STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Pengaruhi Kecerdasan, Ini 4 Gejala Awal Penyakit Alzheimer yang Jarang Disadari

Aqida Widya Kusmutiarani | Beautynesia
Rabu, 04 May 2022 12:30 WIB
Pengaruhi Kecerdasan, Ini 4 Gejala Awal Penyakit Alzheimer yang Jarang Disadari

Kamu sering merasa mudah lupa? Well, kondisi ini memang terlihat normal dan pasti dialami setiap orang. Namun, jangan salah, mudah lupa bisa menjadi gejala awal adanya masalah pada otak. Salah satunya adalah penyakit alzheimer. 

Dilansir dari Mayo Clinic, penyakit alzheimer merupakan salah satu jenis demensia yang menyerang lansia. Penyakit ini disebabkan oleh gangguan fungi protein otak. Dampak yang ditimbulkan dari alzheimer cukup fatal, lho. Salah satunya menurunkan kecerdasan

Sayangnya, masih banyak orang yang nggak mengenali gejala awal alzheimer sehingga ketika diperiksa kondisinya sudah cukup serius. Yuk, kenali gejala awal alzheimer yang jarang diketahui berikut ini seperti yang dilansir dari Alzheimer's Association. 

Mudah Lupa

Penderita alzheimer mudah lupa
penyakit alzheimer/Foto: pexels.com/Gerd Altmann

Apakah kamu sering lupa tanggal, nama orang, padahal sering ketemu, dan informasi yang baru saja diterima? Sering mengulang cerita yang sama dalam suatu percakapan? Jika iya, kamu patut waspada ini bisa menjadi gejala awal alzheimer. 

Sebab, penderita alzheimer sering kali merasa lupa, bahkan untuk hal-hal kecil sekalipun. Lalu, apa bedanya dengan lupa normal? 

Kamu bisa mengetahuinya dari frekuensinya. Penderita alzheimer memiliki frekuensi lupa yang sangat tinggi dibandingkan lupa normal. 

Susah Fokus

Susah fokus merupakan gejala awal Alzheimer
Alzheimer/Foto: pexels.com/Anna Shvets

Penderita alzheimer juga menunjukkan gejala awal, seperti susah fokus. Kondisi ini membuatnya sulit menjalani aktivitas sehari-hari, seperti memasak, menelepon, dan melakukan perhitungan sederhana. Akibatnya, penderita alzheimer membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengerjakan suatu pekerjaan. 

Sulit Melakukan Kegiatan yang Familiar

gejala awal Alzheimer
gejala alzheimer/Foto: pexels.com/SHVETS production

Normalnya, orang akan lebih mudah melakukan kegiatan yang sudah biasa dilakukannya. Hal ini justru berbeda dengan penderita Alzheimer. 

Mereka cenderung sulit melakukan kegiatan familiar atau yang biasa dikerjakan sehari-hari. Misalnya, bingung bagaimana cara menghidupkan microwave, menyetir mobil, dan kegiatan sehari-hari lainnya. 

Menaruh Barang Sembarangan

penderita Alzheimer sering menaruh barang sembarangan
gangguan pada otak/Foto: pexels.com/Cottonbro

Gejala awal dari alzheimer yang jarang diketahui orang berikutnya adalah sering menaruh barang sembarangan atau nggak pada tempatnya. Tak jarang, penderita penyakit ini sering menuduh orang lain mencuri atau menyembunyikan barang miliknya. 

Gangguan Berkomunikasi

alzheimer sulit berkomunikasi
gejala-gejala alzheimer/Foto: pexels.com/Tirachard Kumtanom

Selain sering menaruh barang sembarangan, penderita alzheimer juga mengalami gangguan berkomunikasi. Biasanya, mereka sulit berbicara dan mencari kata yang tepat. Misalnya, tiba-tiba berhenti di tengah-tengah percakapan dan bingung saat harus melanjutkannya. 

Beauties, itu dia beberapa gejala awal penyakit alzheimer yang sering nggak disadari orang. Jika kamu atau orang terdekatmu ada yang menunjukkan gejala-gejala seperti yang disebutkan di atas, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Dengan begitu, dokter bisa segera memberikan perawatan yang tepat sebelum gejala alzheimer semakin memburuk dan membuat kecerdasanmu menurun perlahan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE