STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

4 Sayuran Paling Kaya Nutrisi, Cocok Jadi Menu Dietmu!

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Selasa, 04 Oct 2022 06:15 WIB
4 Sayuran Paling Kaya Nutrisi, Cocok Jadi Menu Dietmu!

Nutrisi adalah salah satu kandungan esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan nutrisi diperlukan untuk menangkal berbagai macam penyakit, menjaga kesehatan, serta menjaga agar tubuh tumbuh dengan normal.

Kebutuhan nutrisi harian bagi tubuh bisa didapatkan dari berbagai makanan. Namun, dilansir dari Healthline, ada beberapa sayuran yang memiliki kandungan nutrisi lebih banyak dibandingkan sumber nutrisi lainnya sehingga dapat dijadikan bahan utama dalam sajian menu dietmu. Yuk, cari tahu!

Bayam

Ilustrasi sayuran/Foto: Pexels/Jacqueline Howell
Ilustrasi sayuran/Foto: Pexels/Jacqueline Howell

Sayuran berdaun hijau ini merajai daftar sayuran sarat nutrisi ini. Setiap 30 gram bayam mentah mengandung 16 persen kebutuhan vitamin A harian sekaligus 120 persenkebutuhan vitamin K harian, serta jumlah kandungan energi yang hanya 7 kalori.

Bayam juga mengandung antioksidan beta karotin dan lutein yang tinggi sehingga berguna untuk mengurangi risiko kanker. Jadi, selain cocok untuk menjadi menu diet, sayuran hijau yang satu ini juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan bagi pengonsumsinya.

Wortel

Dalam setiap 128 gram wortel yang kamu konsumsi, terdapat 119 persen kebutuhan vitamin A harian. Kandungan antioksidan beta karotin yang terdapat di dalamnya dan membuat warna sayur menjadi oranye juga merupakan salah satu agen pencegah kanker, termasuk kanker usus besar dan kanker paru-paru.

Ilustrasi sayuran/Foto: Pexels/Suzy Hazelwood
Ilustrasi sayuran/Foto: Pexels/Suzy Hazelwood

Di dalam wortel juga terdapat banyak kandungan nutrisi yang esensial bagi tubuh, termasuk potasium (kalium) yang berfungsi untuk menjaga kenormalan pertumbuhan tubuh, vitamin C, serta vitamin K.

Brokoli

Brokoli adalah tanaman dengan kandungan senyawa belerang tinggi yang dikenal dengan sebutan glucosinolate dan sulforaphane. Penelitian yang dilakukan pada hewan dan laboratorium menunjukkan bahwa sulforaphane mampu melindungi tubuh dari kanker.

Selain itu, brokoli juga bisa mencegah tubuh terpapar risiko beberapa penyakit kronis lainnya. Bahkan sebuah penelitian kecil menemukan fakta bahwa bakal dari tanaman brokoli yang masih berupa kecambah dapat menurunkan tanda-tanda inflamasi yang berhubungan dengan penyakit kronis, termasuk penyakit jantung.

Ilustrasi sayuran/Foto: Pexels/Polina Tankilevitch
Ilustrasi sayuran/Foto: Pexels/Polina Tankilevitch

Diketahui pula bahwa dalam 91 gram brokoli mentah terdapat setidaknya 77 persen kebutuhan vitamin K harian, 90 persen kebutuhan vitamin C harian, serta kandungan asam folat, mineral mangan, dan potasium (kalium).

Kubis Brussel

Seperti halnya brokoli, kubis Brusel juga merupakan tanaman hasil persilangan dengan kandungan senyawa yang juga mirip. Kubis Brusel dapat meningkatkan kaempferol, antioksidan yang efektif untuk mencegah kerusakan sel.

Kaempferol juga terbukti dapat berperan untuk mencegah inflamasi dan memerangi kanker sehingga melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Selain itu, kamu bisa memperoleh manfaat dari asam folat, magnesium, potasium, serta vitamin A, C, dan K dalam setiap sajian makanan yang menggunakan kubis Brussel sebagai bahan utamanya. 

Ilustrasi sayuran/Foto: Pexels/mali maeder
Ilustrasi sayuran/Foto: Pexels/mali maeder

Selain memiliki kandungan yang cocok untuk menjaga kesehatan tubuh, kubis Brussel juga cocok menjadi bahan dalam menu diet karena kandungan serat yang tinggi di dalam sayuran ini juga dapat mendukung kelancaran sistem pencernaan, menjaga kesehatan jantung, serta mengontrol gula darah.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

RELATED ARTICLE