sign up SIGN UP

Ini Waktu dan Cara Sarapan Ideal di Pagi Hari Menurut Ahli Gizi, Sudah Dilakukan Beauties?

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Minggu, 08 May 2022 07:30 WIB
Ini Waktu dan Cara Sarapan Ideal di Pagi Hari Menurut Ahli Gizi, Sudah Dilakukan Beauties?
caption

Tidak sedikit dari kita yang sering melewatkan waktu sarapan dengan beragam alasan. Diantaranya menunda sarapan karena takut terlambat pergi ke kantor atau sekolah, tidak nafsu makan di pagi hari, dan lain sebagainya.

Namun, sebenarnya menunda waktu sarapan tidak baik dilakukan terlebih sudah menuju waktu makan siang! Lalu kapan waktu dan cara tepat  untuk sarapan?

Dilansir dari detikHealth, ini dia waktu dan cara sarapan terbaik di pagi hari. Yuk simak, Beauties!

1. Sebelum Beraktivitas

Sebelum Beraktivitas
Sebelum Beraktivitas/Foto: Freepik.com/Benzoix

Waktu sarapan terbaik yang pertama yaitu sebelum beraktivitas. Spesialis gizi klinik Dr. Diana F Suganda, M.Kes, SpGKD mengatakan bahwa setengah jam hingga satu jam sebelum beraktivitas adalah waktu yang tepat untuk sarapan.

Sebab, tujuan sarapan untuk menaruh tenaga dalam ketika kita bekerja, sekolah, maupun beraktivitas lainnya. Jadi usahakan sarapan sebelum melakukan aktivitas sekolah dan bekerja. Sekitar setengah jam atau satu jam sebelum sekolah.

2. Pilih Menu Sarapan Bernutrisi

Konsumsi dengan Porsi Secukupnya
Pilih Menu Sarapan Bernutrisi/Foto: Freepik.com/Jcomp

Pastikan hidangan yang terdapat pada sarapan berisi makanan bernutrisi yang mengandung protein, karbohidrat, dan lemak baik. Usahakan porsi karbohidrat yang sempurna sekepal tangan.

Kamu bisa memperoleh makanan bernutrisi dari telur, tahu, roti, sereal, oatmeal, kacang-kacangan, alpukat, susu dan lain sebagainya sebagai menu sarapan.

3. Konsumsi dengan Porsi Secukupnya

Konsumsi dengan Porsi Secukupnya
Konsumsi dengan Porsi Secukupnya/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Konsumsi sarapan dengan porsi secukupnya jangan berlebihan atau mengonsumsi terlalu sedikit makanan. Spesialis gizi klinik Dr. Diana F Suganda, M.Kes, SpGKD menyampaikan jika kamu lebih baik mengonsumsi porsi sarapan kurang lebih 25-30 % menurut kebutuhan kalori harian.

Sedangkan untuk porsi makan siang, konsumsi sekitar 30-35 % menurut kebutuhan kalori harian. Agar kebutuhan kalori kamu tetap terjaga dengan baik.

4. Hindari Keinginan Tidak sarapan

Hindari Keinginan Tidak sarapan
Hindari Keinginan Tidak sarapan/Foto: Freepik.com/Jcomp

Dilansir dari detikEdu Ahli Gizi UGM, Dr. Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih, S.Gz., MPH., RD., mengatakan bahwa sarapan sangat penting karena sebagai asal tenaga bagi tubuh beraktivitas di siang hari. Jika tidak mengonsumsi makanan saat bangun tidur maka kadar glukosa pada tubuh rendah dan akan lemas karena tidak ada asupan energi bagi tubuh.

Sarapan juga berfungsi sebagai asal tenaga bagi otak untuk menaikkan fungsi otak dan konsentrasi. Sehingga apabila tidak sarapan maka fungsi kognitif otak berkurang.

Nah Beauties, itu dia waktu dan cara sarapan terbaik untuk kamu sarapan di pagi hari. Selain memperhatikan waktu, kamu juga perlu memperhatikan menu sarapan beserta kandungannya agar sarapan kamu lebih teratur dengan tetap memperhatikan nutrisi serta gizi yang terkandung dalam menu sarapan. Hal ini dilakukan demi kebaikan dan kesehatan tubuh kamu. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id