STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Sering Terbangun Tengah Malam Tanpa Sebab? Hati-hati, Mungkin Kamu Mengalami Gangguan Kesehatan Ini!

Anindya Milagsita | Beautynesia
Kamis, 13 Jan 2022 22:15 WIB
Sering Terbangun Tengah Malam Tanpa Sebab? Hati-hati, Mungkin Kamu Mengalami Gangguan Kesehatan Ini!

Kebiasaan terbangun saat tengah malam wajar terjadi dan bisa dialami oleh siapa saja, Beauties. Seperti saat tengah haus atau ingin buang air ke kamar mandi. Tapi saat gangguan tidur ini kamu rasakan berkali-kali hingga periode waktu terlalu sering, hati-hati dan perlu diwaspadai, lho.

Bisa jadi kamu tengah mengalami gangguan kesehatan tertentu. Terlebih jika kebiasaan ini justru bikin kualitas tidur kamu menurun hingga mengganggu aktivitas keesokan harinya. Lantas apa sajakah gangguan kesehatan yang menjadi penyebab bangun di malam hari? Simak uraiannya lewat artikel berikut ini!

Insomnia

Insomnia bisa menjadi penyebab sering terbangun tengah malam.
Berbagai gangguan kesehatan yang dialami saat sering terbangun di tengah malam/freepik/benzoix

Salah satu gangguan kesehatan yang bisa terjadi saat seseorang bangun di tengah malam adalah insomnia, Beauties. Insomnia sendiri termasuk gangguan tidur yang membuat seseorang sulit untuk tidur ataupun tetap tertidur sepanjang malam. Kondisi ini pun bisa memicu kesulitan bangun, lelah, hingga tubuh merasa tak segar di keesokan harinya.

Melansir dari Healthline, gangguan insomnia dapat disebabkan oleh konsumsi obat-obatan, mengalami gangguan kecemasan hingga kondisi kesehatan tertentu, maupun mengonsumsi makanan atau minuman berkafein.

Sleep Apnea

Sleep apnea menjadi penyebab sering terbangun di tengah malam.
Berbagai gangguan kesehatan yang dialami saat sering terbangun di tengah malam/freepik/senivpetro

Bukan hanya insomnia, sleep apnea juga bisa menjadi penyebab kamu bisa terbangun di malam hari. Masih dilansir dari laman yang sama, sleep apnea adalah gangguan kesehatan di mana seseorang mengalami pernapasan yang dangkal atau terhenti sejenak di malam hari.

Keadaan pernapasan yang terengah-engah inilah yang bisa menyebabkan seseorang terbangun saat tengah malam, Beauties. Terkadang pengidap sleep apnea bahkan tak menyadari kalau tidur mereka terganggu. Buat mengetahui secara pasti tentang gangguan kesehatan ini cara terbaik yang bisa dilakukan dapat dengan berkonsultasi pada dokter.

Stres

Stres bisa memicu terbangun di tengah malam.
Berbagai gangguan kesehatan yang dialami saat sering terbangun di tengah malam/freepik/jcomp

Jarang disadari, stres juga bisa menjadi penyebab kebiasaan bangun secara tiba-tiba di tengah malam.  Kondisi stres bisa timbul saat seseorang mengalami suatu hal dalam hidupnya yang memicu kekhawatiran ataupun kecemasan. Seperti adanya perubahan atau ketidakpastian dalam pekerjaan, hubungan, keuangan, maupun kesehatan.

Saat mengalami stres, tubuh akan mengaktifkan gejala saraf simpatik yang menyebabkan kamu tersentak bangun di malam hari, Beauties. Gangguan kesehatan ini pun membuat perubahan tubuh seperti denyut jantung dan tekanan darah yang meningkat hingga membuat sulit untuk kembali tidur saat terbangun. 

Kecemasan & Depresi

Depresi dan kecemasan bisa memicu seringnya terbangun di malam hari.
Berbagai gangguan kesehatan yang dialami saat sering terbangun di tengah malam/freepik/jcomp

Masih berkaitan dengan insomnia dan stres, ternyata kecemasan hingga depresi juga jadi penyebab terganggunya kualitas tidur, Beauties. Kedua gangguan kesehatan ini justru berpusat pada pikiran. Saat pikiran merasa cemas ataupun tertekan, seseorang lebih sulit untuk tidur atau tetap tertidur sepanjang malam, lho.

Nggak jarang kondisi ini justru semakin meningkatkan gangguan kecemasan dan depresi. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan berkonsultasi ke dokter dan memperbaiki gaya hidup.

Perubahaan Hormon

Perubahan hormon bisa berpengaruh pada kebiasaan terbangun di tengah malam.
Berbagai gangguan kesehatan yang dialami saat sering terbangun di tengah malam/freepik/DCStudio

Seiring berjalannya usia dan faktor kehamilan juga bisa berpengaruh pada kualitas tidur seseorang. Hal ini bisa terjadi akibat perubahan hormon yang ada di dalam tubuh. Seperti dikutip dari Sleep Foundation, perubahan hormonal dapat mendorong seseorang terbangun di tengah malam.

Tahapan hormon ini meliputi kehamilan, perimenopause (tahap awal menjelang menopause), dan menopause (terhentinya siklus menstruasi pada wanita). Pada ibu hamil, terbangun di malam hari bisa disebabkan karena perubahan fisik yang tengah dialami. Di sisi lain pada tahapan perimenopause ataupun menopause, seorang wanita akan mengalami fluktuasi suhu tubuh yang menyebabkan sulit tidur ataupun sering terbangun saat malam hari.

Buat mengetahui gangguan kesehatan atau kondisi tubuh saat sering mengalami terbangun di tengah malam, kamu bisa melakukan konsultasi pada dokter untuk mengetahui penyebab pastinya, Beauties.

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE