sign up SIGN UP

5 Minuman Ini Ternyata Perlu Dihindari Saat Sore Hari, Termasuk Smoothies! Lho, Kenapa?

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Minggu, 08 May 2022 11:00 WIB
5 Minuman Ini Ternyata Perlu Dihindari Saat Sore Hari, Termasuk Smoothies! Lho, Kenapa?
caption

Beauties, di sore hari tentu tubuh sudah cukup menguras energi untuk beraktivitas seharian. Saat lelah mengonsumsi minuman dingin tentu akan terasa sangat menyegarkan.

Namun hati-hati, karena ternyata terdapat deretan minuman yang justru dapat membuat tubuh kamu terasa semakin lelah dan tidak bersemangat, salah satunya minuman jenis kopi, lho! Lalu deretan minuman apa saja yang bikin lelah?

Nah, dilansir dari detikFood, sebaiknya hindari deretan minuman berikut ini agar tubuh tetap semangat. Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Kopi Manis

Kopi Manis
Kopi Manis/Foto: Freepik.com/Freepik

Minuman saat sore yang sebaiknya dihindari pertama yaitu kopi manis. Kopi mengandung kafein tinggi yang dapat meningkatkan energi.

Namun, kopi dengan beragam campuran manis justru membuat tubuh semakin lelah, sehingga kamu perlu memperhatikan jenisnya. Menurut ahli diet Sydney Greene, saat mengonsumsi kopi super manis kemungkinan akan membuat kamu mengantuk setelah mengonsumsi gula dan kafein yang tinggi.

2. Minuman Soda dan Es Teh Manis

Minuman Soda dan Es Teh Manis
Minuman Soda dan Es Teh Manis/Foto: Freepik.com/Benzoix

Minuman soda memang menyegarkan, tapi dapat membuat tubuh semakin lelah. Sebab, memiliki kandungan gula yang tinggi.

Minum minuman manis seperti soda dan es teh dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Dikutip dari detikFood, jika ingin mengonsumsi teh lebih baik konsumsi teh telang atau thai tea dan deretan minuman lain yang dapat membuat kamu bersemangat terlebih jika ingin melakukan WFH di rumah.

Sebagai informasi, teh telang sendiri terbuat dari bunga telang yang dikeringkan dan baru diseduh dengan air hangat.

3. Smoothies

Smoothies
Smoothies/Foto: Freepik.com/Benzoix

Smoothies adalah minuman yang menyegarkan dan menyehatkan tubuh. Sebab, mengandung campuran berbagai buah dan sayuran.

Namun sebaiknya, kamu hindari smoothies saat lelah. Greene sebagai ahli diet menjelaskan bahwa smoothies mengandung gula alami yang berasal dari buah-buahan. Sedangkan buah dalam smoothies menyebabkan gula darah naik dan turun lebih cepat, hal ini membuat kelelahan, moody, dan kelaparan.

4. Minuman Berenergi

Minuman Bernutrisi
Minuman Berenergi/Foto: Freepik.com/Benzoix

Minuman berenergi pada umumnya dikemas dalam botol atau kaleng. Selain mengandung kafein, juga mengandung banyak gula.

Minuman ini dapat memiliki efek samping diantaranya tekanan darah tinggi, kualitas tidur yang buruk, kerusakan gigi. Menurut Ahli diet Sydney Greene, minuman bernutrisi dapat dengan cepat meningkatkan energi, namun nantinya kamu akan merasa lelah dalam waktu lama dan merasa sangat mengantuk.

5. Minuman Beralkohol

minum minuman beralkohol dapat menjadi penyebab pelupa semakin parahMinuman Beralkohol/Foto: freepik.com/jcomp/ Foto: Ramadhani Indah

Minuman beralkohol seperti bir, anggur dan whiskey harus dihindari agar tidak merasa kelelahan. Minuman beralkohol memiliki efek kantuk yang tinggi.

Jika diminum sebelum tidur, minuman ini akan membuat kamu kesulitan dan kurang tidur. Sebab, alkohol meningkatkan kadar epinefrin (hormon stres) dalam tubuh yang meningkatkan detak jantung, serta merangsang tubuh sehingga dapat membuat kamu terbangun di tengah malam.

Nah Beauties, itu dia deretan minuman yang sebaiknya jangan kamu konsumsi di sore hari karena dapat membuat kamu merasa lelah dan kehilangan semangat. Namun, jangan sampai tubuh kamu mengalami dehidrasi ya. Sebaiknya, konsumsi minuman yang dapat menambah semangat kamu dan konsumsi air putih yang cukup. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id