sign up SIGN UP

Mengenal No-Contact Rule, Cara Cepat Move On dari Mantan Berengsek

Galih Konain Tata | Beautynesia
Rabu, 22 Jun 2022 21:30 WIB
Mengenal No-Contact Rule, Cara Cepat Move On dari Mantan Berengsek
No-contact rule bisa diterapkan setelah kamu menyudahi hubungan dengan mantan. Cara ini efektif agar nggak putus nyambung. (Foto: Pexels.com/ Alena Darmel)
Jakarta -

Putus nyambung mungkin hal yang menjengkelkan bagi banyak orang! Apabila kamu salah satu orang yang mengalami hal ini dan terbebas dari keadaan rumit ini dan benar-benar harus menyudahi hubungan, ada baiknya untuk menerapkan no-contact rule. Cara ini cukup efektif agar kamu bisa cepat move on dari mantan berengsek. 

Mengenal No-Contact Rule

No-contact rule adalah aturan di mana kamu tidak menelepon atau mengirim pesan kepada mantan dengan cara apapun setelah putus. Juga menjaga jarak dengan teman atau keluarga mereka dan stop membicarakan hal apapun tentang kandasnya hubungan kalian.

No-contact rule/ Foto: Pexels.com/ Rodnae Productions
No-contact rule/ Foto: Pexels.com/ Rodnae Productions

Beberapa waktu setelah putus, memang sangat mudah untuk menipu diri sendiri dengan berpikir bahwa kamu mungkin akan kembali bersama jika kamu terus mengirim pesan kepada mantan. Ini sama saja seperti hubungan kalian sedang break

Tentunya, ketenangan jangka pendek semacam itu bisa berbahaya untuk jangka panjang. Terus menerus bersikap denial nggak akan membuat keadaan kamu semakin baik, lho, Beauties. Namun, jika kamu mulai menerima hidup tanpa kehadiran mereka dalam hidup kamu, akan membuat move on menjadi jauh lebih mudah.  

Menatap Ponsel Terlalu SeringIlustrasi move on. (Foto : pexels.com/Sora Shimazaki)/ Foto: Ratih Dewi

No-contact rule atau aturan tanpa kontak dianggap sangat efektif karena memungkinkan kamu untuk menerima sakit hati dan nggak menutup kesedihan dan perasaan hancur dengan cara yang impulsif.

Ketika kamu nggak melakukan kontak dengan mantan, ini dapat membantu kamu mengakui kehilangan dan menghadapinya dengan benar, dan pada akhirnya menciptakan ruang untuk sesuatu yang baru. 

Sederhananya, no-contact rule bisa membuat keadaan menyakitkan setelah perpisahan menjadi tidak berlarut-larut dan bisa diterima dengan lapang. 

Patah Hati/ Foto: Pexels.com/ Alena Darmel
Patah Hati/ Foto: Pexels.com/ Alena Darmel

Mungkin akan sangat sulit untuk memblokir nomor telepon mantan atau akun sosial media mereka. Kenangan bersama orang-orang terdekat dia, seperti teman dan keluarga mereka juga nggak semudah itu untuk dilupakan.

Namun, mengambil langkah pertama yang sulit untuk melakukan no-contact rule bisa membantu kamu mengatasi putus cinta lebih cepat ketimbang membiarkannya berlarut-larut atau berujung pada kalimat "kita berteman saja!".

Manfaat Melakukan No-Contact Rule

Menurut laman Mind Body Green, beberapa orang mencoba menggunakan no-contact rule sebagai bentuk manipulasi, yakni cara membuat mantan merindukan kamu dan membuat mereka menginginkan kamu kembali. Namun, strategi ini bisa menjadi tidak sehat karena membuat kamu tetap terikat secara psikologis dengan hubungan masa lalu, dan memperlambat proses penyembuhan. 

Sebaliknya, no-contact rule harus berfokus pada keinginan untuk membantu kamu move on dari mantan. Sehingga pada akhirnya kamu bisa menerima perpisahan dan bersiap untuk kehidupan yang baru. 

Move on/ Foto: Pexels.com/ Rodnae Productions
Move on/ Foto: Pexels.com/ Rodnae Productions

Berikut ini manfaat-manfaat lain yang akan Beauties dapatkan setelah menerapkan no-contact rule:

  • ‌Menghukum si mantan berengsek dengan menyadarkan mereka bahwa mereka sudah kehilangan orang yang terbaik.
  • ‌Mengembangkan keterampilan emosional kamu dengan lebih baik.
  • ‌Memungkinkan kamu akan berhasil dalam hubungan yang selanjutnya.
  • ‌Kamu akan menemukan kembali sumber kebahagiaan yang sempat terlupakan.
  • ‌Kamu akan memegang teguh value diri dan nggak akan bisa dinegosiasi di hubungan selanjutnya.
  • ‌Membuat kamu lebih kuat dan mampu menghadapi realitas yang ada meskipun cukup menyakitkan di awal.

Ketika kamu berhenti menggantungkan kebahagiaan pada pasangan, kamu menyadari bahwa hanya kamu yang bertanggung jawab atas kebahagiaanmu sendiri. No-contact rule memang sulit dilakukan di awal, bagaimanapun nggak ada perpisahan yang menyakitkan. Tapi, jika hal itu yang terbaik untuk dilakukan, maka inilah saatnya Beauties untuk melakukan perubahan! 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id