sign up SIGN UP

Kembali Normal, Ini Cara Kembalikan Pola Tidur Setelah Bulan Puasa Usai

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Rabu, 04 May 2022 07:30 WIB
Kembali Normal, Ini Cara Kembalikan Pola Tidur Setelah Bulan Puasa Usai
caption

Beauties, sebagian besar orang mengalami kesulitan untuk mengembalikan pola tidur mereka setelah melewati bulan puasa. Sebab, selama sebulan penuh sudah terbiasa untuk bangun dan melaksanakan sahur di malam hari. Sehingga bangun di malam hari menjadi kebiasaan.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara agar pola tidurmu kembali normal. Berikut cara mengembalikan pola tidur kamu setelah bulan puasa. Yuk simak informasi selengkapnya di sini ya!

1. Tidur di Jam yang Tepat

Tidur di Jam yang Tepat
Tidur di Jam yang Tepat/Foto: Freepik.com/Jcomp

Cara mengembalikan pola tidur normal yang pertama yaitu tidur di waktu yang tepat. Lakukan hal ini sampai kamu terbiasa lagi.

Dilansir dari detikHealth, Dr. Danish mengatakan tidur di jam yang tepat seperti sebelumnya harus jadi prioritas sampai hal ini menjadi kebiasaan.

2. Bangun Tepat Waktu

Bangun Tepat Waktu
Bangun Tepat Waktu/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Selanjutnya adalah dengan bangun tidur tepat waktu. Bangun tepat waktu juga menjadi salah satu unsur penting.

Apabila kamu tidur lebih lama, maka akan membuat kamu sulit tidur di malam hari. Selain itu, kamu juga bisa menghindari tidur siang agar membantu kamu tidur lebih cepat di malam hari.

3. Jauhkan Sumber Cahaya dari Alat Digital

Jauhkan Sumber Cahaya dari Berbagai Alat Digital
Jauhkan Sumber Cahaya dari Berbagai Alat Digital/Foto:Freepik.com/Lifeforstock

Menjauhkan sumber cahaya dari berbagai alat digital juga merupakan salah satu kiat agar pola tidur lebih teratur. Sebaiknya tepat sebelum tidur, jauhkan diri dari perangkat elektronik seperti handphone, tablet, laptop, dan televisi untuk membantu kamu tidur lebih cepat.

4. Mandi Sebelum Tidur

Mandi Sebelum Tidur
Mandi Sebelum Tidur/Foto: Freepik.com/Andrea Piacquadio

Masih dari sumber yang sama, mandi sebelum tidur dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih rileks. Beberapa penelitian menemukan bahwa mandi dapat meningkatkan kualitas tidur.

Penelitian lain pun menunjukkan, bahwa mandi 90 menit sebelum tidur dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak. Namun, kamu juga dapat merilekskan tubuh dengan merendam kaki di air hangat jika tidak ingin mandi di malam hari.

5. Hindari Makan Sebelum Tidur

Hindari Makan Sebelum Tidur
Hindari Makan Sebelum Tidur/Foto: Freepik.com/Koolshooters

Makan sebelum tidur dapat berdampak buruk pada kualitas tubuh dan pelepasan melatonin. Sebuah penelitian mengatakan bahwa makan makanan tinggi karbohidrat empat jam sebelum tidur dapat membantu kamu tertidur. Namun, penelitian lain menunjukkan bahwa diet rendah kalori juga dapat membuat kualitas tidur meningkat.

Nah Beauties, itu dia cara agar pola tidur kamu kembali normal setelah sebulan penuh berpuasa. Pastikan kamu memiliki waktu tidur yang cukup agar lebih semangat beraktivitas secara normal serta kesehatan kamu tetap terjaga. Tetapi jangan tidur secara berlebihan ya. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id