sign up SIGN UP

LIFE

Ternyata Manusia Diciptakan untuk Senang Mendapat Sentuhan dan Pelukan, Ini Alasannya

tjitradewi | Rabu, 21 Jul 2021 19:15 WIB
Ternyata Manusia Diciptakan untuk Senang Mendapat Sentuhan dan Pelukan, Ini Alasannya
caption

Berkumpul dengan keluarga, teman, maupun sahabat, bercengkrama lalu saling berangkulan memang terasa menyenangkan. Mendapat pelukan dari orang terkasih di ujung hari yang melelahkan juga membuat hati hangat dan bahagia. Lalu, mengapa sebuah sentuhan dan pelukan bisa membuat kita nyaman dan bahagia?

Ternyata, tubuh kita didesain untuk merespons sentuhan, bukan hanya merespons rangsangan dari lingkungan di sekitar kita, seperti suara, bau, rasa, dan cahaya. Kita ternyata memiliki jaringan saraf di kulit yang mampu mendeteksi dan merespons sentuhan dari orang lain secara emosional, tak sekadar indrawi saja.

Ahli syaraf dari University of Gothenberg, Swedia, Helena Wasling, menjelaskan bahwa jaringan saraf itu disebut dengan C tactile atau disingkat CT. Ia telah mempelajari hubungan CT dengan emosi selama lebih dari sepuluh tahun.

Sentuhan kecil bisa berarti mendalam bagi seseorang
Sentuhan kecil bisa berarti mendalam bagi seseorang/ Foto: Pexels/ SHVETS productions

Dalam TEDxGöteborg Talk, Wasling menjelaskan bahwa CT bisa menangkap tiga hal, yakni sentuhan ringan, gerakan lembut, dan suhu yang berkisar di angka 32 derajat Celsius, yakni sama dengan suhu kulit manusia. Dengan demikian, CT merupakan jaringan saraf yang sangat sensitif terhadap sentuhan lembut dari orang lain.

Dilansir dari TED, CT tak hanya mengirim sinyal ke otak bahwa kita sedang disentuh, namun jaringan ini mengirim sinyal yang masuk jauh ke dalam otak yang memproses sensasi fisik, di mana bagian ini berperan terhadap pengontrolan emosi. 

Sementara itu psikolog asal New York Guy Winch mengatakan, sentuhan merupakan suatu hal yang kita kaitkan dengan kedekatan emosional. Saat kita tak mendapatkannya, kita merasa memiliki jarak emosi dengan orang lain.

Ia menjelaskan bahwa kehidupan sebelum pandemi ada banyak sentuhan kecil yang kita dapat sepanjang hari, mulai dari jabat tangan, rangkulan, hingga pelukan dari teman. Sentuhan dan pelukan inilah yang membuat kita terkoneksi secara emosi dengan orang lain.

Sentuhan dan pelukan membuat kita terkoneksi dengan orang lain
Sentuhan dan pelukan membuat kita terkoneksi dengan orang lain/ Foto: Pexels/Elina

Pelukan merupakan salah satu bentuk sentuhan yang sangat disukai manusia. Winch mengatakan bahwa pelukan memberikan efek menenangkan dan menyenangkan bagi tubuh. 

"Ketika seseorang menangis dan kita memeluknya, kita melakukannya agar orang itu mendapat kenyamanan, namun biasanya mereka akan menangis lebih kencang. Seseorang biasanya akan menahan emosi hingga seseorang datang memeluknya, tak lama mereka akan menumpahkan semua emosinya karena pelukan melambangkan keamanan, dan karena kedekatan itulah kita jadi mempercayai orang tersebut," jelas Winch.

Ternyata sebuah sentuhan dan pelukan bisa bermakna besar bagi seseorang ya, Beauties. Buat kamu yang masih memiliki seseorang untuk dipeluk di rumah, jangan lupa untuk terus melakukannya, ya! Karena manfaat pelukan salah satunya bisa membuat kamu sehat, lho.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id