sign up SIGN UP

Saat Perut Kembung, 6 Jenis Makanan Ini Perlu Dihindari karena Cuma Bikin Makin Parah!

Rizqa Fitriana | Beautynesia
Sabtu, 07 May 2022 17:30 WIB
Saat Perut Kembung, 6 Jenis Makanan Ini Perlu Dihindari karena Cuma Bikin Makin Parah!
caption

Perut kembung terjadi karena menumpuknya gas di lambung sehingga menyebabkan pembengkakan dan rasa tidak nyaman di perut. Penyebab perut kembung bisa beragam, seperti minum dengan sedotan, makan terburu-buru, berbaring setelah makan, serta intoleransi dari makanan yang kamu konsumsi.

Beauties, buat kamu yang lagi mengalami perut kembung, beberapa makanan ini harus kamu hindari dulu biar perut kembungmu nggak makin parah. Apa saja, simak yuk!

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan/ Foto: freepik.com/ FreepikKacang-kacangan/ Foto: freepik.com/ Freepik

Dikutip dari detikHealth, walau kaya protein, serat, karbohidrat, vitamin dan mineral, kacang dapat mengakibatkan perut kembung. Hal ini karena sebagian besar kacang mengandung gula yang disebut FODMAP.

Untuk mereka yang sehat, hal ini bukanlah sebuah masalah. Tapi berbeda untuk mereka yang memiliki sindrom iritasi usus besar, jenis gas lain yang terbentuk selama proses fermentasi ini dapat menyebabkan perut jadi tidak nyaman, seperti kembut, kram, sampai diare.

2. Susu dan Produk Olahannya 

Susu dan produk olahannya/ Foto: freepik.com/ Azerbaijan_stockers
Susu dan produk olahannya/ Foto: freepik.com/ Azerbaijan_stockers

Susu memang dikenal baik mengandung nutrisi seperti protein untuk pembentukan otot dan kalsium untuk kepadatan tulang. Namun, mengonsumsi produk susu bisa menyebabkan kembung bagi orang yang menderita intoleransi laktosa, yaitu ketidakmampuan tubuh mencerna gula dari susu.

3. Sayuran Cruciferous

Sayuran cruciferous/ Foto: unsplash.com/ Christophe Dion
Sayuran cruciferous/ Foto: unsplash.com/ Christophe Dion

Sayuran cruciferous seperti kembang kol, brokoli, kubis, dan lainnya yang juga bisa menyebabkan kembung. Sayuran ini mengandung FODMAP (Fermentable Oligo-Di-Monosaccharides and Polyols) yaitu gula yang  sulit dicerna usus besar sehingga menyebabkan gas berlebih.

4. Gandum

Tepung gandum/ Foto: unsplash.com/ Immo Wegmann
Tepung gandum/ Foto: unsplash.com/ Immo Wegmann

Hampir semua makanan yang beredar di pasaran terbuat dari gandum. Makanan seperti pasta, mie, pizza, biskuit, dan pancake berbahan dasar tepung gandum atau terigu. 

Mengutip detikHealth, gandum mengandung gluten yang menyebabkan masalah pencernaan dan kembung bagi orang yang menderita sensitivitas gluten.

5. Bawang

Bawang/ Foto: freepik.com/ Freepik
Bawang/ Foto: freepik.com/ Freepik

Dikutip dari Healthline, bawang menyebabkan kembung karena mengandung fruktan. Fruktan merupakan serat larut yang dapat menyebabkan kembung, yang terdapat pada bawang merah, bombay, bawang putih dan juga daun bawang.

Walaupun biasanya bawang hanya dimakan dengan persentase kecil dalam masakan, tapi tetap bisa menyebabkan perut tidak nyaman.

6. Makanan Tinggi Garam

Makanan tinggi garam/ Foto: pexels.com/ Caleb OquendoMakanan tinggi garam/ Foto: pexels.com/ Caleb Oquendo

Secara tidak sadar, makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari merupakan makanan yang tinggi garam. Makanan cepat saji misalnya pizza, burger, dan makanan kalengan menyimpan garam terselubung.

Dikutip dari detikFood, konsumsi garam berlebih membuat kembung karena tubuh akan menahan cairan lebih banyak dan menyebabkan begah.

Nah, itu dia daftar makanan yang harus kamu hindari kalau nggak mau perut kamu tambah kembung. Sebagai alternatifnya, kamu bisa mengkonsumsi makanan yang ramah untuk perut seperti mentimun, kunyit, pisang dan semangka. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id