STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Cukup Jalan Kaki Saja Bisa Bantu Turunkan Berat Badan dan Kecilkan Perut Buncit, Ini 4 Alasannya!

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Kamis, 06 Oct 2022 09:30 WIB
Cukup Jalan Kaki Saja Bisa Bantu Turunkan Berat Badan dan Kecilkan Perut Buncit, Ini 4 Alasannya!

Masalah obesitas atau kelebihan berat badan dan perut buncit tidak hanya mengganggu secara penampilan, tetapi juga membawa dampak buruk bagi kesehatan. Beberapa penyakit seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung kerap dikaitkan dengan permasalahan berat badan tersebut.

Salah satu cara untuk menanggulangi permasalahan berat badan adalah dengan berolahraga. Kabar baiknya, kamu tidak perlu olahraga berat untuk mendapatkan hasil optimal karena ternyata jalan kaki saja bisa membantu menurunkan berat badan hingga meratakan perut buncit. Dilansir dari Healthline, ini alasannya!

Membakar Kalori

Ilustrasi berjalan kaki/Foto: Pexels/cottonbro
Ilustrasi berjalan kaki/Foto: Pexels/cottonbro

Tubuh membutuhkan energi dalam bentuk kalori untuk semua reaksi kimia kompleks yang dibutuhkan agar seseorang bisa bergerak, bernapas, hingga berpikir. Kebutuhan kalori harian bergantung pada faktor usia, tinggi, berat badan, jenis kelamin, hingga level aktivitas seseorang.

Meskipun begitu, ada kalanya seseorang bisa mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang melebihi kebutuhan hariannya sehingga mengakibatkan pertambahan berat badan. Untuk mengatasi hal ini, mereka perlu bergerak atau melakukan olahraga yang dapat membakar kalori lebih banyak daripada kalori yang dikonsumsi.

Salah satu olahraga santai, tetapi optimal untuk membakar kalori adalah dengan berjalan. Penelitian menunjukkan bahwa berjalan cepat dapat membakar kalori sebanyak kurang lebih 90 kalori setiap milnya.

Tidak Mengurangi Massa Otot

Dalam proses untuk memangkas kalori dan menurunkan berat badan, beberapa orang tidak hanya kehilangan lemak tubuh, tetapi juga massa ototnya. Padahal otot berperan penting untuk membantu tubuh membakar lebih banyak kalori setiap harinya.

Untungnya, beberapa olahraga termasuk berjalan kaki bisa tetap menjaga massa otot saat mencoba menurunkan berat badan. Selain membantu menjaga berat badan dan kemampuan metabolisme tetap optimal, olahraga jalan kaki juga membantu mengembalikan fungsi dan kekuatan otot yang luntur karena faktor usia.

Mengurangi Lemak Perut

Perut buncit karena kembung hanya terjadi beberapa saat/Foto: pexels.com/Mikhail NilovIlustrasi/Foto: Pexels.com/Mikhail Nilov

Timbunan lemak di bagian perut alias perut buncit kerap dihubungkan dengan peningkatan risiko penyakit seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Namun, hal ini bisa diatasi dengan melakukan olahraga yang efektif untuk melunturkan lemak perut, seperti olahraga aerobik (santai) atau jalan kaki.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang melakukan diet calorie-control sambil berjalan kaki dengan durasi satu jam dan frekuensi lima kali dalam satu minggu selama kurun waktu 12 minggu dapat mengurangi lemak tubuh dan lingkar pinggang sebanyak beberapa inci dibandingkan dengan yang hanya mengikuti program diet saja.

Membuat Momen Olahraga Terasa Menyenangkan

Salah satu alasan yang membuat sulit untuk mempertahankan niat untuk berolahraga adalah karena tekanan dan stres yang dirasakan usai berolahraga. Padahal salah satu kunci untuk mencapai tujuan menurunkan berat badan dengan berolahraga adalah konsisten.

Ilustrasi berjalan kaki/Foto: Pexels/Tobi
Ilustrasi berjalan kaki/Foto: Pexels/Tobi

Namun, berbeda dengan beberapa olahraga berat lainnya, olahraga berjalan kaki terbilang ringan sehingga kamu bisa menikmatinya.dengan santai. Perasaan santai yang dirasakan saat berjalan kaki akan membuatmu mempertahankan kebiasaan olahraga yang satu ini hingga tujuan sehatmu tercapai.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE