STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Istilah-Istilah Aneh dan Unik di Dunia yang Digunakan Ini Justru Bikin Kata Menstruasi Makin Tabu!

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Selasa, 22 Nov 2022 09:30 WIB
Istilah-Istilah Aneh dan Unik di Dunia yang Digunakan Ini Justru Bikin Kata Menstruasi Makin Tabu!
Ilustrasi menstruasi (Foto: Pexels/Sora Shimazaki)

Kata “menstruasi” bukanlah kata yang sulit untuk diucapkan, tetapi masih banyak perempuan di seluruh dunia merasa malu untuk mengatakan kata ini. Bahkan, beberapa perempuan, secara sembunyi-sembunyi, membeli pembalut atau tampon di supermarket.

Sementara itu, dilansir dari Global Citizen, beberapa perempuan menyembunyikan siklus normal yang dialaminya tersebut dengan eufimisme-eufimisme unik. Fenomena ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga negara lain yang menggunakan istilah unik ini untuk merujuk pada siklus menstruasi. Apa saja?

Strawberry Week (Minggu Stroberi)

Ilustrasi menstruasi (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)
Ilustrasi menstruasi (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)

Istilah ini digunakan oleh masyarakat Austria, Hungaria, Latvia, Norway, dan Switzerland. Istilah ini juga digunakan di Jerman dengan istilah yang telah mengalami penyesuaian bahasa, yakni “erdbeerwoche”.

Sayangnya, perasaan atau kondisi yang dialami saat menstruasi tidaklah seenak rasa stroberi yang digunakan untuk mempermanis siklus bulanan yang terjadi pada perempuan ini. Istilah ini digunakan hanya karena warna stroberi sama merahnya dengan cairan yang keluar saat menstruasi.

The English Have Landed (Inggris Sudah Mendarat)

Ilustrasi menstruasi (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)
Ilustrasi menstruasi (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)

Frasa ini digunakan di Prancis, Belgia, dan Kanada, yang kelihatannya merujuk pada perang di masa lalu antara negara-negara tersebut dengan Inggris. Banyak yang berpikir bahwa istilah ini juga merujuk pada mantel tentara Inggris yang berwarna merah.

I’m With Chico (Aku Bersama Chico)

Eufimisme ini digunakan di Brasil, tepatnya dengan bunyi “eustou com Chico”. Chico yang dimaksud di sini adalah nama seorang aktivis lingkungan dan hak asasi manusia (HAM) yang dibunuh secara brutal pada tahun 1988 dan merupakan aktivis ke-19 yang dibunuh pada tahun yang sama di Brasil.

Mad Cow Disease (Penyakit Sapi Gila)

Ilustrasi menstruasi (Foto: Pexels/Cliff Booth)
Ilustrasi menstruasi (Foto: Pexels/Cliff Booth)

Mungkin eufimisme ini terdengar lebih ekstrem, mengerikan, dan tidak sopan bagi masyarakat dari negara lain. Namun, nyatanya, istilah ini diucapkan dengan penuh kasih sayang oleh orang-orang Finlandia untuk menyebut menstruasi.

Communists in The Funhouse/Gazebo

Denmark, Estonia, Kanada, dan Swedia menggunakan istilah unik ini untuk menggambarkan perasaan tidak nyaman yang merenggut hari-hari normal yang bahagia. Perasaan yang mungkin sama dengan ketika segerombolan komunis—yang disimbolkan dengan warna merah—mengambil alih sebuah tempat dan mengilangkan kesenangan yang harusnya dirasakan oleh orang yang ada di tempat itu.

Shark Week

Selain digunakan di Australia, frasa ini juga terkenal di Kanada, Finlandia, Jerman, Selandia Baru, Inggris, dan Amerika Serikat. Istilah unik ini cenderung akurat, tergantung pada arus menstruasi yang dirasakan seseorang. Jika kamu merasa bahwa cairan yang mengalir saat menstruasi terasa seperti pertumpahan darah, maka istilah ini mungkin bisa menggambarkan perasaanmu.

Ilustrasi menstruasi (Foto: Pexels/Polina Zimmerman)
Ilustrasi menstruasi (Foto: Pexels/Polina Zimmerman)

Perempuan di seluruh dunia harus mulai menyadari bahwa menstruasi bukanlah sesuatu fenomena ataupun kata-kata yang tabu untuk diketahui oleh publik. Mengucapkan kata “menstruasi” dengan istilah-istilah unik lain justru akan membuat perempuan yang mengalaminya merasa dirinya kotor dan malu. Padahal hal yang dialaminya tersebut sangat normal.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE