sign up SIGN UP

Pejuang Jerawat Kudu Tahu! Ini 7 Manfaat Probiotik untuk Kesehatan Kulit yang Bisa Bikin Glowing

Pangastryan Wisesa Pramudiah | Beautynesia
Minggu, 05 Jun 2022 12:30 WIB
Pejuang Jerawat Kudu Tahu! Ini 7 Manfaat Probiotik untuk Kesehatan Kulit yang Bisa Bikin Glowing
caption
Jakarta -

Beauties, apa, sih, yang kamu pikirkan saat pertama kali mendengar kata probiotik? Mungkin kamu mengenal istilah tersebut dari minuman susu fermentasi, yang digunakan untuk membantu mengatasi masalah pencernaanmu. Namun, sebenarnya probiotik itu nggak hanya baik untuk pencernaan, tapi juga baik untuk kulit, lho!

Probiotik sendiri, dikenal dengan mikroorganisme hidup yang mampu memberikan kebaikan untuk kesehatan tubuh, dan kulit. Nggak heran, jika probiotik sering dikenal dengan sebutan bakteri baik. Lantas apa saja sih manfaat probiotik untuk kulit?

Mengenal Manfaat Probiotik untuk Kulit

Probiotik untuk kulit/ Foto:freepik
Probiotik untuk kulit/ Foto:freepik

Beauties, gimana sih cara probiotik bekerja dalam kulit? Probiotik bekerja dengan cara menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan bakteri jahat yang ada pada kulit. Dengan jumlah bakteri yang seimbang, akan banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan untuk kulitmu. Berikut beberapa manfaat probiotik untuk kulit:

1. Mencegah Munculnya Tanda-tanda Penuaan Dini

Anti aging/ Foto:freepik
Anti aging/ Foto:freepik

Probiotik yang digunakan untuk kulit, dapat membantu memperbaiki elastisitas kulit. Sehingga kamu akan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini, seperti: kulit kendur, munculnya garis halus, dan kerutan.

2. Menjaga dan Menambah Kelembaban Kulit

Melembabkan/ Foto:pexels/ Shiny Diamond
Melembabkan/ Foto:pexels/ Shiny Diamond

Probiotik juga bermanfaat untuk menjaga dan menambah kelembaban kulit. Untuk menjaga kelembaban kulit, probiotik bekerja dengan cara mengunci kelembaban. Nah, jika kulitmu selalu terjaga kelembapannya, tanda-tanda penuaan dini juga nggak akan muncul, Beauties!

3. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas/ Foto:freepik/ Relampagoestudio
Radikal bebas/ Foto:freepik/ Relampagoestudio

Kamu tahu nggak, sih, polusi yang mengenai kulitmu saat beraktivitas, dapat merusak kulit? Yapradikal bebas memang bahaya untuk kulit! Kulitmu bisa saja menjadi kering, kusam, muncul hiperpigmentasi, kerutan, jerawat, dan garis halus.

Nah, probiotik ini juga mampu menghalau radikal bebas. Nggak hanya itu, kandungan ini juga bisa membuat kulit menjadi rileks, setelah kulitmu terpapar polusi.

4. Memperkuat Skin Barrier

Skin Barrier/ Foto:freepik
Skin Barrier/ Foto:freepik

Radikal bebas juga terbukti dapat merusak skin barriermu, lho. Namun, jangan khawatir, penggunaan probiotik secara topikal, mampu membentuk dan memperkuat skin barriermu. Sehingga kulitmu akan terhindar dari ancaman radikal bebas dan infeksi kulit.

5. Membantu Meregenerasi Kulit

Regenerasi kulit/ Foto:freepik/ Way Home Studio
Regenerasi kulit/ Foto:freepik/ Way Home Studio

Manfaat selanjutnya adalah membantu mempercepat proses regenerasi kulit. Beauties, pada periode 28-48 hari, kulit yang sehat akan melakukan regenerasi. Jika kulitmu berada dalam kondisi yang nggak sehat, bisa jadi proses regenerasi akan terhambat.

Proses regenerasi yang terhambat, akan membuat kulitmu kusam, lho. Sebaiknya, gunakan kandungan probiotik untuk membantu mempercepat proses regenerasi kulitmu. 

6. Mencerahkan Wajah

Mencerahkan/ Foto:pexels/ Andrea Piacquadio
Mencerahkan/ Foto:pexels/ Andrea Piacquadio

Salah satu penyebab kulit kusam adalah menumpuknya sel-sel kulit mati. Nah, penggunaan probiotik pada kulit dapat mengangkat sel kulit mati secara maksimal. Sehingga kulitmu akan tampak lebih cerah, Beauties!

7. Mengatasi Jerawat

Acne/ Foto:freepik
Acne/ Foto:freepik

Jika kamu memiliki tipe kulit acne prone, kamu wajib mencoba kandungan probiotik ini!  Kandungan ini terkenal mampu untuk mengatasi jerawat. Nggak hanya itu, probiotik juga membantu menenangkan kulit yang berjerawat ataupun iritasi, Beauties!

Wah, banyak sekali, manfaatnya! Kamu bisa temukan kandungan probiotik ini pada skincare, lho. Namun, ingat, kamu harus menggunakannya secara teratur dan rutin, karena nggak akan ada hasil yang instan, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id