sign up SIGN UP

Cantik Tanpa Makeup, Ini 4 Kebiasaan Diet yang Bikin Kulit Glowing dengan Effortless

Sri Widia | Beautynesia
Senin, 27 Jun 2022 21:30 WIB
Cantik Tanpa Makeup, Ini 4 Kebiasaan Diet yang Bikin Kulit Glowing dengan Effortless
caption
Jakarta -

Kulit cantik dan sehat merupakan dambaan semua perempuan. Kulit sehat sebenarnya bisa didapat dengan melakukan kebiasaan diet yang baik.

Kebiasaan diet selain untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan, secara otomatis akan mempengaruhi kondisi kulit menjadi lebih sehat. Dilansir dari medindia.net, 7 kebiasaan berikut dapat membuat kulit lebih cantik. Apa saja?

Berhenti Mengonsumsi Gula

Kebiasaan Diet yang Bagus untuk Kulit/ unsplash.com/ Anna Tukhfatullina
Kebiasaan Diet yang Bagus untuk Kulit/ unsplash.com/ Anna Tukhfatullina

Seperti yang kita ketahui, mengonsumsi gula memang tidak baik. Selain menyebabkan diabetes dan obesitas, gula juga berdampak buruk pada kulit. Gula dan pemanis buatan tidak memiliki nilai gizi dan mengakibatkan dampak buruk pada kulit.

Bahan kimia yang ada dalam pemanis buatan seperti aspartam akan terakumulasi dalam sel kulit dan menghasilkan reaksi histamin yang menyebabkan alergi pada kulit. Kamu bisa mengganti minuman manis dengan teh hijau atau teh hitam dan dengan buah-buahan sebagai pengganti makanan manis.

Mengonsumsi Lemak Sehat

Kebiasaan Diet yang Bagus untuk Kulit/ unsplash.com/ Brooke Lark
Kebiasaan Diet yang Bagus untuk Kulit/ unsplash.com/ Brooke Lark

Asupan lemak sehat perlu diperhatikan sebagai kebiasaan diet yang baik. Pasalnya, asam lemak essensial tidak diproduksi di dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsi lemak sehat yang baik seperti salmon, alpukat, minyak zaitun, dan kedelai. Asam lemak omega-3 berfungsi untuk menjaga kadar air dalam sel dan mencegah jerawat.

Mengurangi Asupan Karbohidrat

Kebiasaan Diet yang Bagus untuk Kulit/ pexels.com/ Polina Tankilevitch
Kebiasaan Diet yang Bagus untuk Kulit/ pexels.com/ Polina Tankilevitch

Makanan seperti pasta atau roti terbuat dari karbohidrat olahan. Makanan ini dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat dan meningkatkan potensi munculnya jerawat dan kerutan.

Kandungan gula yang tinggi memicu pelepasan hormon yang mendorong sekresi minyak dari kelenjar minyak kulit. Oleh karena itu, seimbangkan makanan yang kamu konsumsi dengan protein yang cukup untuk mengatasi efek karbohidrat olahan yang terjadi pada kulit.

Mengurangi Konsumsi Alkohol

Kebiasaan Diet yang Bagus untuk Kulit/ pexels.com/ Andrea Piacquadio
Kebiasaan Diet yang Bagus untuk Kulit/ pexels.com/ Andrea Piacquadio

Asupan alkohol yang tinggi menyebabkan kerusakan kulit. Minuman beralkohol menyebabkan dehidrasi sel-sel kulit yang berujung meningkatkan kekeringan kulit. Rusaknya kolagen dalam kulit menyebabkan kulit tampak tua dan kendur.

Selain itu, alkohol juga mempengaruhi warna kulit secara langsung sehingga terlihat lebih kusam. Hal ini dikarenakan alkohol dapat  mengganggu penyerapan vitamin A, yang secara aktif membangun sel-sel kulit baru dan menyebabkan regenerasi kulit.

Oleh karena itu, penting untuk membatasi asupan alkohol hingga satu gelas untuk perempuan dan dua gelas untuk pria per minggu.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id