sign up SIGN UP

Nggak Buang-Buang Waktu, Ini 5 Efek Positif Melamun

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Minggu, 03 Jul 2022 09:00 WIB
Nggak Buang-Buang Waktu, Ini 5 Efek Positif Melamun
caption
Jakarta -

Melamun adalah sebuah kegiatan yang biasa dikategorikan sebagai hal yang buruk atau bahkan negatif, mengingat tindakan diam dan bengong alih-alih melakukan aktivitas ini dianggap jauh dari kata produktif.

Namun, seiring berkembangnya ilmu pengetahuan yang mendorong dilakukannya penelitian terhadap berbagai tindakan manusia, ditemukan fakta mengejutkan bahwa melamun ini ternyata nggak buang-buang waktu. Dilansir dari Glamour, berikut beberapa efek positif yang bisa didapat ketika melamun.

Mengembangkan Kreativitas

Kaitan melamun dengan kreativitas/Foto: Pexels/Julia Avamotive
Kaitan melamun dengan kreativitas/Foto: Pexels/Julia Avamotive

Pernah nggak sih kamu tiba-tiba dapat ”wangsit” ketika sedang berada di kamar mandi atau ketika sedang duduk-duduk santai di depan rumah sambil nontonin hilir mudik motor tetangga yang lewat di depan rumah?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh UC Santa Barbara menunjukkan bahwa sekelompok orang yang dibiarkan melamun ketika mengerjakan tugas-tugas kreatif menunjukkan performa yang lebih baik daripada kelompok lain yang tidak diberi waktu beristirahat.

Masih belum yakin? Coba jadikan kisah ditemukannya hukum Archimedes saat mandi dan teori gravitasi yang tercetuskan ketika Issac Newton sedang duduk bersantai di bawah pohon apel yang berada di halaman depan rumahnya sebagai rujukan.

Membantu Mengatasi Rasa Cemas

Melamun dapat mengatasi rasa cemas/Foto: Pexels/Alan Retratos
Melamun dapat mengatasi rasa cemas/Foto: Pexels/Alan Retratos

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of British Columbia membuktikan bahwa membiarkan pikiran seseorang berkelana alih-alih memikirkan hal-hal negatif dapat mengurangi tingkat kecemasan.

Anggap saja melamun sebagai sebuah bentuk meditasi. Jadi, daripada memaksa untuk menyingkirkan perasaan negatif tersebut, akan lebih baik untuk mengakui perasaan itu dan menerimanya sebagai bagian dari diri.

Menguatkan Hubungan

Sebuah penelitian lain di tahun 2016 membuktikan bahwa melamunkan sosok orang-orang tersayang ketika mereka sedang berada di tempat yang jauh dapat meningkatkan perasaan cinta, koneksi, dan rasa saling memiliki.

Jadi, nggak perlu galau walau sedang LDR karena kamu bisa melepas rindu sekaligus memperkuat hubungan dengan pasangan hanya dengan melamunkan kehadiran mereka.

Membuat Lebih Produktif

Melamun tidak selalu kontradiktif dengan produktivitas/Foto: Pexels/Taryn Elliott
Melamun tidak selalu kontradiktif dengan produktivitas/Foto: Pexels/Taryn Elliott

Melamun dan produktif adalah dua kata yang sangat kontradiktif ya, Beauties! Namun, kuncinya ada pada momen beristirahat yang dilakukan ketika sedang melamun itu. Bahkan studi terbaru dari Georgia Institute of Technology membuktikan bahwa melamun dapat menyegarkan otak dan mengisi penuh energi untuk dimanfaatkan sebagai bekal bagi tugas-tugas berikutnya.

Membantu Mencapai Tujuan

Dilansir dari Very Well Mind, sebuah penelitian mutakhir membuktikan bahwa melamun dan membiarkan pikiran melanglang buana tanpa kompas rupanya dapat membantu seseorang untuk menggapai tujuannya. Hal ini dikarenakan pikiran-pikiran ini didorong oleh motif dan tujuan yang dimiliki.

Melamun sebagai bentuk latihan pikiran/Foto: Pexels/Min An
Melamun sebagai bentuk latihan pikiran/Foto: Pexels/Min An

Bahkan para atlet dan pelaku pertunjukan beberapa kali sengaja melamun sebagai metode untuk berlatih sebelum berlomba atau tampil. Jadi, alih-alih berlatih secara fisik, seseorang juga bisa berlatih secara mental. Metode melamun seperti ini cukup populer di bidang psikologi olahraga.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id