sign up SIGN UP

LIFE

3 Jenis Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah, Karena PPKM Resmi Diperpanjang

Ayuliy Lestari | Rabu, 21 Jul 2021 16:00 WIB
3 Jenis Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah, Karena PPKM Resmi Diperpanjang
caption

Beauties, olahraga adalah sebuah kegiatan yang harus dilakukan setidaknya seminggu tiga kali agar tubuh tetap bugar dan sehat. Nah, karena warga diimbau untuk mengikuti Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat sehingga tidak memungkinkan berolahraga di luar ruangan, kamu bisa memilih jenis olahraga yang bisa dilakukan sendiri dirumah.

Yups, diikutip dari detikNews, salah satu poin aturan PPKM Darurat yaitu kegiatan seni budaya, olahraga, dan sosial kemasyarakatan di lokasi seni, budaya, sarana olahraga dan kegiatan sosial yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan ditutup sementara. Meskipun demikian kamu tetap perlu berolahraga untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Olahraga di dalam rumah bahkan jauh lebih menyenangkan karena kamu bisa melakukannya tanpa mengeluarkan banyak biaya, mendapatkan kenyamanan ekstra tanpa takut kepanasan, kehujanan dan meminimalisir interaksi dengan orang lain sehingga lebih fokus.

Olahraga apa aja sih yang cocok dilakukan di rumah sekaligus mampu meningkatkan sistem imun? Simak yuk!

1. Olahraga Kardio

Olahraga di rumah
Olahraga di rumah/Foto: Unsplash.com/Brunonascimento

Dikutip dari Healthline, olahraga kardio atau olahraga kardiovaskular bertujuan untuk melatih jantung, paru-paru dan sistem peredaran darah. Kamu pun pasti sudah tidak asing dengan olahraga kardio. Yups, lompat tali, jumping, naik turun tangga merupakan beberapa di antaranya yang sangat mudah untuk dilakukan di rumah. Kamu juga bisa lari-lari kecil di sekitar rumah atau lari ditempat agar tubuh tersentuh olahraga.

2. Usir Stres dengan Senam

Olahraga di rumah
Olahraga di rumah/Foto: Unsplash.com/Emilysea

Senam dengan berbagai kombinasi gerakan sangat baik untuk menambah kebugaran serta meningkatkan energi tubuh. Selain itu, gerakan senam yang energik dengan diiringi lagu juga ampuh mengusir stres, Beauties.

Dikutip dari Gymnastic Victoria, mengikuti latihan senam secara teratur bisa menurunkan risiko masalah kesehatan, seperti asma, obesitas, diabetes, penyakit jantung dan kanker. So, kamu bisa mengisi kegiatan di rumah selama PPKM dengan senam agar tubuh menjadi lebih sehat dan tak mudah stres.

3. Olahraga dan Meditasi Melalui Yoga

Olahraga di rumah
Olahraga di rumah/Foto: Usplash.com/Danewetton

Yoga dikenal sebagai salah satu meditasi kuno bahkan saat ini, yoga telah menjadi olahraga yang dinilai mampu memberikan banyak manfaat kesehatan secara fisik maupun mental. Manfaat yoga bagi kesehatan bahkan berlaku untuk segala usia.

Yoga memang butuh dipelajari dengan cermat namun bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan, gerakan-gerakan dasar yoga bahkan bisa dipelajari dengan cepat. Selain baik untuk kebugaran tubuh dan meningkatkan imun, yoga juga ampuh untuk menenangkan pikiran. Pikiran yang tenang juga penting untuk menjaga kesehatan, Beauties.

Itulah 3 jenis olahraga yang perlu kamu lakukan selama PPKM Darurat. Yuk gerak, supaya fisik dan psikis tetap sehat.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id