sign up SIGN UP

Bisa Dideteksi Sejak Kecil, Ini 5 Tanda Anak yang Memiliki Kepribadian Introvert!

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Minggu, 15 May 2022 12:30 WIB
Bisa Dideteksi Sejak Kecil, Ini 5 Tanda Anak yang Memiliki Kepribadian Introvert!
Penasaran apakah seorang anak memiliki kepribadian introvert? Cocokkan kebiasaannya dengan tanda-tanda berikut! (Foto: Pexels/Bess Hamiti)
Jakarta -

Introvert kerap diidentikkan dengan sebuah aspek minus pada diri seseorang. Padahal ini tidak benar. Kita perlu membangun masyarakat yang sadar bahwa perbedaan introvert ataupun ektrovert senormal bedanya orang berambut pirang dan hitam. It's all about diversity, Beauties!

Kita juga perlu memberi tahu pada introvert manapun bahwa tidak ada yang salah dengan menjadi diri mereka sendiri, bahkan sejak dini. Karena, ya, kecenderungan untuk menjadi introvert sudah tampak sejak usia anak-anak. Berikut tanda-tandanya, dilansir dari Introvert Dear!

Kepribadian yang Sulit Ditebak

Anak introvert memiliki kepribadiaan yang sulit ditebak/Foto: Pexels/Sharon McCutcheon
Anak introvert memiliki kepribadiaan yang sulit ditebak/Foto: Pexels/Sharon McCutcheon

Sulit untuk menebak kepribadian sesungguhnya dari seorang introvert, baik dewasa maupun anak-anak karena mereka butuh waktu yang lebih lama untuk bersikap terbuka kepada orang baru.

Topik yang mereka bicarakan pun biasanya bertujuan untuk mengenali sisi terdalam, baik dari dirinya sendiri maupun lawan bicaranya.

Dunia Kebatinan yang Kuat

Dunia batin atau yang biasa dikenal juga dengan istilah inner world adalah sesuatu di dalam diri setiap individu (batin) yang sangat pribadi dan memengaruhi cara seseorang untuk berimajinasi serta bereaksi terhadap dunia nyata.

Semua orang memiliki inner world-nya masing-masing. Namun, seorang anak introvert lebih mengandalkan dukungan dari dunia pribadi alias dirinya sendiri daripada orang-orang di dunia nyata sehingga inner world mereka lebih kuat.

Anak introvert sangat ingin tahu/Foto: Pexels/Tuấn Kiệt Jr.
Anak introvert sangat ingin tahu/Foto: Pexels/Tuấn Kiệt Jr.

Penuh Rasa Ingin Tahu dan Bijaksana

Memiliki watak pendiam tidak menghalangi seorang anak introvert untuk mempertanyakan misteri yang ingin mereka ketahui tentang dunia dan kehidupan.

Tidak mengherankan jika level kreativitas, cara menyelesaikan masalah, hingga kebijaksanaan mereka biasanya jauh lebih tinggi dibandingkan anak-anak seusianya.

Mengamati Dulu, Baru Bertindak

Anak introvert sangat mudah dikenali ketika berada di tengah keramaian karena mereka cenderung menempatkan diri sebagai penonton daripada ikut berpartisipasi dan menjadi pusat perhatian.

Hal tersebut bukan dikarenakan oleh rasa takut, melainkan kebiasaan introvert untuk mengamati terlebih dulu sebelum mengambil tindakan. Mereka membutuhkan waktu untuk bersiap secara mental sebelum bersosialisasi.

Mengambil Tindakan Berdasarkan Penilaian Pribadi

Anak introvert bertindak sesuai penilaiannya sendiri/Foto: Pexels/Naomi Shi
Anak introvert bertindak sesuai penilaiannya sendiri/Foto: Pexels/Naomi Shi

Latah dan mengambil keputusan sesuai dengan pendapat publik bukanlah gaya seorang introvert, bahkan ketika mereka masih anak-anak mereka akan memutuskan sesuatu sesuai standarnya sendiri.

Mereka akan memilih hal-hal yang sesuai dengan selera mereka tanpa merasa perlu untuk mencoba mencocokkan dengan pendapat yang populer di kalangan lingkungan sosial tempatnya berada.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id