STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Jangan Sampai Diabaikan! Ini 7 Red Flag yang Ditunjukkan oleh Seorang Remaja Ketika Sedang Stres

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Kamis, 30 Jun 2022 16:00 WIB
Jangan Sampai Diabaikan! Ini 7 Red Flag yang Ditunjukkan oleh Seorang Remaja Ketika Sedang Stres

Salah satu sumber kesedihan yang dialami remaja ini adalah rasa stres. Memang, mereka tidak menghadapi permasalahan kompleks seperti orang dewasa, seperti tagihan, tuntutan karir, hingga biaya hidup. Namun, mereka rentan dengan hal-hal seperti perundungan, tuntutan pertemanan, dan masalah akademis.

Jika tidak ditangani dengan segera, stres yang dialami remaja bisa berujung pada masalah kesehatan mental, masalah akademis, dan masalah kesehatan. Jadi, penting untuk mewaspadai beberapa tanda stres yang dialami remaja yang dilansir dari Very Well Mind berikut!

Masalah Kesehatan

Masalah kesehatan akibat stres/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio
Masalah kesehatan akibat stres/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Stres bisa bermanifestasi dalam bentuk masalah kesehatan kronis, mulai dari sakit perut, sakit kepala, nyeri di sekujur tubuh, dan masih banyak lagi bentuknya. Selain dalam bentuk penyakit, peningkatan jerawat dan masalah kulit lain pada diri remaja juga bisa disebabkan oleh stres yang akhirnya memicu meningkatnya produksi hormon.

Gangguan Tidur

Masalah susah tidur atau mudah terbangun saat tidur bisa merupakan salah satu pertanda yang menunjukkan bahwa seseorang mengalami stres. Remaja yang kelelahan karena kurang tidur sendiri akan kesulitan menoleransi stres sehingga hal ini bisa menjadi lingkaran setan yang akan terus berputar.

Stres dapat memicu gangguan tidur, begitu pun sebaliknya/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio
Stres dapat memicu gangguan tidur, begitu pun sebaliknya/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Dalam kasus lain, rasa stres akan membuat remaja menghabiskan waktunya untuk tidur. Mereka bisa tidur sepanjang hari selama seminggu atau bahkan sebulan penuh untuk menghindari dari perasaan stres yang dialaminya.

Masalah Pendidikan

Masalah di lingkungan sekolah kerap menjadi penyebab dari rasa stres yang dialami oleh seorang remaja. Namun, hal yang sebaliknya pun bisa terjadi, yakni seorang remaja yang tengah stres akhirnya mengalami permasalahan akademik.

Permasalahan yang biasanya terjadi adalah nilai akademik yang tiba-tiba menurun, tugas sekolah yang tidak dikerjakan, hingga seringnya tidak hadir di kelas tanpa keterangan yang jelas.

Mudah Tersinggung

Biasanya remaja mudah tersinggung/Foto: Pexels/Nikolay Draganov
Biasanya remaja mudah tersinggung/Foto: Pexels/Nikolay Draganov

Pada dasarnya, seorang remaja memang memiliki watak yang mudah tersinggung sehingga jika mereka mengalami stres, tentu, sifat alami mereka ini akan makin menjadi-jadi. Bukan tidak mungkin jika seorang remaja yang sering tersinggung hanya gara-gara masalah sepele sedang merasa tertekan dengan permasalahan di hidupnya.

Tiba-Tiba Menyendiri

Perasaan stres bisa mengubah kebiasaan bersosialisasi seseorang, termasuk remaja. Jika seorang remaja tiba-tiba memutuskan untuk mengisolasi diri di dalam kamar atau tidak tertarik berbicara dengan teman-temannya, bisa jadi mereka sedang kesulitan mengatasi rasa stresnya.

Susah Konsentrasi

Seseorang yang memikirkan banyak hal cenderung susah untuk berkonsentrasi saat mencoba menyelesaikan tugas-tugasnya, termasuk juga remaja. Mereka akan mudah kehilangan fokus saat berada di kelas dan akan kesulitan menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya.

Konten Pembicaraan yang Negatif

Topik pembicaraan yang negatif biasanya dilontarkan saat stres/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio
Topik pembicaraan yang negatif biasanya dilontarkan saat stres/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Seorang remaja yang tengah stres akan sering mengutarakan kalimat-kalimat bernuansa negatif, seperti, "Tidak ada yang menyukaiku," atau "Tidak ada satu pun rencanaku yang berjalan baik.

Kalimat seperti ini mungkin normal dicetuskan oleh seorang remaja yang terbilang masih belum stabil secara mental. Namun, jika hal ini terlalu sering dilontarkan, maka kemungkinan ini adalah pertanda dari stres.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE