sign up SIGN UP

Biar Nggak Jadi Habit, Ketahui Alasan Kenapa Anak Sering Berbohong dan Kiat Mengatasinya

Galih Konain Tata | Beautynesia
Selasa, 21 Jun 2022 16:00 WIB
Biar Nggak Jadi Habit, Ketahui Alasan Kenapa Anak Sering Berbohong dan Kiat Mengatasinya
caption
Jakarta -

Sebagai orang tua, Beauties mungkin beberapa kali mendapati anak sedang berbohong, dan itu biasanya bukan masalah besar. Tetapi ketika mereka sudah sering melakukannya, pasti menjadi hal yang menjengkelkan sekaligus membingungkan mengapa si buah hati menjadi sering berbohong.

Anak-anak berbohong karena banyak alasan. Tapi, biasanya mereka ingin mengendalikan situasi dengan mengubah cerita agar lebih “berhasil” bagi mereka. Contoh yang paling umum adalah untuk menutupi kesalahan dan menghindari masalah.

Nggak hanya itu, mereka mungkin juga akan berbohong ketika mereka merasa stres, mencoba menghindari konflik, atau karena menginginkan perhatian dari orang sekitar. Terkadang, anak berbohong ketika sesuatu yang buruk atau memalukan terjadi pada mereka. Anak ingin menyembunyikannya atau membuat cerita untuk diri mereka sendiri yang membuat mereka merasa lebih baik.

Ibu dan Anak/ Foto: Pexels.com/ Anastasia Shuraeva
Ibu dan Anak/ Foto: Pexels.com/ Anastasia Shuraeva

Melansir dari laman Understood.org, usia dan perkembangan juga berperan dalam hal ini. Anak-anak kecil mungkin berbohong tentang sesuatu yang mereka harap benar, seperti memberitahu orang-orang bahwa mereka akan dibelikan baju baru, padahal sebenarnya tidak. Nah, anak dengan usia lebih tua atau remaja mungkin akan berbohong untuk melindungi privasi mereka.

Dihimpun dari Child Mind Institute, anak-anak yang kurang percaya diri mungkin akan berbohong untuk membuat diri mereka tampak lebih mengesankan atau berbakat untuk meningkatkan harga diri mereka dan membuat diri mereka terlihat baik di mata orang lain.

Apa yang Harus Dilakukan Orang Tua?

Orang tua sering mengira bahwa ketika anak berbohong merupakan tindakan pembangkangan. Namun, sebenarnya nggak selalu seperti itu. Karena, beberapa anak memang tidak bisa mengendalikannya.

Mereka bahkan mungkin tidak menyadari bahwa mereka telah berbohong. Hal ini bisa terjadi ketika anak-anak mempunyai masalah dengan pengendalian diri, sulit mengatur pikiran mereka, atau memikirkan konsekuensinya.

Untuk anak dengan kesulitan tersebut, berbohong bukanlah hal yang aneh, dan mereka biasanya tidak melakukannya dengan sengaja. Bahkan, mereka sering merasa sangat jengkel ketika mereka menyadari bahwa mereka telah berbohong.

Sebagai orang tua, tentu Beauties nggak ingin anak terbiasa berbohong, kan? Penting untuk mengetahui apa yang ada di balik perilaku tersebut sehingga Beauties bisa merespon dengan cara yang terbaik.

Alasan anak berbohong/ Foto: Pexels.com/ Rodnae Production
Alasan anak berbohong/ Foto: Pexels.com/ Rodnae Production

Cobalah untuk mengamati dan mengambil pola dalam perilaku. Hal itu bisa memberikan Beauties petunjuk. Cari tahu mengapa beberapa anak berjuang dengan impulsif.

Setelah Beauties memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang terjadi, akan lebih mudah untuk menjelaskan mengapa berbohong bukanlah cara terbaik untuk menangani sebuah situasi.

Nah, jika Beauties mendapati anak membuat kebohongan yang cukup serius, ada baiknya untuk tidak segera bereaksi. Sebaliknya, ajak anak untuk ngobrol empat mata dengan keadaan yang tenang. Beri diri kamu waktu untuk berpikir tentang bagaimana menangani situasi tersebut dengan efektif.

Ketika Beauties sudah dalam keadaan tenang, ajaklah anak untuk berdiskusi dan jangan berdebat tentang kebohongan tersebut. Komunikasikan saja apa yang Beauties lihat dan ketahui dengan jelas.

Orang tua mungkin nggak akan tahu alasan kebohongan tersebut, tapi pada akhirnya, anak mungkin akan memberi tahu apa alasan mereka melakukan hal itu. Sekali lagi, cukup fokus dan katakan perilaku anak yang Beauties lihat atau ketahui.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id