STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

5 Jus yang Bisa Bantu Turunkan Kadar Kolesterol, Mudah Dibuat dan Lezat!

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Senin, 21 Nov 2022 07:30 WIB
5 Jus yang Bisa Bantu Turunkan Kadar Kolesterol, Mudah Dibuat dan Lezat!
Ilustrasi jus (Foto: Pexels/Polina Tankilevitch)

Dalam jumlah yang normal, kolesterol adalah sejenis lemak yang berguna bagi tubuh. Namun, seperti yang telah diketahui, kolesterol berlebih dapat menjadi faktor yang berkontribusi besar dalam timbulnya penyakit jantung, stroke, hingga aterosklerosis.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kestabilan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, mulai dari olahraga atau mengonsumsi makanan yang dapat menurunkan kolesterol. Dilansir dari berbagai sumber, selain makanan, terdapat pula jus yang bisa diminum untuk menurunkan tingkat kolesterol di dalam darah.

Jus Alpukat

Dalam sebuah penelitian di Instituto Mexicano del Seguro Social, Mexico, yang dilakukan pada sekelompok perempuan dan pria yang masing-masing mengonsumsi satu buah alpukat dalam sehari selama seminggu, ditemukan penurunan tingkat kolesterol hingga 17 persen.

Ilustrasi jus (Foto: Unsplash/Alex Lvrs)
Ilustrasi jus (Foto: Unsplash/Alex Lvrs)

Detail luar biasa lainnya adalah ketika kolesterol jahat dan trigliserida menurun, angka kolesterol baik justru meningkat. Hal ini mungkin disebabkan oleh kadar lemak tak jenuh tunggal yang tinggi pada buah yang juga kaya akan beta-sitosterol pemangkas kolesterol ini.

Jus Beri-berian

Ilustrasi jus (Foto: Pexels/Lisa Fotios)
Ilustrasi jus (Foto: Pexels/Lisa Fotios)

Beri-berian mengandung jumlah antioksidan dan serat yang tinggi sehingga dapat membantu mengurangi penumpukan kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Selain bisa dimakan secara langsung, beri-berian juga bisa dikonsumsi dalam bentuk jus.

Menurut Edwin Frankel, Ph.D., di antara banyaknya jenis beri-berian, blackberry memiliki efek penghambat LDL yang paling baik, disusul kemudian oleh rasberi merah, ceri, bluberi, dan stroberi.

Jus Jeruk

Jus jeruk tanpa gula juga merupakan salah satu minuman yang dapat menurunkan tingkat kolesterol. Selain itu, jus jeruk juga dikenal kaya akan mineral dan vitamin sehingga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Ilustrasi jus (Foto: Pexels/PhotoMIX Company)
Ilustrasi jus (Foto: Pexels/PhotoMIX Company)

Jus jeruk sangat direkomendasikan untuk orang yang memiliki kolesterol tinggi karena bebas dari kandungan lemak dan sodium. Meminum jus jeruk dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat di dalam tubuh.

Jus Apel

Ilustrasi jus (Foto: Pexels/Abdulrhman Alkady)
Ilustrasi jus (Foto: Pexels/Abdulrhman Alkady)

Apel adalah buah yang mengandung banyak komponen bermanfaat bagi tubuh, mulai dari pektin, sejenis serat yang mudah larut dan berguna untuk membersihkan saluran arteri dan menurunkan tingkat kolesterol.

Dalam uji coba pada manusia, ditemukan fakta bahwa mengonsumsi 2 hingga 3 apel berukuran medium dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat sebanyak 7 persen dan meningkatkan kadar kolesterol baik hingga 12 persen.

Jus Tomat

Jus tomat juga terbilang cukup efektif menurunkan tingkat kolesterol karena adanya kandungan senyawa likopen yang dapat meningkatkan kadar lipid dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Bahkan, menurut penelitian, mengolah tomat menjadi jus dapat meningkatkan kadar likopennya.

Ilustrasi jus (Foto: Unsplash/Joanna Kosinska)
Ilustrasi jus (Foto: Unsplash/Joanna Kosinska)

Memasak tomat selama 30 menit lebih lama juga dapat meningkatkan kadar likopen di dalamnya. Sementara itu, ¼ cangkir tomat yang dikeringkan mengandung lebih banyak potasium yang dapat menurunkan tekanan darah dibandingkan dengan pisang berukuran sedang.

Jus Wortel

Ilustrasi jus (Foto: Pexels/Louis Hansel)
Ilustrasi jus (Foto: Pexels/Louis Hansel)

Tidak hanya baik untuk kesehatan mata, mengonsumsi jus wortel juga dapat membantu menjaga kestabilan kadar kolesterol di dalam darah karena kandungan potasium yang tinggi di dalam buah berwarna oranye ini.

Senyawa potasium berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, memecah karbohidrat, serta memproduksi protein. Agar terasa lebih segar, jus wortel bisa dikonsumsi dengan tambahan buah-buahan favorit.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE