sign up SIGN UP

Jangan Gentar Karena Panas, Ini 4 Manfaat Olahraga yang Dilakukan Siang Hari!

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Kamis, 22 Sep 2022 07:30 WIB
Jangan Gentar Karena Panas, Ini 4 Manfaat Olahraga yang Dilakukan Siang Hari!
caption

Olahraga adalah aktivitas yang bisa dibilang wajib dilakukan oleh semua orang. Hal ini karena olahraga bisa memberikan banyak manfaat, mulai dari menjaga kesehatan tubuh, membentuk tubuh proporsional, hingga menurunkan berat badan.

Masing-masing orang memiliki preferensi mengenai waktu yang ideal untuk berolahraga, tetapi kebanyakan orang menghindari olahraga di siang hari karena suhu yang panas akan makin terasa saat dipakai berolahraga. Padahal, dilansir dari Lafit Studio, berolahraga di siang hari bisa memberikan sederet manfaat, lho! Apa saja?

Lebih Bertenaga

Ilustrasi olahraga/Foto: Pexels/Karl Solano
Ilustrasi olahraga/Foto: Pexels/Karl Solano

Kebanyakan orang akan merasa malas untuk melakukan olahraga di waktu yang terlalu pagi. Hal ini normal mengingat adanya penelitian yang menunjukkan bahwa kekuatan dan energimu baru berada di titik tertingginya ketika hari sudah mulai siang.

Salah satu alasan dari kondisi ini adalah kadar glukosa yang sudah tinggi karena sudah makan beberapa kali. Kondisi yang prima inilah yang membuatmu bisa menggunakan tenaga yang lebih besar untuk berolahraga. Otomatis hal ini juga akan berpengaruh terhadap meningkatnya jumlah kalori yang terbakar, yakni hingga 10 persen.

Mengatur Jam Internal Tubuh

Yoga merupakan olahraga yang mampu mengatasi stressIlustrasi olahraga/ Foto: Freepik

Banyak studi telah menyatakan bahwa berolahraga di waktu apa pun berguna untuk mengatur jam internal tubuh. Namun, ada satu penelitian yang menyatakan bahwa berolahraga di siang hari dapat menyeimbangkan ritme sirkadian dengan cara memproduksi lebih banyak protein yang berfungsi untuk mengatur jam internal.

Jadi, jika kamu punya masalah tidur atau punya jadwal rutinitas begadang yang baru untuk urusan pekerjaan atau studi, olahraga di siang hari bisa membantumu untuk tidur lebih awal daripada biasanya.

Mengurangi Stres

Olahraga adalah salah satu aktivitas fisik yang bisa kamu lakukanIlustrasi Olahraga/Foto: pexels.com/tirachard-kumtanom

Secara umum, salah satu manfaat olahraga adalah dapat membantu mengurangi stres yang kamu rasakan, terutama olahraga di siang hari. Berolahraga di siang hari dapat membuatmu bisa memberi batasan yang jelas serta lebih bisa membagi antara waktu untuk bekerja dan waktu untuk melepas penat.

Olahraga di siang hari dapat mengurangi kadar kortisol dan tingkat adrenalin, mengurangi tekanan, dan membuat tubuh memproduksi endorfin yang bisa membuatmu tiba di rumah dengan mood yang lebih baik. Hal ini tentu sangat berguna bagi kamu yang terbiasa bekerja selama 8 jam sehari.

Mengurangi Rasa Lelah

Healthy beautiful young Asian runner woman in sports clothing running and jogging on sidewalk near lake at park in the morning. Lifestyle fitness and active women exercise in urban city concept.Ilustrasi olahraga/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Tirachard

Ya, kamu nggak salah dengar, Beauties! Setelah seharian sibuk menyelesaikan tugas di kantor, bermalas-malasan sambil binge-watching serial favorit di Netflix mungkin merupakan godaan yang sangat kuat bagimu.

Namun, jika kamu punya tugas yang padat sepulang bekerja, kamu bisa mengakali rasa malas ini dengan cara berolahraga di siang hari. Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga di siang hari dapat meningkatkan energi sebesar 20 persen dan mengurangi rasa lelah hingga 65 persen.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id