sign up SIGN UP

Orangtua Wajib Tahu, 6 Makanan Ini Bisa Bantu Menambah Tinggi Badan Anak!

Retno Anggraini | Beautynesia
Sabtu, 13 Aug 2022 09:30 WIB
Orangtua Wajib Tahu, 6 Makanan Ini Bisa Bantu Menambah Tinggi Badan Anak!
caption

Tinggi badan anak 80 persen dipengaruhi oleh genetika orangtuanya. Jika kedua orangtuanya tinggi, kemungkinan besar anaknya juga tinggi. Anak-anak cenderung tumbuh dengan cepat dan memiliki tingkat pertumbuhan yang sedikit meningkat antara usia 6-8 tahun. Sekitar 25 persen pertumbuhan tinggi badan terjadi selama masa pubertas.

Dua hormon yang menentukan pertumbuhan tulang longitudinal dan mempertahankan massa tulang berkontribusi dalam hal ini. Oleh sebab itu, disarankan agar anak-anak mengonsumsi makanan yang bermanfaat untuk menambah tinggi badan di masa pertumbuhan. Apa saja? Melansir Stylecraze, berikut 6 makanan yang bisa bantu tambah tinggi badan anak.

Telur

Makanan penambah tinggi badan anak
Telur, makanan penambah tinggi/Foto: Freepik.com/timolina

Telur memiliki kandungan protein, riboflavin, biotin, dan zat besi yang tinggi. Dalam satu butir telur ukuran besar, mengandung 6 gram protein. Selain itu, telur juga mengandung banyak vitamin dan mineral lain, seperti vitamin D yang meningkatkan penyerapan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang.

Sebuah penelitian menemukan bahwa anak-anak dengan kadar vitamin D rendah diberikan suplemen vitamin D, dapat menyebabkan pertumbuhan tulang dalam enam bulan. Serta ada penelitian lain terhadap 874 anak-anak yang mengonsumsi telur setiap hari mengalami peningkatan tinggi badan setiap bulan.

Susu dan Produk Berbasis Susu

Makanan penambah tinggi badan anak
Susu, makanan penambah tinggi badan anak/Foto: Freepik.com

Sudah tidak asing lagi kalau susu menjadi pilihan para orangtua untuk membantu pertumbuhan anak. Susu tinggi akan kandungan kalsium dan protein, yang membantu pertumbuhan tulang dan juga meningkatkan kekuatan. Tidak heran jika setiap pagi pasti akan ada segelas susu untuk mengawali hari anak sebelum memulai aktivitas.

Hal ini juga berlaku untuk produk berbasis susu, salah satunya adalah yoghurt yang padat nutrisi dan merupakan sumber protein, kalsium, vitamin D, dan seng yang baik. Sebuah penelitian menunjukkan korelasi positif antara asupan probiotik, pertumbuhan, dan perkembangan pada anak-anak kurang gizi. 

Sayuran Berdaun Hijau

Makanan penambah tinggi badan anak
Bayam, makanan penambah tinggi badan/Foto: Freepik.com/Racool_studio

Sayuran berdaun hijau tidak hanya memberi anak-anak kekuatan, tapi juga mengandung kalsium dalam jumlah yang cukup. Kalsium dalam sayuran berdaun hijau akan menyeimbangkan resorpsi tulang dan deposisi tulang. Pada anak-anak dan remaja, pembentukan tulang lebih dari sekadar resorpsi, yang mendukung pertumbuhan tulang.

Salah satu sayuran berdaun hijau adalah bayam, yang kaya akan kandungan zat besi. Setiap 180 gram bayam mengandung 6,43 miligram zat besi. Sayuran berdaun hijau bisa ditambahkan ke dalam sup atau pasta.

Ayam

Makanan penambah tinggi badan anak
Ayam, makanan penambah tinggi badan/Freepik.com/timolina

Selain tinggi akan kandungan protein, ayam juga tinggi akan kandungan vitamin B12, vitamin penting yang larut dalam air untuk menjaga tinggi badan anak dan membantu tumbuh lebih tinggi. Kandungan lain yang ada dalam ayam adalah taurin dan asam amino yang bertanggung jawab untuk mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang. 

Ubi Jalar

Makanan penambah tinggi badan anak
Ubi jalar, makanan penambah tinggi badan anak/Foto: Freepik.com/

Ubi jalar kaya akan vitamin A yang dapat meningkatkan kesehatan tulang dan membantu anak tumbuh lebih tinggi. Makanan penambah tinggi ini memiliki serat tidak larut dan larut, yang meningkatkan kesehatan pencernaan dan mendorong pertumbuhan bakteri usus yang baik.

Dengan menjaga mikrobioma usus yang yang sehat, dapat meningkatkan penyerapan nutrisi untuk memastikan bahwa anak mendapatkan vitamin dan mineral yang anak butuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan. Ubi jalar juga dikemas dengan nutrisi penting lainnya, seperti potasium, vitamin C, mangan, dan vitamin B6.

Quinoa

Makanan penambah tinggi badan anak
Quinoa, makanan penambah tinggi anak/Foto: Freepik.com/pixel-shot.com

Quinoa merupakan salah satu dari sedikit makanan nabati yang dianggap sebagai protein lengkap, mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh anak. Quinoa juga merupakan sumber magnesium, elemen penting jaringan tulang yang dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang. Seporsi quinoa mengandung dosis mangan, fosfor, dan folat yang sehat, semuanya penting untuk kesehatan tulang.

Nutrisi memainkan peran penting dalam perkembangan dan pertumbuhan yang tepat. Tapi, pastikan juga anak-anak berpartisipasi dalam kegiatan olahraga untuk perkembangan lebih lanjut.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id