

Caranya mudah sekali. Kamu tinggal memotong roti seukuran dadu dan panggang di atas penggorengan panas yang sudah dilapisi minyak zaitun. Tambahkan bumbu seperti garam, rosemary, lada hitam atau bubuk bawang untuk menambah rasa gurih.

Panggang potongan roti yang tertata rapi sekitar 10-15 menit hingga berwarna kecoklatan dan bertekstur krispi. Kamu bisa menikmati crouton sebagai tambahan di atas salad, casserole, atau bersama sup hangat.

Tumis Batang Sayuran Hijau

Ilustrasi Sayuran Hijau/Foto: Pexels/ Cats Coming
Ilustrasi Sayuran Hijau/Foto: Pexels/ Cats Coming

Saat hendak memasak sup, biasanya orang hanya akan memanfaatkan bagian daun dari sayur-sayuran hijau dan membuang bagian batangnya. Selain karena teksturnya yang keras, rasanya yang cenderung hambar membuat orang tidak berselera untuk memasukkannya ke dalam sup.

Kalau kamu mau peduli pada lingkungan sekaligus menghemat bahan masakan, kamu bisa menjadikan batang sayuran ini sebagai hidangan tersendiri, lho. Coba potong batang sayur berbagai rempah-rempah bumbu rempah. Dengan cara ini, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membuat hidangan baru di jam makan berikutnya.

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id