STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Merasa Sulit Olahraga Usai Terkena COVID-19? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Senin, 07 Nov 2022 07:30 WIB
Merasa Sulit Olahraga Usai Terkena COVID-19? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Pandemi COVID-19 sudah cukup lama terjadi dan telah melewati berbagai masa terburuknya. Namun, bagi beberapa orang yang pernah terkena virus dari wabah mematikan ini, perasaan was-was dan takut tentu masih akan selalu menghantui, apalagi jika sempat mengalami gejala yang bisa dibilang parah.

Faktor penyebab perasaan cemas karena pernah terjangkit virus COVID-19 sendiri bukannya tanpa alasan, karena terkadang dampak yang ditimbulkan oleh penyakit ini kerap masih terasa saat melakukan aktivitas berat. Misalnya, berolahraga meskipun telah dinyatakan sembuh.

Dilansir dari Forbes, inilah beberapa penyebab dan cara mengatasi kesulitan saat berolahraga yang kamu alami setelah pernah melalui masa-masa berat saat terjangkit COVID-19!

Penyebab Sulit Olahraga Setelah Terpapar COVID-19

Ilustrasi olahraga (Foto: Pexels/Jonathan Borba)Ilustrasi olahraga/Foto: Pexels/Jonathan Borba

Para peneliti menemukan adanya pola pernafasan yang tidak teratur dan penurunan kapasitas hingga peningkatan detak jantung selama melakukan aktivitas fisik sebagai salah satu faktor yang bisa menjadi penyebab kesulitan berolahraga yang dihadapi oleh beberapa orang yang mengidapCOVID-19 dalam waktu yang cukup lama.

Penurunan kemampuan otot untuk mengekstraksi dan menggunakan oksigen dari darah juga merupakan faktor lain yang berkontribusi terhadap kesulitan saat berolahraga yang dialami oleh penderita COVID-19.

Para peneliti juga menyatakan dalam hasil penelitiannya di laboratorium bahwa orang yang terkena COVID-19 dalam jangka waktu yang cukup lama memiliki tingkat kapasitas oksigen yang lebih rendah ketika berolahraga.

Dr. Matthew Durstenfeld, seorang profesor kedokteran di Universitas California, San Francisco dan seorang penulis jurnal menyatakan bahwa penurunan kapasitas itu membuat seorang perempuan berumur 40 tahun dengan COVID-19 memiliki kapasitas yang dimiliki oleh seorang perempuan 50 tahun yang tidak memiliki kondisi COVID-19 itu sendiri.

Cara Mengatasi Sulit Olahraga Setelah Mengidap COVID-19

Olahraga/Freepik.comIlustrasi olahraga/Foto: Freepik.com

Dilansir dari The Washington Post, cara pertama untuk mengatasi kesulitan olahraga adalah dengan memulai olahraga, tetapi dengan tempo yang lebih lambat dan santai. Kamu harus lebih peka dengan apa yang dirasakan olehtubuhmu. Hal ini berkaitan dengan perbedaan reaksi tubuh dalam berperang melawanCOVID-19 pada masing-masing orang. Jika kamu merasa lelah, kamu harus berhenti alih-alih memaksakan diri.

Menurut Peter Economou, seorang psikolog olahraga dan profesor psikologi di Universitas Rutgers, frustasi adalah emosi normal yang dialami oleh orang-orang ketika mereka harus mengubah atau beristirahat dari rutinitas olahraganya, meskipun dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, cara berikutnya untuk mengatasi sulit olahraga adalah dengan cara menjaga kesehatan mental serta emosional selama melalui periode berhenti atau mengurangi olahraga.

Beberapa orang juga tidak memerlukan bantuan dokter untuk mulai berolahraga kembali pasca terkena COVID-19 karena mereka hanya merasakan gejala yang ringan dan secara keseluruhan memiliki kondisi yang cukup sehat.

Namun, beberapa orang lainnya yang mengalami nyeri dada, sulit bernapas saat berolahraga berlebihan yang dianggap melebihi batas wajar, merasa pusing, pingsan, dan benar-benar merasa detak jantungnya tidak beraturan setelah berolahraga pasca terkena COVID-19, harus menemui spesialis jantung untuk memastikan bahwa jantung dan paru-paru mereka aman saat berolahraga.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE