STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Jangan Pura-pura Lupa, Ini 4 Makanan Khas Lebaran yang Tinggi Kolesterol

Lynisa Hidayah | Beautynesia
Selasa, 03 May 2022 09:00 WIB
Jangan Pura-pura Lupa, Ini 4 Makanan Khas Lebaran yang Tinggi Kolesterol

Hari Lebaran identik dengan beragam makanan dan kue untuk dinikmati bersama keluarga atau tamu yang datang bersilaturahmi ke rumah. Apalagi momen ini dijadikan ajang memuaskan diri untuk memanjakan perut dan lidah setelah sebulan puasa.

Tapi, jangan berlebihan menikmati makanannya, ya. Dihimpun dari DetikHealth, ada beberapa makanan khas Lebaran yang mengandung kolesterol tinggi dan tidak baik bagi tubuh. Yuk, simak sampai selesai artikel ini!

Opor Ayam

Opor Ayam


Opor Ayam/Foto: Instagram.com/yscooking

Menikmati semangkuk opor ayam saat Lebaran sangatlah nikmat. Ditemani dengan ketupat, kerupuk merah dan peyek. Opor ayam ini akan terasa komplit di tengah kumpul bersama keluarga. Makanan dengan beragam rempah khas Indonesia dan santan ini akan terasa semakin nikmat disajikan ketika masih hangat.

Tapi, perlu kamu tahu bahwa semangkuk opor ayam bisa memicu kolesterol, lho. Hal ini dikarenakan dalam ayam mengandung lemak terutama bagian kulitnya.

Kue Kering

Kue Kering
Kue Kering/Foto: freepik.com/azarbaijan-stockers

Kue favorit semua orang, ada kue nastar, putri salju, hingga kastengel. Rasanya kalau sudah tersusun rapi di atas meja, siapapun pasti ingin memakannya. Namun, siapa sangka, kue dengan bentuk kecil ini menyimpan kolesterol yang cukup tinggi, lho. Hal ini disebabkan karena kue kering mengandung telur yang dikenal memiliki kandungan kolesterol tinggi.

Rendang

Rendang
Rendang/Foto: Instagram.com/foodhunter.pdg

Makanan yang menjadi bintang utama saat Lebaran ini juga memiliki kolesterol cukup tinggi. Pasalnya, daging merah adalah salah satu sumber kolesterol yang tak terelakkan lagi.

Walaupun begitu, kamu tetap bisa makan rendang dengan membatasi jumlah daging yang dimakan, dan rajin mengkonsumsi sayur dan buah untuk menyeimbangkan kebutuhan nutrisi kamu.

Sambal Goreng Ati

Sambal Hati
Sambal Hati/Foto: instagram.com/videomasakan

Sambal goreng ati adalah pelengkap menu Lebaran. Dengan perpaduan kentang goreng dan hati sapi rasa pedas membuat hidangan sayur ketupat ataupun opor makin terasa nikmat.

Sambal ati biasanya diolah dengan santan dan berbagai macam rempah khas Indonesia. Maka tak salah lagi sambal hati memiliki kolesterol cukup tinggi, sehingga disarankan tidak berlebihan memakannya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE