STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Berdiri Lama Bikin Pegal, Ini 3 Gerakan Olahraga Simpel Biar Kakimu Nggak Capek Lagi

Cica Rahmania | Beautynesia
Kamis, 27 Jan 2022 18:30 WIB
Berdiri Lama Bikin Pegal, Ini 3 Gerakan Olahraga Simpel Biar Kakimu Nggak Capek Lagi

Duduk terus menerus dalam waktu lama bukan ide yang bagus untuk kesehatan tubuh. Namun, berdiri terlalu lama juga menjadi hal yang sama dan memiliki efek sama buruk dengan duduk yang terlalu lama. Hal itu disampaikan oleh Jeff Brannigan, direktur program di Stretch*d, sebuah studio terapi peregangan di New York City.

Dikutip dari Everyday Health, Plantar fasciits  atau nyeri tumit akibat peradangan pada jaringan yang menghubungkan tulang tumit dan jari kaki adalah keluhan umum pada kaki di samping keluhan otot secara keseluruhan," jelas Melissa Prestipino, DPT, direktur klinis Therapeutics Unlimited, sebuah pusat terapi fisik di Sparta, New Jersey, Amerika Serikat.

Ditambah lagi, postur tubuh yang buruk ketika berdiri bisa memperparah efek dari terlalu lama berdiri itu sendiri, seperti membungkuk, menunduk, meregangkan bahu, atau memiringkan panggul ke depan. Postur tersebut dapat memberi tekanan ekstra pada otot punggung dan menyebabkan nyeri punggung bawah kronis.

Kabar baiknya, kita bisa menetralisir efek nyeri dari berdiri terlalu lama dengan gerakan olahraga. Dihimpun dari Everyday Health, ada beberapa gerakan yang bisa meregangkan rasa nyeri. Kayak gimana gerakannya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Di bawah ini adalah tiga peregangan spesifik yang direkomendasikan Prestipino untuk membantu meredakan ketegangan yang disebabkan oleh banyak berdiri. Tahan setiap peregangan selama 20 hingga 30 detik dan ulangi tiga kali di setiap sisi beberapa kali sehari untuk menuai manfaat penuh, katanya.

Gerakan Berdiri Menerjang Betis

lunging-calf-stretch

Berdiri berlebihan bisa menyebabkan kram di daerah betis. Untuk itu, kamu bisa melakukan gerakan ini untuk melenturkan otot betis. "Meregangkan betis juga meningkatkan sirkulasi darah pada otot-otot ini," kata Prestipino.

Caranya adalah dengan berdiri sekitar satu langkah dari dinding, letakkan kedua telapak tangan rata ke dinding, langkahkan kaki kiri ke belakang, dan tekuk lutut depan, sehingga kamu berada dalam posisi seperti ingin menyergap.

Jaga agar jari-jari kaki kamu mengarah ke depan dan dorong tumit kiri kamu ke tanah sampai kamu merasakan peregangan di sepanjang betis kiri kamu. Tahan, lalu ganti sisi.

Gerakan Standing Quad

Standing-Quad-Stretch

Menurut Prestipino, gerakan standing quad membantu menjaga otot paha depan tetap longgar dan fleksibel, sebab paha depan merupakan kelompok otot terbesar pada tubuh yang sangat penting untuk semua jenis gerakan, termasuk berjalan, joging, duduk, dan berdiri.

Seperti gerakan pertama, pada gerakan kedua ini kamu perlu bantuan dinding untuk keseimbangan. Pertama,  tendang kaki kanan ke arah pantat, lalu pegang bagian atas pergelangan kaki dengan tangan kanan.

Tarik pergelangan kaki kanan atau kaki depan ke arah bokong saat kamu mendorong pinggul ke depan, rasakan peregangan di sepanjang paha depan kanan. Kencangkan perut untuk menstabilkan panggul dan memastikan punggung tidak bungkuk. Tahan dan ulangi pada kaki lainnya.

Gerakan Fleksi Pinggang

seated-lumbar-flexion-stretch

Berdiri selama berjam-jam bisa menyebabkan ekstensor punggung kencang dan kelelahan, bahkan seringkali menyebabkan nyeri punggung bawah. "Gerakan fleksi pinggang saat duduk membantu meningkatkan fleksibilitas punggung bawah dan meningkatkan sirkulasi dan aliran darah ke otot tulang belakang bagian bawah, serta membantu mengurangi sesak," kata Prestipino kepada Everyday Health.

Namun, jika kamu memiliki riwayat herniasi lumbal atau syaraf kejepit, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum kamu mencoba gerakan ini.

Cara melakukannya adalah dengan duduk tegak di kursi dengan bahu digulung ke belakang dan kaki diletakkan rata di depan. Letakkan tangan di atas lutut dan perlahan-lahan geser tangan ke kaki sefleksibel yang kamu bisa.

Lipat paha untuk memanjangkan tulang belakang sepenuhnya, jaga agar dagu kamu menempel pada paha sehingga tulang belakang bagian atas melengkung.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE