sign up SIGN UP

Bukan Cuma Demi Penampilan, Meratakan Perut Buncit Juga Beri 3 Manfaat Kesehatan Ini

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Jumat, 09 Sep 2022 09:30 WIB
Bukan Cuma Demi Penampilan, Meratakan Perut Buncit Juga Beri 3 Manfaat Kesehatan Ini
caption

Perut buncit merupakan sebuah kondisi tubuh yang cukup mengganggu penampilan seseorang dan membuat mereka kerap merasa kurang percaya diri. Oleh karena itu, berbagai cara pun dilakukan agar bisa mendapatkan perut rata impian.

Namun, selain mengurangi sisi estetika dari penampilan seseorang, keberadaan perut buncit sebenarnya berbahaya bagi kesehatan. Dilansir dari Health Nation from GoodRx, ini manfaat menghilangkan perut buncit!

Kadar Gula Darah Lebih Terkontrol

Ilustrasi perut buncit/Foto: Pexels/Towfiqu barbhuiya
Ilustrasi perut buncit/Foto: Pexels/Towfiqu barbhuiya

International Diabetes Federation (IDF) menetapkan Indonesia berada para peringkat ke-3 dunia sebagai negara dengan kasus prediabetes terbanyak di dunia. Peringkat ini didapat setelah jumlah penduduk yang mengalami prediabetes mencapai angka 30 juta atau sekitar 30 persen dari total penduduk keseluruhan di Indonesia.

Sesuai namanya, prediabetes merupakan kondisi sebelum diabetes, yakni ketika kadar gula darah tidak cukup tinggi untuk disebut diabetes, tetapi sudah mencapai angka yang cukup mengkhawatirkan.

Salah satu penyebab prediabetes adalah kelebihan berat badan, termasuk kebuncitan. Lemak perut yang berlebihan juga meningkatkan risiko terjadinya resintensi insulin sehingga gula yang semestinya diserap oleh sel tubuh malah menumpuk dalam aliran darah dan membuatmu berisiko terkena diabetes.

Menyehatkan Hati

Ilustrasi perut buncit/Foto: Pexels/Andres Ayrton
Ilustrasi perut buncit/Foto: Pexels/Andres Ayrton

Penumpukan lemak di sekitar perut dapat mengganggu fungsi hati sebagai organ detoks bawaan tubuh. Lemak yang tersembunyi dalam perut (lemak visceral) dapat membahayakan tubuh akibat sindrom metabolik bernama lipotoksisitas. Lipotoksisitas mengakibatkan hasil metabolisme dari sel lemak visceral langsung dilepaskan ke aliran darah.

Sementara itu, hati dan organ-organ lainnya tidak diciptakan untuk menampung sejumlah besar asam lemak yang dihasilkan oleh proses metabolisme itu sehingga penumpukan asam lemak di dalam hati dapat menyebabkan kondisi perlemakan hati non-alkohol (non-alcoholic fatty liver disease). Dalam tingkatan yang lebih parah, kondisi inflamasi tersebut dapat membuat penderitanya mengalami penyakit sirosis atau jaringan parut pada organ hati.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Ilustrasi menghilangkan perut buncit/Foto: Pexels/Gustavo Fring
Ilustrasi menghilangkan perut buncit/Foto: Pexels/Gustavo Fring

Mungkin tidak akan ada yang menyangka bahwa ukuran celana jeans yang kamu pakai akan memengaruhi seberapa baik kualitas tidurmu di malam hari. Namun, sebuah penelitian yang diadakan oleh John Hopkins menemukan fakta bahwa menghilangkan lemak perut dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Standar kualitas tidur itu sendiri diukur dari tingkatan rasa lelah selama siang hari, insomnia, tidur yang tidak nyenyak, dan beberapa faktor lainnya. Obesitas dan kelebihan berat badan juga dikaitkan dengan kondisi yang lebih serius, seperti apnea tidur yang membuat jaringan tenggorokan menutup dan membuat pernapasan terhenti.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id