STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

5 Rekomendasi Buah yang Aman dan Cocok Dikonsumsi para Penderita Diabetes di Usia Muda

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Kamis, 10 Nov 2022 06:45 WIB
5 Rekomendasi Buah yang Aman dan Cocok Dikonsumsi para Penderita Diabetes di Usia Muda
Buah yang Cocok Dikonsumsi Para Penderita Diabetes di Usia Muda/Foto: Freepik.com/Jcomp

Diabetes merupakan penyakit berbahaya yang tidak memandang usia. Bahkan saat ini, penyakit diabetes marak menyerang para kalangan muda lho! Baik itu disebabkan karena gen, pola hidup, maupun pola makan.

Ciri-ciri seseorang mengidap penyakit diabetes diantaranya sering buang air kecil terutama di malam hari, rasa haus yang berlebih, berat badan turun, penglihatan kabur, infeksi luka, hingga peradangan gusi. Ciri-ciri tersebut juga merupakan ciri-ciri diabetes di usia muda. Menyeramkan sekali, bukan?

Maka dari itu, kita harus menjaga kesehatan mulai dari memperhatikan hal-hal kecil seperti pola makan, seperti dengan mengonsumsi buah. Nah, bagi para penderita diabetes terutama usia muda, terdapat beragam buah-buahan yang cocok untuk dikonsumsi dan memiliki beragam manfaat lho!

Dilansir dari detikFood, ini dia deretan buah untuk penderita diabetes di usia muda. Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini!

1. Jeruk

Jeruk
Jeruk/Foto: Freepik.com/Azerbaijan_Stockers

Jeruk merupakan buah yang cocok dikonsumsi penderita diabetes di usia muda. Sebab, jeruk kaya akan vitamin C yang tidak meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Jeruk juga hanya mengandung 12 gram gula dan 70 kalori. Selain itu, jeruk mengandung kalium dan asam folat yang dapat membantu menetralkan tekanan darah kamu lho!

2. Apel

Apel
Apel/Foto: Freepik.com/Azerbaijan_Stockers

Apel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Satu buah apel utuh hanya mengandung 19 gram gula. Apel juga kaya akan serat makanan dan vitamin C.

Harus kamu perhatikan, jika ingin makan apel jangan membuang kulit buah apel ya, Beauties. Sebab, menurut Harvard T.H. di Chan School of Public Health, kulit apel merupakan salah satu bagian yang paling bergizi dengan tambahan serat pelindung jantung dan antioksidan.

3. Alpukat

Alpukat
Alpukat/Foto: Freepik.com/Dashu83

Alpukat adalah buah yang bergizi. Alpukat secara alami rendah gula, sehingga cocok untuk penderita diabetes.

Alpukat hanya mengandung sekitar 1 gram gula. Mengonsumsi buah ini juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh serta melindungi jantung dari penyakit berbahaya.

4. Bluberi

Bluberi
Bluberi/Foto: Freepik.com/Racool_Studio

Dilansir dari Eat This Not That!, satu cangkir bluberi memiliki 80 kalori, 20 gram karbohidrat dan 3 gram serat. Bluberi merupakan sumber vitamin C yang bagus.

Buah yang satu ini juga menyediakan vitamin K yang membantu mengatur pembekuan darah serta metabolisme tulang. Bluberi kaya akan fitonutrien yang disebut polifenol.

5. Semangka

Semangka
Semangka/Foto: Freepik.com/KamranAydinov

Semangka mengandung lebih banyak fitonutrien likopen dibandingkan buah dan sayuran segar lainnya. Likopen telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah pada orang dengan prehipertensi atau tekanan darah tinggi.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa asupan likopen yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko kanker prostat yang lebih rendah. Bagaimana menurut kamu para pecinta semangka?

Nah, itu dia deretan buah yang cocok dikonsumsi para penderita diabetes di usia muda. Buah memang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Ayo rajin makan buah, Beauties. Semoga bermanfaat!

_____________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE