STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Lebih Sayangi Dirimu, Berikut 8 Cara untuk Mulai Berhenti Meragukan Diri Sendiri

Diyah Ma'rifathul Wulandinii | Beautynesia
Selasa, 08 Nov 2022 06:15 WIB
Lebih Sayangi Dirimu, Berikut 8 Cara untuk Mulai Berhenti Meragukan Diri Sendiri

Meragukan diri adalah hal yang hampir pernah dialami oleh setiap orang dalam proses menuju dewasa. Kebimbangan yang terus berdatangan di tengah cepatnya proses hidup tidak jarang membuat kepercayaan diri mengikis.

Hal ini tentu kurang baik untuk kesehatan mental kita, Beauties. Dalam menjalani kesibukan setiap harinya diperlukan kepercayaan pada diri sendiri agar setiap urusan dapat terselesaikan dengan mudah. Penghambat kepercayaan diri ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti trauma masa lalu atau kurangnya dukungan di lingkungan.

Mulai sayangi dirimu dengan menaruh kepercayaan secara tepat, yuk! Dikutip dari Very Well Mind, berikut 8 cara yang bisa dicoba untuk mulai berhenti meragukan diri sendiri.

Buat Jurnal

Merekam emosi dan kejadian baik atau buruk yang dialami setiap harinya dalam jurnal akan membantumu melakukan pelacakan mengenai hal baik dan buruk apa yang harus dipertahankan. Dari sini kamu akan mengerti dari mana harus mulai menumbuhkan kepercayaan diri.

Refleksi Diri

Menghindari meragukan diri dapat membantu melatih kesehatan mental.
Mengindari meragukan diri/foto: freepik.com/jcomp

Berbicara pada diri sendiri merupakan salah satu terapi kesehatan mental, Beauties. Melalui cara ini kamu akan mengajak diri berdialog untuk menemukan hal-hal realistis yang bisa membantumu membangun kepercayaan diri.

Berlatih Simpati 

Latihlah bersimpati pada diri sendiri untuk mulai menyingkirkan perasaan ragu. Ini akan membantumu mengerti bahwa kamu terlahir sebagai manusia dengan kelebihan dan kekurangan yang istimewa, sehingga tidak perlu ada yang dirisaukan.

Temui Orang-orang dengan Energi Positif

Salah satu cara memperbaiki kondisi kesehatan mental adalah dengan bertemu orang-orang positif.
Mengindari meragukan diri/foto: freepik.com/tirachardz

Orang-orang dengan energi positif sangat berhasil menularkan vibrasi baik untuk kesehatan mentalmu, Beauties. Kebiasaan-kebiasaan baiknya akan menularkan angin segar untukmu belajar dan tumbuh bersama pengalaman yang mereka bagikan sekaligus kamu pelajari.

Meditasi

Meditasi dapat membantu mengelola stresIlustrasi meditasi/Foto: Freepik

Meditasi di pagi atau sore hari secara perlahan dapat memerangi keraguan dalam diri. Membuat tubuh dan pikiran lebih rileks akan sangat membantu mempersiapkan jiwamu menerima energi-energi positif di sekitar yang mungkin sempat terhambat akibat perasaan gelisah.

Cari Bantuan Tenaga Profesional

Cerita ke psikolog/Freepik of tirachardzIlustrasi/Foto: Freepik/tirachardz

Kamu bisa menemui tenaga profesional, seperti psikolog atau psikiater sesuai kebutuhanmu untuk membantu memulihkan energi positif. Berkonsultasi langsung dengan ahlinya mampu membuatmu jauh lebih tenang, kok.

Mulai Merawat Diri

Biasakan untuk konsisten merawat diri, Beauties. Baik dari skincare atau mulai belajar makeup  sangat membantu untuk menambah kepercayaan diri. Perasaan senang yang tumbuh akan memancarkan energi positifmu keluar dan terlihat jauh lebih segar sekaligus menyenangkan.

Orientasi ke Depan

Berhenti meragukan diri sendiri dapat dilakukan dengan mulai berorientasi pada masa depan.
Mengindari meragukan diri/foto: freepik.com/pch_vector

Terus meragukan diri sendiri bisa membuatmu berhenti di satu titik, padahal kehidupan terus berjalan. Kemauan untuk bangkit dengan segala macam upaya untuk menambah wawasan dan pengalaman juga menjadi salah satu cara yang tidak kalah berhasil.

Menumbuhkan kepercayaan diri sangat diperlukan, apalagi ketika ingin memastikan kesehatan mentalmu terus dalam kondisi baik. Hindari menyiksa diri dengan pemikiranmu sendiri, ya. Perlu diingat bahwa setiap perempuan selalu cantik dengan versi mereka sendiri.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE