sign up SIGN UP

Sederet Makanan yang Baik Dikonsumsi Usai Olahraga, Biar Hasilnya Lebih Maksimal!

Martatillah Nikita Karin | Beautynesia
Senin, 08 Aug 2022 17:00 WIB
Sederet Makanan yang Baik Dikonsumsi Usai Olahraga, Biar Hasilnya Lebih Maksimal!
caption

Beauties, memperoleh hasil yang maksimal setelah kamu olahraga tentu menjadi hal yang diincar. Saat berolahraga, tubuh akan menggunakan sumber bahan bakar pilihannya, terutama saat latihan dengan intensitas tinggi.  Setelah selesai latihan, tubuh akan menyimpan dan memperbaiki simpanan energi dan membantu untuk memulihkan kondisi tubuh. Untuk itulah, penting untuk mengonsumsi makanan tertentu yang baik untuk tubuh setelah berolahraga.

Terlepas dari apapun tujuanmu berolahraga, ternyata ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi agar olahraga yang kamu lakukan bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Malansir dari Healthline, berikut beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi selepas olahraga.

Makanan yang Mengandung Protein

Kandungan protein yang tinggi pada dada ayam sangat baik dikonsumsi selepas olahraga
Dada Ayam/foto: pexels.com/pixabay

Olahraga memicu pemecahan protein pada otot. Sehingga, konsumsi protein yang cukup setelah latihan dapat memperbaiki dan membangun kembali jaringan otot baru. Konsumsi bubuk protein dan makanan yang mengandung protein seperti telur, ayam, ikan, yogurt, atau salmon.

Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Kandungan karbohidrat pada kentang baik untuk dikonsumsi selesai olahraga
Olahan Kentang/foto: pexels.com/karolina-grabowska

Manfaat mengonsumsi karbohidrat yaitu untuk membangun kembali cadangan energi yang hilang setelah olahraga. Untuk itu, selain protein, karbohidrat juga diperlukan bagi tubuh. Jika olahraga yang kamu lakukan berfokus pada cardio, kamu mungkin memerlukan karbohidrat yang lebih banyak ketimbang saat kamu berolahraga angkat beban. Karbohidrat dalam makanan dapat ditemui pada kentang, ubi jalar, roti gandum, pasta, maupun biji-bijian.

Makanan yang Mengandung Lemak

Konsumsi makanan berlemak saat olahraga tidak akan mengubah apapun asal dikonsumsi dengan cukup
Alpukat/foto: pexels.com/polina-tankilevitch

Banyak yang menyangka mengonsumsi lemak setelah olahraga akan membuat olahraga menjadi sia-sia karena memperlambat pencernaan dan menghambat penyerapan nutrisi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi lemak setelah berolahraga tidak akan mempengaruhi penurunan maupun kenaikan kadar lemak.

Bukan ide yang buruk untuk konsumsi lemak setelah latihan, Beauties, asal dalam batas wajar, ya. Lemak pada makanan yang bisa kamu konsumsi setelah olahraga contohnya yaitu buah alpukat.

Air Putih

Tetap terhidrasi dengan konsumsi air putih setelah berolahraga
Air Putih/foto: pexels.com/allan-mas

Penting untuk minum banyak air sebelum dan sesudah latihan. Saat olahraga, tubuh akan kehilangan air dan elektrolit dalam tubuh melalui keringat. Untuk itu, penting untuk kembali menghidrasi tubuh dengan meminum air untuk membantu memulihkan kondisi tubuh pasca olahraga.

Konsumsi karbohidrat dan protein dalam jumlah yang tepat setelah berolahraga sangat penting. Kandungan protein dan karbohidrat dapat meningkatkan pemulihan kondisi otot setelah berolahraga. Yang terpenting, selalu konsultasikan dengan ahli gizi maupun pelatihmu agar mendapatkan hasil yang tepat, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id