STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Benarkah Keseringan Minum Kopi Bikin Kulit Kusam dan Kendur? Ini Faktanya Menurut para Ahli!

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Minggu, 09 Oct 2022 08:00 WIB
Benarkah Keseringan Minum Kopi Bikin Kulit Kusam dan Kendur? Ini Faktanya Menurut para Ahli!

Kopi menjadi salah satu minuman favorit banyak orang karena rasanya yang enak. Namun, di samping ini, kopi juga memiliki beragam efek samping untuk tubuh.

Dikutip dari detikFood, kopi bisa membuat kembung dan masalah pencernaan, seperti diare, mules dan mual, mengganggu proses penyerapan makanan, penyebab kanker dan stres. Sementara itu, dikutip dari Eat This Not That!, kopi sebenarnya dapat membuat kamu mengantuk seiring waktu, kata para peneliti.

Selain efek samping tersebut, kabarnya kopi juga dapat membuat kamu memiliki kulit kusam dan kendur lho! Duhh... lalu apa sih penyebabnya? Dilansir dari detikFood, ini dia penyebab kopi dapat membuat kulit kusam dan kendur. Yuk, simak!

Kafein pada Kopi Mengurangi Sirkulasi Air di Kulit

Kopi Membuat Kulit Kering
Kopi Membuat Kulit Kering/Foto: Freepik.com/Freepik

Banyak orang mengatakan bahwa kebiasaan minum kopi dapat memengaruhi kesehatan kulit mereka. Bahkan konsumsi kopi disebut-sebut bisa membuat kulit menjadi kering.

Masalah kulit kering hingga pucat memang sering dialami banyak orang. Selain perawatan kulit yang tidak rutin, pola makan dan gaya hidup dapat memengaruhi kesehatan kulit, seperti kebiasaan minum kopi.

Dalam W Magazine, beberapa dokter dan ahli kulit melaporkan bahwa keseringan minum kopi dapat merusak kesehatan kulit. dr. Jessica Wu, seorang dokter kulit terkenal di Los Angeles, mengatakan kopi mengandung kafein yang memiliki efek diuretik atau meningkatkan buang air kecil. Karena ini, tubuh akan kehilangan banyak air dan dan membuat kulit menjadi kering dan kendur.

dr. Jessica Wu mengatakan, minum kopi terbukti mengurangi sirkulasi air pada kulit, dengan penyempitan pembuluh darah. Sehingga ia menyarankan pasiennya untuk minum satu gelas air putih, untuk setiap cangkir kopi atau minuman berkafein lainnya yang dikonsumsi.

Kopi Mengandung Kafein dan Senyawa Lain

Kopi Mengandung Kafein dan Senyawa Lain
Kopi Mengandung Kafein dan Senyawa Lain/Foto: Freepik.com/8Photo

Lebih lanjut, dr. Jessica mengatakan jika kopi mengandung banyak senyawa lain selain kafein. Seperti idebnone dalam biji kopi, antioksidan dan agen anti-inflamasi yang baik untuk kamu, bila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar ya.

Ahli kecantikan Jillian Wright yang berasal dari New York mengatakan, kandungan kafein dapat bertindak sebagai vasokonstriktor atau menyebabkan pembuluh darah menyempit, menghambat aliran darah dan oksigen dalam tubuh dan menjebak racun dari kopi. Terlalu banyak kafein dapat membuat kulit kamu pucat, abu-abu, dan keriput.

Secara keseluruhan, memang ada beberapa kandungan dalam kopi yang justru bisa mengeringkan kulit, seperti kafein. Namun semua itu bisa diimbangi dengan anjuran minum kopi yang masuk akal, tidak lebih dari tiga cangkir kopi sehari agar kulit tetap lembap. Semoga bermanfaat!

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE